Self Love & Relationship

Ungkapan Rasa Kasih

Ketika berbicara mengenai kiat membangun sebuah hubungan yang harmonis, komunikasi sepertinya adalah kata kunci yang paling sering muncul. Tidak hanya hubungan dengan teman, keluarga, maupun kolega, komunikasi juga menjadi hal yang paling krusial bagi sebuah pasangan.

Kemampuan untuk bisa saling mengutarakan pendapat, argument, lelucon, serta rasa syukur dengan kehadiran pasangan adalah hal yang perlu diupayakan. Sebagai sebuah pasangan, mengungkapkan rasa kasih sayang terkadang menjadi yang cukup tricky, terlebih karena kedua individu memang dibesarkan dari dua keluarga yang berbeda dengan pola komunikasi yang sudah tentu berbeda pula.

Cara seseorang dalam mengungkapkan rasa kasih sayang sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang dirinya memiliki. Tak jarang sebuah pasangan bisa mengalami salah paham terhadap satu sama lain karena bahasa kasih yang ternyata berbeda.

Selayaknya skill lain, kemampuan komunikasi juga merupakan hal yang bisa dilatih. Komunikasi juga melibatkan seni bicara dan juga kemampuan pemahaman dari individu-individu yang terlibat untuk betul-betul menerima pesan yang sebenarnya ingin disampaikan dari satu pihak ke pihak lainnya.

Apa yang kita rasakan itu perlu dikomunikasikan. Sering kali pola komunikasi dengan pasangan menjadi runyam karena salah satu pihak tidak dapat menyampaikan apa yang diinginkan atau dirasakan dengan konkrit. Keterbukaan akan apa yang kita sedang rasakan adalah poin utama dari komunikasi yang sehat bersama pasangan. Sebagian orang mungkin akan merasa lebih kesulitan dalam mengutarakan apa yang sebenarnya diinginkan, boleh jadi karena belum terbiasa atau tidak paham bagaimana cara menyampaikan perasaan dengan benar.

Sering kali pola komunikasi dengan pasangan menjadi runyam karena salah satu pihak tidak dapat menyampaikan apa yang diinginkan atau dirasakan dengan konkrit. Keterbukaan akan apa yang kita sedang rasakan adalah poin utama dari komunikasi yang sehat bersama pasangan.

Mengungkapkan rasa sayang serta terima kasih kepada pasangan juga merupakan sebuah skill yang perlu diasah. Meski setiap orang mungkin memiliki bahasa kasih yang berbeda, tapi mengkapkan rasa bahagia terhadap kehadiran seseorang atau hubungan yang sedang dijalani juga penting untuk membuat kedua belah pihak merasa dibutuhkan dan dihargai.

Di bulan yang identik dengan kasih sayang ini, mungkin bisa menjadi momen yang tepat untuk bisa saling mengungkapkan rasa terima kasih akan kehadiran orang-orang penting yang hadir di hidup kita. Tidak melulu harus bersama pasangan, mengungkapkan sayang serta terima kasih juga bisa dilakukan kepada sahabat ataupun anggota keluarga yang selama ini sudah berjalan bersama dalam hidup kita sampai saat ini.

Mungkin terasa sangat sederhana, tetapi dengan mengungkapkan bahwa kita berterima kasih untuk kehadiran seseorang dalam hidup kita ternyata bisa membuat seseorang merasa dirinya dihargai dan dicintai.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024