Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Menyederhanakan Hidup

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Hidup sederhana. Apakah ini terdengar membosankan atau sangat menarik untuk Anda? 

Banyak filsuf yang berpendapat hidup sederhana lebih terasa penuh dan berarti dibandingkan hidup dalam kemewahan. Dengan mengkonsumsi lebih sedikit, kita menghemat uang, energi dan waktu – sesuatu yang sangat berharga dalam hidup. 

Hidup sederhana lebih terasa penuh dan berarti dibandingkan hidup dalam kemewahan.

Psikolog Amy Morin menghabiskan dua tahun hidupnya tinggal di perahu layar. Latihan ini menuntutnya untuk memikirkan apa yang sebetulnya ia butuhkan untuk bahagia dalam hidup. Menurut Morin, dalam hidup kita butuh ruang, baik itu ruang fisik, mental maupun di kalender. 

Ia menyadari punya sedikit barang berarti lebih sedikit barang yang harus diurus sehingga lebih banyak waktu untuk hal-hal yang lebih penting dalam hidup. Lebih banyak waktu untuk orang yang ia cintai, hal yang ia hargai dan peluang yang ingin ia ambil. 

Pengalaman Morin tentu bisa menjadi inspirasi Anda untuk menyederhanakan hidup, karena dengan menyederhanakan hidup, Anda selain jadi punya lebih banyak waktu, juga jadi punya lebih banyak ruang dan energi. Semakin banyak ruang yang Anda punya, semakin bebas Anda untuk menikmati hal-hal dalam hidup Anda.  

Berikut tips menyederhanakan hidup ala psikolog Amy Morin: 

1. Rapikan rumah Anda.

Lingkungan Anda mempengaruhi perasaan Anda secara fisik dan psikologis. Ruang yang bersih dan teratur berpengaruh positif pada kondisi mental Anda, memudahkan Anda merasa lebih enerjik dan produktif. Anda juga bisa coba menyumbangkan barang yang tidak Anda butuhkan. Ringan rasanya ketika punya sedikit barang yang harus diurus. 

2. Singkirkan kebiasaan mental yang buruk.

Contoh kebiasaan mental buruk di antaranya: memikirkan masa lalu, menyesal terus menerus. Bersihkan kekacauan mental dan tidak perlu melibatkan diri dalam obrolan yang tidak perlu. Ganti dengan kebiasaan berpikir yang lebih sehat seperti rasa syukur, welas asih dan self-talk atau diskusi dengan diri yang realistis. 

3. Singkirkan orang-orang yang beracun dalam hidup Anda. 

Menetapkan batasan yang sehat itu penting. Belajar untuk mengatakan tidak dengan ramah namun asertif. Pilah pilih orang di sekitar Anda. Jaga hubungan dengan mereka yang membuat Anda maju, dan selamat tinggal pada mereka yang membuat Anda mundur. Ini memberi ruang bagi mereka yang benar-benar berarti dalam hidup Anda. 

4. Atur uang Anda dengan bijak. 

Buat anggaran dan tetapkan tujuan pengeluaran yang jelas. Anda jadi tidak mudah terjebak perilaku belanja impulsif yang ujungnya hanya memenuhi rumah dengan barang yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. 

5. Ambil kendali atas waktu Anda.

Waktu adalah sumber daya yang berharga. Namun, tanpa sadar waktu kita sering habis dengan hal tidak esensial. 

Friedrich Nietzsche mengatakan, “Manusia masuk dua kategori: budak dan manusia bebas. Siapa pun yang tidak punya ⅔ harinya untuk dirinya sendiri adalah budak, siapa pun ia, apakah negarawan, pelaku bisnis atau sarjana.” Bagaimana kita menjalankan hidup itu memang pilihan masing-masing, tapi apa kata Nietzsche ini ada benarnya. 

Ingatkan diri, belum tentu ada esok hari. Ini bisa membantu kita untuk lebih disiplin menjadwalkan waktu untuk melakukan hal-hal yang penting dan menikmati momen hidup, bermain dengan anak, ngobrol dalam dengan pasangan atau teman, atau menikmati matahari terbenam. 

Friedrich Nietzsche mengatakan, “Manusia masuk dua kategori: budak dan manusia bebas. Siapa pun yang tidak punya ⅔ harinya untuk dirinya sendiri adalah budak, siapa pun ia, apakah negarawan, pelaku bisnis atau sarjana.”

Filsuf Alain de Botton bilang tentu menyenangkan ketika jadi seseorang yang luar biasa bermandikan kemewahan dan ketenaran, namun pada akhirnya, pencapaian seseorang terbesar mungkin adalah menjadi orang yang waras dan bajik demi hidup yang lebih panjang dan damai. 

Memang betul ada kebahagiaan dalam kesederhanaan. Saya percaya itu. Bagaimana dengan Anda?

 

Referensi:

Morin, A. (2018, July 20). 5 Ways to Simplify Your Life. Psychology Today. Retrieved January 9, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/what-mentally-strong-people-dont-do/201807/5-ways-simplify-your-life

Einzelgänger. (2020, January 9). Simplify, Simplify: A Philosophy of Needing Less [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=vPBlDD_8WNE&ab_channel=Einzelg%C3%A4nger

The School of Life. (2019, July 31). Taking It One Day at a Time [Video]. YouTube. https://youtu.be/UhWFddWz1Nk

The School of Life. (2019b, August 21). How to Simplify Your Life [Video]. YouTube. https://youtu.be/7lECIsRif10

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024