Self Love & Relationship

On Marissa's Mind: Mencintai Diri

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

“Kenapa melakukan itu?”

“Bodoh banget sih! Masa hal gini aja nggak bisa?”

“Dasar nggak berguna!”

Seringkah Anda mengomentari diri sendiri dengan kalimat-kalimat tadi ketika membuat kesalahan? Kata hati yang menghakimi cenderung muncul ketika kita tidak punya cukup cinta bagi diri sendiri. Cinta diri itu bukan narsisisme – menganggap diri paling benar, paling hebat, dan sejumlah paling lainnya. Orang narsis biasanya egois, congkak, dan rakus perhatian.

Sementara orang yang cinta diri adalah dia yang bisa menghargai diri sendiri sehingga menjadi individu yang baik bagi diri sendiri dan orang lan. Orang yang cinta diri adalah dia yang bisa bersahabat dengan diri sendiri. Cinta diri kerap dipandang sebelah mata, padahal cinta diri sangat berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

Seseorang yang tidak cinta diri ketika melakukan kesalahan kecil kerap mencambuk dirinya dengan komentar negatif terus menerus hingga menggerus harga diri.

Seseorang yang tidak cinta diri sulit menjalin hubungan romantis yang langgeng karena terus merasa tidak yakin apakah ia pantas dicintai. Tahukah Anda bahwa kemampuan kita menerima cinta dari orang lain berbanding lurus dengan kemampuan kita mencintai diri?

Related Articles

Card image
Self
Mendengar dengan Tulus

Saat kita bersedia belajar mendengar dengan sepenuh hati pada dasarnya kita juga menambah kemampuan dan referensi kita untuk berbicara dengan orang lain. Manusia memang harus bisa saling mendengarkan dan didengarkan untuk bisa merasa berarti bukan?

By Greatmind
14 May 2022
Card image
Self
Good Enough: Apa Itu Libur?

Apa itu libur? Terlepas dari se-workaholic nya seseorang, kita semua sepakat kalau kita butuh liburan untuk berbagai alasan. Yup, meskipun kita semua suka libur, ternyata nggak sedikit juga orang yang merasa bersalah salah dirinya meliburkan diri. Kok bisa?

By Nurul Idzni
14 May 2022
Card image
Self
Semua Akan Berakhir

"Jika hari ini adalah hari terakhir hidup Anda, apa yang Anda akan lakukan?" Hal terpenting dalam kehidupan ketika kita menemukan alasan untuk hidup adalah, kita bisa memahami semua akan berakhir, dan mulai melihat dunia dengan sudut pandang baru.

By Joshua Budiman
14 May 2022