Self Health & Wellness

Ungkapan Dukungan Pada Diri Sendiri

Pernahkah kamu merasa lelah karena selalu berusaha berlari mengimbangi kecepatan manusia-manusia lain dalam hidup?

Tidak mudah memang untuk melambat saat dunia seakan memaksa kita untuk melangkah lebih cepat, lebih baik, dan lebih luar biasa dari oran lain. Hanya untuk membuat diri kita tidak tertinggal dengan yang lain. Kini kita hidup di zaman ketika teknologi berdampak secara positif dan juga negatif secara bersamaan.

Tidak mudah memang untuk melambat saat dunia seakan memaksa kita untuk melangkah lebih cepat, lebih baik, dan lebih luar biasa dari oran lain. Hanya untuk membuat diri kita tidak tertinggal dengan yang lain. Kini kita hidup di zaman ketika teknologi berdampak secara positif dan juga negatif secara bersamaan.

Kehadiran teknologi tentu memudahkan hidup kita untuk bisa menyelesaikan tugas dan juga memperoleh berbagai informasi dari seluruh dunia dalam sekejap mata. Di sisi lain, kecepatan akses informasi serta media sosial juga memberikan kita tekanan tak kasat mata untuk bisa mengimbangi langkah dengan pencapaian orang lain yang bisa kita lihat hanya dengan sebuah klik di ponsel.

Kecemasan yang muncul karena takut merasa tertinggal merupakan sebuah fenomena yang sangat umum kita temui. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menenangkan diri dan juga mengurangi rasa bersalah saat butuh melambat dan mengambil langkah sejenak.

Pertama, coba luangkan satu hari dalam sepekan untuk bisa melakukan aktivitas tanpa ponsel atau internet. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui dan nikmati di luar layar yang selama ini selalu kita tatap di siang dan malam.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri. Afirmasi positif adalah kalimat atau pernyataan positif yang dapat diucapkan kepada diri sendiri secara berulang. Umumnya sebagai bentuk manifestasi mimpi, tujuan, atau juga bentuk dukungan kepada diri kita sendiri.

Sudah banyak penelitian yang mendukung pengaruh baik dari ungkapan afirmasi positif kepada diri sendiri. Salah satunya adalah temuan bahwa mengungkapkan kalimat afirmasi positif pada diri sendiri ternyata bisa menghasilkan stress buffering effect yang dapat membantu mengurangi efek gangguan pada kesehatan mental seorang individu khususnya saat berada dibawah tekanan sosial yang berlebih.

Kalimat afirmasi positif akan menjadi opsi yang efektif untuk menenangkan diri ketika kita bisa mengidentifikasi nilai-nilai penting dalam diri kita yang kemudian diwujudkan dalam kalimat-kalimat konkrit. Kelimat ini kemudian kita ungkapkan kepada diri sendiri secara berulang.

Dibandingkan kalimat positif yang terlalu general, ungkapan kalimat afirmasi positif yang sesuai dengan kekhawatiran secara spesifik tentu akan lebih berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental kita. Kalau saat ini kamu sedang khawatir karena merasa tertinggal atau bahkan merasa bersalah saat mengambil jeda, Greatmind bersama KegelisahArt menghadirkan koleksi kartu afirmasi “Slow” yang bisa membantu kamu menenangkan diri dan membiarkan dirimu beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Setiap harinya kamu bisa mengawali pagi dengan satu kartu afirmasi “Slow” dan mengungkapkan kalimat yang ada di dalamnya kepada diri sendiri. Kartu afirmasi “Slow” juga bisa kamu gunakan kapan pun dirimu merasa cemas dan gunakan kalimat afirmasi yang tertulis di dalamnya untuk bisa menenangkan kekhawatiran yang ada di kepala.

Kartu afirmasi “Slow” kini sudah bisa kamu dapatkan di Tokopedia maupun Shopee KegelisahArt. Tidak hanya untuk diri sendiri, kartu afirmasi juga bisa kamu hadiahkan kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk dukungan bagi mereka yang sedang berusaha menenangkan diri dan mengurangi rasa bersalah saat harus beristirahat sejenak. Karena hidup adalah sebuah perjalanan bukan pelarian.

 

 

 

Referensi:

https://www.washingtonpost.com/wellness/2022/05/02/do-self-affirmations-work/

https://www.berkeleywellbeing.com/positive-affirmations.html

Related Articles

Card image
Self
Upaya Mengasuh Diri

Tidak ada teori mutlak untuk menjadi orang tua yang baik. Untuk menjadi orang tua hal pertama yang perlu dilakukan adalah menang atas diri sendiri. Poin ini menjadi penting karena biasanya masalah-masalah yang timbul dalam hidup adalah karena kita belum berdamai dengan luka batin dan memori-memori negatif yang dibawa selama ini.

By Aleima Sharuna
30 January 2023
Card image
Self
Meredam Dialog Negatif dalam Diri

Setiap orang pasti pernah punya dialog dengan diri sendiri di dalam kepala. Bisa jadi muncul dalam bentuk kalimat-kalimat motivasi yang membantu kita untuk bisa terus melanjutkan apa yang sedang kita usahakan.

By Greatmind
28 January 2023
Card image
Self
Rasa Kasih dan Nuansa Sebuah Kota

Kota tempat kita hidup, baik itu sedari kecil ataupun sebagai tempat perjuangan kita saat sudah beranjak dewasa tentu memberikan kesan dan juga corak pada diri kita masing-masing. Tidak hanya tentang bagaimana kota tersebut dapat dilihat tetapi juga interaksi dan cara kita berbaur dengan manusia-manusia yang ada di dalamnya.

By Voxxes
28 January 2023