Self Health & Wellness

Ungkapan Dukungan Pada Diri Sendiri

Pernahkah kamu merasa lelah karena selalu berusaha berlari mengimbangi kecepatan manusia-manusia lain dalam hidup?

Tidak mudah memang untuk melambat saat dunia seakan memaksa kita untuk melangkah lebih cepat, lebih baik, dan lebih luar biasa dari oran lain. Hanya untuk membuat diri kita tidak tertinggal dengan yang lain. Kini kita hidup di zaman ketika teknologi berdampak secara positif dan juga negatif secara bersamaan.

Tidak mudah memang untuk melambat saat dunia seakan memaksa kita untuk melangkah lebih cepat, lebih baik, dan lebih luar biasa dari oran lain. Hanya untuk membuat diri kita tidak tertinggal dengan yang lain. Kini kita hidup di zaman ketika teknologi berdampak secara positif dan juga negatif secara bersamaan.

Kehadiran teknologi tentu memudahkan hidup kita untuk bisa menyelesaikan tugas dan juga memperoleh berbagai informasi dari seluruh dunia dalam sekejap mata. Di sisi lain, kecepatan akses informasi serta media sosial juga memberikan kita tekanan tak kasat mata untuk bisa mengimbangi langkah dengan pencapaian orang lain yang bisa kita lihat hanya dengan sebuah klik di ponsel.

Kecemasan yang muncul karena takut merasa tertinggal merupakan sebuah fenomena yang sangat umum kita temui. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menenangkan diri dan juga mengurangi rasa bersalah saat butuh melambat dan mengambil langkah sejenak.

Pertama, coba luangkan satu hari dalam sepekan untuk bisa melakukan aktivitas tanpa ponsel atau internet. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui dan nikmati di luar layar yang selama ini selalu kita tatap di siang dan malam.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri. Afirmasi positif adalah kalimat atau pernyataan positif yang dapat diucapkan kepada diri sendiri secara berulang. Umumnya sebagai bentuk manifestasi mimpi, tujuan, atau juga bentuk dukungan kepada diri kita sendiri.

Sudah banyak penelitian yang mendukung pengaruh baik dari ungkapan afirmasi positif kepada diri sendiri. Salah satunya adalah temuan bahwa mengungkapkan kalimat afirmasi positif pada diri sendiri ternyata bisa menghasilkan stress buffering effect yang dapat membantu mengurangi efek gangguan pada kesehatan mental seorang individu khususnya saat berada dibawah tekanan sosial yang berlebih.

Kalimat afirmasi positif akan menjadi opsi yang efektif untuk menenangkan diri ketika kita bisa mengidentifikasi nilai-nilai penting dalam diri kita yang kemudian diwujudkan dalam kalimat-kalimat konkrit. Kelimat ini kemudian kita ungkapkan kepada diri sendiri secara berulang.

Dibandingkan kalimat positif yang terlalu general, ungkapan kalimat afirmasi positif yang sesuai dengan kekhawatiran secara spesifik tentu akan lebih berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental kita. Kalau saat ini kamu sedang khawatir karena merasa tertinggal atau bahkan merasa bersalah saat mengambil jeda, Greatmind bersama KegelisahArt menghadirkan koleksi kartu afirmasi “Slow” yang bisa membantu kamu menenangkan diri dan membiarkan dirimu beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Setiap harinya kamu bisa mengawali pagi dengan satu kartu afirmasi “Slow” dan mengungkapkan kalimat yang ada di dalamnya kepada diri sendiri. Kartu afirmasi “Slow” juga bisa kamu gunakan kapan pun dirimu merasa cemas dan gunakan kalimat afirmasi yang tertulis di dalamnya untuk bisa menenangkan kekhawatiran yang ada di kepala.

Kartu afirmasi “Slow” kini sudah bisa kamu dapatkan di Tokopedia maupun Shopee KegelisahArt. Tidak hanya untuk diri sendiri, kartu afirmasi juga bisa kamu hadiahkan kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk dukungan bagi mereka yang sedang berusaha menenangkan diri dan mengurangi rasa bersalah saat harus beristirahat sejenak. Karena hidup adalah sebuah perjalanan bukan pelarian.

 

 

 

Referensi:

https://www.washingtonpost.com/wellness/2022/05/02/do-self-affirmations-work/

https://www.berkeleywellbeing.com/positive-affirmations.html

Related Articles

Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024
Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024