Self Lifehacks

Peran Aroma dalam Kualitas Mood Harian

Saat berbicara tentang kesehatan mental, ada banyak topik yang kemudian termasuk di dalamnya. Termasuk tentang mood. Definisi mood berdasarkan Cambridge Dictionary adalah bagaimana perasaan kita di waktu tertentu. Berbeda dengan emosi, mood cenderung lebih general dan tidak intens, ia bisa berubah seiring dengan waktu dan situasi yang sedang dialami.

Mood kita dalam keseharian bisa dipicu oleh banyak faktor. Termasuk situasi atau kejadian, interaksi sosial, hormon, cuaca, rasa lapar, atau juga kondisi kesehatan. Melihat banyaknya faktor yang bisa memengaruhi mood kita sehari-hari, tak jarang kita mendengar banyak tips atau saran untuk bisa meningkatkan mood. Biasanya hal ini dilakukan untuk mendukung produktivitas kita maupun aktivitas yang kita lakukan.

Mood kita dalam keseharian bisa dipicu oleh banyak faktor. Termasuk situasi atau kejadian, interaksi sosial, hormon, cuaca, rasa lapar, atau juga kondisi kesehatan.

Salah satu yang biasanya dianjurkan adalah menggunakan aromatherapy. Penelitian mengenai hubungan penggunaan aromatherapy dengan mood memang belum terlalu banyak, namun beberapa diantaranya cukup menjanjikan. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Conrad dan Adams yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa di paruh kedua percobaan menunjukkan peningkatan hasil yang cukup signifikan dalam mengatasi kecemasan dan depresi yang dialami oleh perempuan setelah melahirkan.

Peran aroma dalam membantu kecemasan dan depresi memang bukan sebagai metode penyembuhan utama, melainkan sebagai pendukung untuk memelihara kesehatan mental. Kendati demikian, indera penciuman kita memang terhubung langsung dengan amygdala di otak yang berfungsi untuk mengatur perasaan.

Peran aroma dalam membantu kecemasan dan depresi memang bukan sebagai metode penyembuhan utama, melainkan sebagai pendukung untuk memelihara kesehatan mental.

Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba menghadirkan aroma yang sesuai dengan kebutuhan kita untuk bisa meningkatkan mood harian. Ada banyak cara untuk menghadirkan aroma dalam keseharian, salah satunya adalah dengan menggunakan produk perawatan diri dengan aroma yang berkualitas atau juga penggunaan parfum.

Kini, ada satu lagi brand lokal yang juga menyajikan rangkaian aroma yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Slavina adalah brand terbaru yang dihadirkan oleh Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.  Brand ini lahir dari kecintaan dan pengalaman pasangan selebritas ini dalam dunia wewangian yang bertujuan untuk menghadirkan produk perawatan personal yang tidak hanya memenuhi standar kualitas tinggi, tetapi juga menawarkan pengalaman sensoris yang memikat. Informasi lebih lanjut mengenai rangkaian produk terbaru dari Slavina juga bisa kamu akses melalui website www.slavina.id.

Related Articles

Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024
Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024