Self Love & Relationship

On Marissa's Mind: Mencintai Diri

Marissa Anita

@.

Jurnalis & Aktris

“Kenapa melakukan itu?”

“Bodoh banget sih! Masa hal gini aja nggak bisa?”

“Dasar nggak berguna!”

Seringkah Anda mengomentari diri sendiri dengan kalimat-kalimat tadi ketika membuat kesalahan? Kata hati yang menghakimi cenderung muncul ketika kita tidak punya cukup cinta bagi diri sendiri. Cinta diri itu bukan narsisisme – menganggap diri paling benar, paling hebat, dan sejumlah paling lainnya. Orang narsis biasanya egois, congkak, dan rakus perhatian.

Sementara orang yang cinta diri adalah dia yang bisa menghargai diri sendiri sehingga menjadi individu yang baik bagi diri sendiri dan orang lan. Orang yang cinta diri adalah dia yang bisa bersahabat dengan diri sendiri. Cinta diri kerap dipandang sebelah mata, padahal cinta diri sangat berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

Seseorang yang tidak cinta diri ketika melakukan kesalahan kecil kerap mencambuk dirinya dengan komentar negatif terus menerus hingga menggerus harga diri.

Seseorang yang tidak cinta diri sulit menjalin hubungan romantis yang langgeng karena terus merasa tidak yakin apakah ia pantas dicintai. Tahukah Anda bahwa kemampuan kita menerima cinta dari orang lain berbanding lurus dengan kemampuan kita mencintai diri?

Related Articles

Card image
Self
Monster Dalam Diri

Aku terlahir tanpa pilihan dan hidup terkurung di dalam kotak-kotak stigma sosial yang sudah diciptakan bertahun-tahun lamanya. Hal tersebut mengaburkan bayanganku tentang jati diri dan siapa diriku sebenarnya. Aku bahkan tumbuh dengan ajaran untuk menjadi pribadi yang lebih mementingkan pendapat orang lain dibandingkan dengan diriku sendiri.

By Evan Aditya
25 May 2019
Card image
Self
Menemukan Jati Diri Dalam Profesi Maskulin

Saat ini, orang awam menggunakan istilah ‘arsitek perempuan’ untuk mendeskripsikan pekerjaan saya. Istilah ini membuat saya tergelitik tidak nyaman. Profesi arsitek dianggap memiliki gender. Saya juga tidak pernah mendengar orang menyebut arsitek laki-laki.

By Gacanti Swastika
25 May 2019
Card image
Self
Hidup dalam Rayuan “Nama Besar”

Faktanya, perkembangan zaman yang tiap harinya memunculkan sesuatu nan baru menyematkan strategi pemasaran yang begitu manipulatif sehingga dapat mengubah cara pandang dan kepribadian kita. Salah satu perencanaan marketing yang tepat sasaran adalah dengan menganalisa perilaku pasar. Dalam proses ini terdapat begitu banyak rencana untuk dapat mempengaruhi pasar memandang inovasi tersebut.

By Greatmind
25 May 2019