Self Work & Money

Strategi Berbelanja Yang Sehat

Ada berbagai cara me time dan setiap orang tentu memiliki versinya masing-masing. Menonton film sendiri di bioskop, berkebun, membaca buku, atau bahkan berbelanja sering kali menjadi cara kita untuk punya waktu dengan diri sendiri. Kendati demikian, kalau kita berbicara tentang kesenangan saat berbelanja, tak jarang hal ini diikuti oleh narasi tentang menjaga diri untuk tidak boros, atau harus mengurangi pengeluaran untuk masa depan.

Hal ini tentu tidak salah, mempersiapkan diri untuk masa depan secara finansial memang perlu dilakukan, terlebih dengan situasi saat ini. Di mana keadaan kita bisa berubah kapan saja dalam sekejap mata. Lantas apakah kita tidak boleh berbelanja? Ini jawabannya juga tidak. Sebagai manusia biasa, tentulah ada beberapa hal yang kita inginkan. Setidaknya untuk sedikit menyenangkan hati.

Nah, agar tidak kalap dalam berbelanja, ada beberapa hal yang sekiranya bisa kita coba lakukan:

Pertama, coba buat list belanja yang kamu inginkan. Ini memang biasanya dilakukan untuk berbelanja keperluan harian. Tapi tips ini sebenarnya juga bisa dilakukan saat ingin berbelanja hal yang kita inginkan. Saat melihat suatu barang di internet, sebelum membeli, kita bisa catat terlebih dahulu di wishlist kita. Berikan jeda dan lihat kembali, apakah kita masih menginginkan barang tersebut. Cara ini bisa digunakan untuk menghindari pembelian impulsif. Tapi kalau memang masih terpikirkan, tidak ada salahnya sesekali menyenangkan diri sendiri.

Saat melihat suatu barang di internet, sebelum membeli, kita bisa catat terlebih dahulu di wishlist kita. Berikan jeda dan lihat kembali, apakah kita masih menginginkan barang tersebut. Cara ini bisa digunakan untuk menghindari pembelian impulsif.

Kedua, kita bisa menentukan kurun waktu kapan kita berbelanja. Daripada berbelanja langsung saat menerima gaji, kita bisa coba memindahkan waktu belanja di akhir bulan, sebelum menerima gaji di bulan berikutnya. Dengan begitu, kita tidak akan kesulitan dalam menjalani sisa hari menuju bulan berikutnya.

Ketiga adalah membeli barang berdasarkan kualitas. Ada sebuah istilah ‘mengalah untuk menang’, dalam hal ini artinya adalah membeli barang yang mungkin sedikit lebih mahal tapi dengan kualitas yang terjaga. Sehingga kita bisa menggunakan barang tersebut dengan lebih lama.

Kalau kamu sedang mencari tempat untuk membeli barang-barang berkualitas, voilà.id bisa menjadi opsi yang bisa kamu pilih. voilà.id sebagai sebuah luxury multi-brand store di Indonesia baru saja resmi membuka butik terbarunya di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Di sini, kamu bisa menemukan beragam fashion item, mulai dari koleksi fashion wanita hingga produk jam tangan untuk pria. Di voilà.id PIK, kamu juga bisa merasakan suasana berbelanja yang lebih hangat dan nyaman, sekaligus cuci mata dengan nuansa coastal area yang indah di PIK.

Related Articles

Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024
Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024