Self Work & Money

Terbebas Dari Tanggal Tua

Greatmind x PermataBank

@permatabank

Advertorial

Fotografi Oleh: Bianca Lucas (Unsplash)

Padatnya aktivitas manusia modern menyebabkan kapan saja bisa menjadi waktu yang tepat untuk memanjakan diri. Bayangkan saja, kalau kita sudah penat dengan segala rutinitas, pasti tanpa pikir panjang kita akan memanjakan diri dengan hal-hal seperti berbelanja, pergi liburan, makan enak di luar rumah, dan masih banyak aktivitas eskapis lainnya. Namun tak jarang kesenangan ini terhambat situasi tak mengenakan seperti ‘tanggal tua’ di mana uang yang kita miliki sudah mulai menipis. Padahal, jika kita mengeluarkan uang dengan menggunakan logika, tanggal tua bukan lagi menjadi suatu masalah yang berarti.

Tentukan Anggaran Pengeluaran

Memperhitungkan anggaran untuk uang yang akan dikeluarkan menjadi hal yang sangat penting, karena mungkin saja kebutuhan sehari-hari kita bisa lebih dari satu – sehingga kita juga terbiasa untuk memilah-milah yang menjadi prioritas dan tidak kelewat batas.

Hindari ‘Lapar Mata’ Yang Berlebihan

Belanja bukan hanya perkara memenuhi kebutuhan semata, namun juga menahan hasrat yang berlebihan. Banyak toko ritel – baik offline maupun online – yang mendesain segala sesuatunya berdasarkan psikologi agar konsumen tergoda untuk membeli lebih banyak. Namun yang harus diingat adalah apakah kita membutuhkannya atau tidak. Jangan hanya karena ‘lapar mata’, kita malah menjadi membeli barang yang sebetulnya tidak kita butuhkan dan pada akhirnya menguras kantung kita.

Memanfaatkan Promosi

Kadangkala banyak toko-toko yang memberikan promosi secara rutin namun kita sering luput dari informasi tersebut. Saatnya untuk lebih memerhatikan sekitar untuk mencari tahu promosi-promosi yang ada karena akan jauh lebih menguntungkan jika kita memanfaatkannya. Toko swalayan seperti Hero, Giant, dan Guardian dapat menjadi alternatif tempat belanja karena memberikan cashback 3,5%, SimplePay 0% selama enam bulan untuk transaksi ritel, serta beberapa promosi menarik lainnya jika bertransaksi menggunakan PermataHeroCard.

Bawa Uang Tunai Seperlunya

Uang tunai yang ada di dompet memang terkadang memberikan ketenangan karena seakan menjadi juru selamat yang bisa kita gunakan kapan saja kita menginginkan sesuatu. Namun tanpa disadari dengan adanya uang tunai, kita justru lebih banyak pengeluaran karena dengan mudahnya kita bisa mengambil untuk dibelanjakan. Ada baiknya untuk mulai terbiasa membawa uang secukupnya saja dan melakukan transaksi secara cashless. Selain lebih aman, transaksi cashless juga bisa lebih hemat karena beberapa merchant seperti Hero, Giant, dan Guardian bisa memberikan diskon hingga 5% untuk produk private label mereka, dan cashback 1,5% untuk transaksi dengan kartu di luar Hero, Giant, dan Guardian.

Tabung Sisa Anggaran Belanja

Jika kita sudah bisa memanfaatkan berbagai promosi menarik yang ada, sisa anggaran belanja bisa ditabung atau diinvestasikan. Lebih untung, bukan?

Related Articles

Card image
Self
Mimpi Nan Mulia

Sejalan dengan waktu, mimpi yang kita punya akan berubah mengikuti perkembangan hidup dan prioritasnya. Kita kerap memimpikan sesuatu yang besar tanpa memahami apakah mimpi itu benar penting untuk hidup kita atau tidak. Sampai-sampai melupakan bahwa memimpikan sesuatu yang sederhana bisa membawa dampak yang lebih.

By Mikha Angelo
05 December 2020
Card image
Self
Kekayaan Sejati

Menjadi kaya adalah sebuah ujian untuk hidup kita. Terdengar klise kalau saya bilang kita harus bisa menggunakan kekayaan secara benar. Tapi begitulah adanya. Kita harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan uang yang dimiliki.

By Baim Wong
05 December 2020
Card image
Self
Terus Berkembang di Masa Menantang

Secara kasat mata, tahun 2020 rasanya seperti “rumah hantu” versi nyata. Hanya saja rumah hantu ini tidak ada jalan keluarnya. Segala hal-hal menakutkan yang tidak pernah kita pikirkan, atau kita hindari untuk pikirkan terjadi di tahun ini.  Tahun 2020 bagi saya seperti terjebak di situasi yang stagnan tanpa tahu kapan akan selesai tapi di satu sisi lain saya merasa inner self saya “bergerak” maju.

By Stephany Josephine
28 November 2020