Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Konsumerisme

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Konsumerisme, sebuah kata yang sangat familiar di telinga masyarakat. Di Jakarta sendiri, dapat kita jumpai banyak sekali papan iklan di kiri dan kanan jalan, mengisi ruang serta celah kota dengan satu tujuan; menuntun tangan yang kita miliki untuk masuk ke kantong, mengambil dompet, dan mengeluarkan uang untuk ditukar dengan barang yang kita inginkan.

Sebenarnya, apa itu konsumerisme?

Secara umum, terdapat dua definisi yang dapat menjelaskan makna kata tersebut.  Yang pertama, konsumerisme adalah gerakan atau kebijakan untuk melindungi konsumen dengan menata metode dan standar kerja produsen, penjual, dan pengiklan.

Definisi kedua, konsumerisme dijelaskan sebagai paham atau gaya hidup yang menganggap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan, kesenangan, dan sebagainya, yang kurang lebih mengindikasikan gaya hidup yang tidak hemat.

Memang tidak dapat dipungkiri, ketika kita memiliki barang baru, kita akan merasa senang saat memperolehnya. Tentu saja barang yang kini telah kita miliki bisa saja telah kita idamkan sejak lama, atau bahkan kita sudah melakukan banyak pengorbanan untuk memperolehnya. Namun,  apakah itu semua menjamin kebahagiaan yang kita peroleh?

Related Articles

Card image
Self
Memulai Hidup Sederhana

Tinggal di kota besar bagi saya tidak lagi menyediakan lingkungan yang baik untuk saya berkembang. Ada satu titik di mana saya merasa sangat penat dan emosional. Saya telah memiliki banyak hal; rumah, kendaraan, serta barang-barang lain yang saya inginkan. Tapi, mengutip sebuah ungkapan ‘enough is never enough’, saya merasa seperti tidak pernah puas. Tiap hari, saya mengumpulkan uang untuk kemudian dihabiskan.

By Greatmind x Wealth Wisdom 2019
22 February 2020
Card image
Self
Yang Lalu Biarlah Berlalu

Seiring berjalannya waktu sesuatu atau sesorang yang kita kenal dulu mungkin saja sekarang sudah berubah. Apalagi jika hal tersebut memiliki dampak pada masa kini. Semuanya pasti tidak akan sama lagi dan sulit untuk kembali seperti semula.

By Nadin Amizah
15 February 2020
Card image
Self
Seni Memberi Harapan

Butuh perjalanan panjang dan kerja keras untuk akhirnya aku sadar bahwa ada yang salah dengan diriku. Butuh waktu yang panjang juga untuk aku sampai di titik ini. Naik turun kehidupanku terbilang cukup ekstrem. Jika ditanya dari mana sumber gangguan psikisku, rasanya terlalu banyak faktor pendukungnya hingga menjadi-jadi.

By Hana Madness
15 February 2020