Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Kesendirian

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Di jaman hiperkoneksi seperti sekarang ini, penting rasanya membahas kesendirian atau solitude.

Para tokoh penting dalam sejarah dunia menghasilkan pemikiran brilian dari kesendirian, bahkan kondisi terasing. Pramoedya Ananta Toer menumpahkan buah pikirannya di kesunyian sel penjara ke dalam empat karya sastra, tetralogi Buru. Abraham Lincoln monerahkan salah satu pidato presiden terbaik Amerika Serikat, Pidato Gettysburg, setelah beberapa minggu menapak sendirian dan berefleksi di makam pahlawan.

Kesendirian tidak selalu berarti mengisolasi diri ke tempat terpencil, jauh dari peradaban dan manusia lain. Kesendirian yang saya maksud adalah sebuah keadaan di mana pikiran kita terbebas dari pemikiran-pemikiran orang lain. Dengan kata lain kita mengalami kesendirian ketika hanya merenungkan buah pikiran kita sendiri. Kesendirian itu penting karena dalam kesendirian, kita menjernihkan pikiran. Ini jadi kesempatan kita memahami suatu hal atau diri sendiri secara dalam. Dalam kesendirian, kita bisa mencapai keseimbangan emosi - hasil dari refleksi diri yang tidak tergesa-gesa.

Kesendirian tidak akan bisa tercapai di tempat tersunyi sekalipun selama kita membiarkan pemikiran orang lain mengusik benak kita.

Related Articles

Card image
Self
On Marissa's Mind: Menyembuhkan Luka Masa Kecil

Reaksi kita terhadap orang lain berakar dari apa yang kita sering dengar, lihat, alami waktu kecil. Reaksi ini muncul dari anak dalam diri kita atau inner child. Kita semua punya inner child yang bisa membuat kita bereaksi kuat terhadap sesuatu tanpa sepenuhnya menyadari kenapa.

By Marissa Anita
22 June 2019
Card image
Self
Tak Perlu Menunggu Dewasa Untuk Memimpin

Saya ingat pertama kali mencetuskan keinginan untuk membuat sebuah aksi dengan adik adalah seusai belajar tentang figur-figur dunia dan nasional yang berhasil memberikan inspirasi pada banyak orang untuk melakukan pergerakan. Saya bertanya pada adik, “Apa yang bisa kita lakukan sebagai anak muda, yah?”

By Melati Wijsen
22 June 2019
Card image
Self
Kebebasan Melahirkan Kreativitas

Saya baru menemukan kembali kumpulan gambar saat kecil kurang lebih lima tahun lalu. Awalnya saya hanya menjadikannya sebagai konsumsi pribadi namun karena banyak yang memuji orangtua saya karena masih menyimpan gambar-gambar tersebut, saya pun tertegun. Sesuatu yang awalnya hanya ingin dijadikan kenangan pribadi ternyata bisa jadi penghargaan untuk orangtua saya.

By Jordan Marzuki
22 June 2019