Self Health & Wellness

Tidur Berkualitas Untuk Tubuh dan Mental Yang Sehat

Di bulan Ramadan, selalu ada hal-hal baru yang hadir dalam hidup kita. Mulai dari euforia berburu takjil, kembali bertemu dengan sahabat lama untuk berbuka puasa bersama, hingga bersiap untuk mudik dan bertemu sanak-saudara di kampung halaman. Selain itu, ada satu hal yang juga sering kita jumpai di bulan yang istimewa ini, waktu tidur yang berantakan.

Menjalankan ibadah puasa tentu tidak seharusnya menjadi alasan bagi kita untuk tidak menjalankan hari dengan sebaik-baiknya. Meski begitu, tak jarang perubahan jam tidur yang cukup drastis membuat tubuh kita terkejut dan kesulitan untuk menyesuaikan jam istirahat. Beberapa mungkin memilih untuk tidur dini hari setelah selesai makan sahur karena khawatir akan terlewat. Padahal, jam tidur sangat memengaruhi kesehatan tubuh serta mental kita, loh!

Menjalankan ibadah puasa tentu tidak seharusnya menjadi alasan bagi kita untuk tidak menjalankan hari dengan sebaik-baiknya. Meski begitu, tak jarang perubahan jam tidur yang cukup drastis membuat tubuh kita terkejut dan kesulitan untuk menyesuaikan jam istirahat.

Idealnya, manusia dewasa memerlukan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Waktu ini dianggap sebagai jangka waktu terbaik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Tidur adalah salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan manusia untuk meregenerasi sel dalam tubuh. Tidur yang cukup dapat membantu memperkuat daya ingat dan imunitas, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menjaga kesehatan sistem reproduksi, serta membantu menjaga berat badan.

Tidur adalah salah satu kebutuhan utama yang dibutuhkan manusia untuk meregenerasi sel dalam tubuh. Tidur yang cukup dapat membantu memperkuat daya ingat dan imunitas, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menjaga kesehatan sistem reproduksi, serta membantu menjaga berat badan.

Jadi, jangan sampai kita mengorbankan waktu tidur untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Kalau kata Rhoma Irama, ‘begadang, jangan begadang kalau tiada artinya’. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kualitas tidur kita agar tidak terlalu berantakan di bulan Ramadan ini?

Pertama, tingkatkan disiplin diri terhadap waktu dan durasi tidur. Coba untuk menjaga kebiasaan untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membantu tubuhmu menyesuaikan jam biologis dalam diri sehingga kamu tidak akan bangun dengan terkejut karena suara alarm yang kamu jadwalkan setiap lima menit sekali.

Kedua, hindari kafein di malam hari. Bagi teman-teman yang memiliki prinsip kopi adalah cara untuk bisa berfungsi sebagai manusia, masa-masa ini tentu akan menjadi waktu yang cukup menantang. Pasalnya, agak membingungkan untuk menentukan waktu yang tepat untuk meminum, minuman berkafein. Bagi kamu yang saat ini kesulitan untuk menyesuaikan jam tidur, saat ini hindari dulu meminum kopi setelah jam buka puasa, agar tubuhmu bisa tetap tidur nyenyak di malam hari.

Ketiga, hindari penggunaan gadget sesaat sebelum kamu bersiap tidur. Meski kamu sudah mempersiapkan suasana gelap di kamar tidur, lampu dari gadget akan membuat tubuhmu kesulitan untuk mempersiapkan diri untuk tidur. Coba lakukan kegiatan lain saat kamu bersiap untuk tidur di malam hari, seperti membaca buku atau mungkin menuliskan jurnal harian.

Semoga dengan tidur yang berkualitas, kita tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik-baiknya. Sembari memaksimalkan kesempatan berbuat baik di bulan yang penuh berkah ini.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024