Self Love & Relationship

On Marissa's Mind: Mencintai Diri

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

“Kenapa melakukan itu?”

“Bodoh banget sih! Masa hal gini aja nggak bisa?”

“Dasar nggak berguna!”

Seringkah Anda mengomentari diri sendiri dengan kalimat-kalimat tadi ketika membuat kesalahan? Kata hati yang menghakimi cenderung muncul ketika kita tidak punya cukup cinta bagi diri sendiri. Cinta diri itu bukan narsisisme – menganggap diri paling benar, paling hebat, dan sejumlah paling lainnya. Orang narsis biasanya egois, congkak, dan rakus perhatian.

Sementara orang yang cinta diri adalah dia yang bisa menghargai diri sendiri sehingga menjadi individu yang baik bagi diri sendiri dan orang lan. Orang yang cinta diri adalah dia yang bisa bersahabat dengan diri sendiri. Cinta diri kerap dipandang sebelah mata, padahal cinta diri sangat berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

Seseorang yang tidak cinta diri ketika melakukan kesalahan kecil kerap mencambuk dirinya dengan komentar negatif terus menerus hingga menggerus harga diri.

Seseorang yang tidak cinta diri sulit menjalin hubungan romantis yang langgeng karena terus merasa tidak yakin apakah ia pantas dicintai. Tahukah Anda bahwa kemampuan kita menerima cinta dari orang lain berbanding lurus dengan kemampuan kita mencintai diri?

Related Articles

Card image
Self
Yang Lalu Biarlah Berlalu

Seiring berjalannya waktu sesuatu atau sesorang yang kita kenal dulu mungkin saja sekarang sudah berubah. Apalagi jika hal tersebut memiliki dampak pada masa kini. Semuanya pasti tidak akan sama lagi dan sulit untuk kembali seperti semula.

By Nadin Amizah
15 February 2020
Card image
Self
Seni Memberi Harapan

Butuh perjalanan panjang dan kerja keras untuk akhirnya aku sadar bahwa ada yang salah dengan diriku. Butuh waktu yang panjang juga untuk aku sampai di titik ini. Naik turun kehidupanku terbilang cukup ekstrem. Jika ditanya dari mana sumber gangguan psikisku, rasanya terlalu banyak faktor pendukungnya hingga menjadi-jadi.

By Hana Madness
15 February 2020
Card image
Self
Bercakap Bersama: Asmara Abigail

Mendengarnya bercerita tentang lingkungan ia tumbuh besar, mengingatkan saya pada Wonder Woman. Selama hidupnya, ia belajar menjadi bijaksana dari perempuan-perempuan pemberani di lingkarannya – mereka yang tidak ragu untuk menjadi dirinya sendiri. Saya bercakap bersama Asmara Abigail tentang menjadi perempuan, seks sebagai pengalaman spiritual, dan kebebasan. 

By Marissa Anita
08 February 2020