Dragono Halim

@dragonohalim

Pemerhati Budaya

Sembari menjalani keseharian bekerja di salah satu perusahaan e-commerce pertama Indonesia, mantan redaktur pelaksana koran terbesar di Kalimantan Timur ini tengah belajar mengalami dan mengamati setiap momen kehidupannya dengan lebih cermat. Sebab, menurutnya, hidup ini terlampau singkat untuk digulirkan begitu saja dalam ketidaksadaran.

Articles By This Author

Secawan Teh: Kemarahan
Self

Secawan Teh: Kemarahan

Kemarahan terjadi ketika kita merasa tidak nyaman, terusik, tidak terima, maupun terganggu. Yang pasti, munculnya kemarahan berasal dari dalam diri sendiri, sebagai reaksi atas sesuatu.

By Dragono Halim
05 June 2021
Lifehacks
Secawan Teh: Keinginan
Self

Secawan Teh: Keinginan

Dalam banyak referensi, baik spiritual maupun populer, keinginan kerap disebut sebagai biang kerok penderitaan. Ada yang menerimanya mentah-mentah, sehingga akhirnya menjadi sangat benci pada kehidupan karena mustahil menjalani hidup tanpa keinginan sedikit pun. Selebihnya, banyak pula yang langsung menolak pandangan tersebut, menganggapnya merupakan pemikiran orang-orang pesimistis yang malas berusaha.

By Dragono Halim
10 April 2021
Lifehacks
Secawan Teh: Bahagia & Derita
Self

Secawan Teh: Bahagia & Derita

Selama ini, kita terbiasa beranggapan bahwa kebahagiaan dan penderitaan berada di dua kutub yang saling berseberangan; keberadaan yang satu akan menghilangkan yang lain, saling menegasikan, saling menghancurkan. Padahal, tanpa kita sadari, kebahagiaan dan penderitaan muncul silih berganti; keduanya saling menggantikan dalam proses yang teramat cepat.

By Dragono Halim
06 February 2021
Lifehacks
Sadar Untuk Bersiap
Self

Sadar Untuk Bersiap

Pada akhirnya, kemungkinannya hanya dua; sembuh, dan tidak sembuh. Saat perawatan tengah berlangsung, bagaimana sikap mental Anda ketika menjalaninya? Apabila itu berujung pada kematian, bagaimana cara Anda “menyambutnya”? Tak hanya terkait Covid-19, seperti inilah yang juga terjadi dalam kehidupan kita, apa pun faktor penyebabnya.

By Dragono Halim
28 March 2020
Lifehacks
Sains Semu Yang Menyamankan
Society

Sains Semu Yang Menyamankan

Melekat dengan yang terjadi di masa lalu; menduga-duga apa yang akan terjadi di masa depan. Demikianlah cara kita, para manusia, melihat hampir segala hal dalam kehidupan yang dijalani. Disadari atau tidak, keduanya berpengaruh besar dalam pertimbangan dan pengambilan tindakan.

By Dragono Halim
09 March 2019
Science & Tech
Kesadaran Yang Membebaskan
Self

Kesadaran Yang Membebaskan

Menjadi sadar – being mindful, ialah batin yang siuman, batin yang awas terhadap segala stimulus dan sensasi yang muncul baik dari luar maupun dalam tubuh kita sendiri, batin yang terjaga dalam setiap sekon keberadaannya. Karena itu, kesadaran batin selalu berorientasi pada saat ini, pada detik ini. Sebab ibarat benda yang terlampau cair, batin terus berubah. Keadaan batin kita saat ini sudah jauh berbeda dibanding sedetik yang lalu, begitu pula kondisinya sedetik mendatang.

By Dragono Halim
17 November 2018
Health & Wellness