Self Lifehacks

Ekspektasi Membunuhmu

Primo Rizky

@primorizky

Penulis & Penerbit

Ilustrasi Oleh: Mutualist Creative

Saat dihadapkan pada situasi yang tak jelas juntrungnya, kita cenderung mencoba menerka-nerka – akan seperti apa nanti hasil yang didapatkan. Tak jarang kita menggantungkan impian sangat tinggi untuk apa yang akan diraih. Saat kemudian hasilnya tidak sesuai bayangan, seringnya kita kemudian hancur karena ekspektasi tidak sama dengan realita.

Banyak yang menyalahartikan ekspektasi dan menyamakannya dengan harapan. Padahal ekspektasi dan harapan merupakan dua hal yang berbeda. Seorang psikiatris Amerika, Dr. Gerard May dalam bukunya The Awakened Heart menjelaskan perbedaan antara ekspektasi dan harapan. Jika harapan merupakan sebuah pandangan umum dalam memaknai suatu hasil yang dilihat dari berbagai sudut pandang – mulai dari kepentingan diri sendiri, kepentingan orang lain, hingga efeknya terhadap lingkungan sekitar, ekspektasi berfokus pada keinginan kita secara pribadi. Ekspektasi lebih bersifat egosentris. Saat kita berekspektasi, kita akan sulit untuk bisa mempertimbangkan kepentingan-kepentingan orang lain yang mungkin bisa menjadi faktor-faktor ‘penggagal’ untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Maka dari itu, acapkali ekspektasi justru membawa kekecewaan karena kita seakan mengenakan kacamata kuda.

Ekspektasi lebih bersifat egosentris. Maka dari itu, acapkali ekspektasi justru membawa kekecewaan karena kita seakan mengenakan kacamata kuda.

Ekspektasi sesungguhnya adalah semacam tebak-tebakan hati dan perasaan yang dibungkus berbagai teori. Terkaan ini berupa opini kita terhadap suatu hal atau peristiwa yang dibubuhi harapan. Jadi, bukan berarti ekspektasi adalah hasil yang sudah pasti didapatkan. Ia tak lebih dari sekadar keinginan.

Manusia cenderung merasa opininya paling benar dan lebih suka memercayainya. Jadi sulit memang untuk tidak memasang ekspektasi pada berbagai hal. Ia kemudian menjadi belenggu yang seakan menggembok cara berpikir kita. Sehingga jika ekspektasi tidak sesuai realita, maka kita akan putus asa karena situasinya tidak sesuai standar yang mengungkung pikiran dan perasaan kita. Sebaliknya, harapan mampu mengubah keputusasaan kita menjadi sebuah tekad. Ia membuka kembali pikiran agar terus maju.

Agar hidup lebih tenang, bukannya kita harus benar-benar menghapus ekspektasi. Namun yang diperlukan hanyalah belajar untuk bisa mengatur dan menyeimbangkannya dengan harapan dan pemikiran logis. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur ekspektasi agar setidaknya kita tetap utuh saat terjatuh ketika ekspektasi yang dimiliki digilas oleh realita.

Agar hidup lebih tenang, yang diperlukan hanyalah belajar untuk mengatur ekspektasi dan menyeimbangkannya dengan harapan dan pemikiran logis.

Yang harus dipahami secara fundamental adalah bahwasannya jangan pernah berasumsi dalam segala suasana. Saat ragu pada suatu hal atau sebuah situasi – bertanyalah. Minta opini pada orang-orang terdekat seperti sahabat, kolega, atau keluarga. Kita seringkali terjebak pada asumsi-asumsi yang sebenarnya hanya pendapat pribadi dan bukan fakta atas apa yang terjadi. Daripada salah sangka dan hasilnya malah tak karuan, lebih baik bertanya.

Paham seperti stoisisme atau filosofi teras, mengajarkan bahwa hal-hal selain pikiran, tindak-tanduk, dan ucapan kita adalah hal yang ada di luar kendali diri. Jadi apa pun hasilnya yang terjadi, kita harus memasrahkannya – karena semuanya terjadi bukan dalam kendali kita. Dengan begitu, kita tidak perlu memasang ekspektasi apa pun karena alam lah yang telah mengatur jalannya kehidupan.

Selain itu, seringnya ekspektasi muncul karena kita membandingkan diri dengan orang lain. Kemudian kita berkhayal dan bermimpi untuk bisa menyamai atau lebih baik dari itu. Lewat pendekatan mindfulness kita diajak untuk menikmati hidup apa adanya. Tidak perlu untuk membanding-bandingkan diri karena setiap orang punya jalannya masing-masing. Bersyukur atas apa yang dimiliki sehingga tak perlu lagi memasang banyak ekspektasi.

Tidak perlu untuk membanding-bandingkan diri karena setiap orang punya jalannya masing-masing. Bersyukur atas apa yang dimiliki sehingga tak perlu lagi memasang banyak ekspektasi.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024