Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Konsumerisme

Marissa Anita

@marissanitaofficial

Jurnalis & Aktris

Konsumerisme, sebuah kata yang sangat familiar di telinga masyarakat. Di Jakarta sendiri, dapat kita jumpai banyak sekali papan iklan di kiri dan kanan jalan, mengisi ruang serta celah kota dengan satu tujuan; menuntun tangan yang kita miliki untuk masuk ke kantong, mengambil dompet, dan mengeluarkan uang untuk ditukar dengan barang yang kita inginkan.

Sebenarnya, apa itu konsumerisme?

Secara umum, terdapat dua definisi yang dapat menjelaskan makna kata tersebut.  Yang pertama, konsumerisme adalah gerakan atau kebijakan untuk melindungi konsumen dengan menata metode dan standar kerja produsen, penjual, dan pengiklan.

Definisi kedua, konsumerisme dijelaskan sebagai paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan, kesenangan, dan sebagainya, yang kurang lebih mengindikasikan gaya hidup yang tidak hemat.

Memang tidak dapat dipungkiri, ketika kita memiliki barang baru, kita akan merasa senang saat memperolehnya. Tentu saja barang yang kini telah kita miliki bisa saja telah kita idamkan sejak lama, atau bahkan kita sudah melakukan banyak pengorbanan untuk memperolehnya. Namun,  apakah itu semua menjamin kebahagiaan yang kita peroleh?

Related Articles

Card image
Self
Discontent: Tidak Puas Melihat Kepuasan

Content merujuk pada apa yang kita lihat di dunia online. Namun kata ini juga memiliki makna lain, yaitu rasa puas, bahagia yang penuh damai. Lawan katanya adalah discontent yaitu rasa kurang puas. Discontent inilah yang saya sering rasakan semakin banyak waktu yang saya habiskan waktu untuk melihat content di dunia online.

By Citra Marina
23 March 2019
Card image
Self
Belenggu Pikiran Negatif

Manusia pasti tak pernah terlepas dari kekhawatiran, keluhan, dan kritik. Rasanya tak ada satu hari pun yang terlewatkan tanpa setidaknya satu pikiran negatif. Memang, beberapa prasangka mungkin tidak akan membawa dampak buruk bagi hidup. Namun pesimisme jika dibiarkan berkembang nyatanya sanggup untuk membunuh diri kita.

By Greatmind
23 March 2019
Card image
Self
Yang Tak Dibicarakan Saat Bicara Menyembuhkan Rasa Sakit

Pada awalnya saya tidak menyadari betapa pentingnya merasa sadar atas diri sendiri sampai akhirnya bertemu dengan beragam 'pemicu'. Pemicu ini bisa muncul dalam cara yang beragam; dan terasa berbeda-beda. Meski bisa terasa berbeda untuk setiap orang, namun yang terpasti momen itu akan mengantarkan kita pada suatu perubahan.

By Cath Halim
16 March 2019