Self Planet & People

On Marissa's Mind: Kekuatan Dari Tumbuhan

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Makin banyak kalangan milenial, terutama di Eropa, yang mengubah pola makan mereka menjadi pola makan nabati atau plant-based diet. Makin banyak manusia sadar tentang keuntungan pola makan nabati bagi kesehatan diri dan kesehatan bumi. Bagi Anda yang sungguh cinta hewan, pola makan nabati mengurangi penderitaan hewan. Saat ini puluhan ribu generasi milenial membuat Berlin, London, dan Paris menjadi kota-kota terdepan yang ramah bagi penganut pola makan nabati. Indonesia tidak mau ketinggalan, menurut indeks vegetarian global dari Oliver’s Travel, Indonesia berada di posisi 16 dari 183 negara yang ramah bagi pecinta makanan nabati. Apa itu pola makan nabati? Setidaknya ada dua 

Vegan: tidak mengonsumsi produk hewan seperti daging, telur, atau produk susu. 

Vegetarian: tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi masih mengonsumsi telur atau produk susu. 

Orang yang menganut pola makan nabati mengurangi resiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan penyakit degeneratif. Ahli biokimia gizi Colin Campbell selama 20 tahun meneliti dampak protein hewani pada tubuh manusia. Penelitian yang ia tuangkan dalam 417 halaman buku The China Study menunjukkan bahwa protein hewani mendorong pertumbuhan kanker pada manusia – seperti kanker payudara, prostat, dan usus. 

Secara ilmiah, orang yang menganut pola makan nabati cenderung lebih bisa mengontrol rasa cemas dan stres karena protein hewani menghasilkan asam arakidonat dalam tubuh kita yang memicu rasa cemas dan stres. Secara spiritual, sebagian orang percaya manusia menyerap energi. Ketika manusia mengonsumsi daging dari hewan yang merasa takut, cemas, dan marah di akhir hidupnya, maka energi itu juga lah yang masuk dalam tubuh manusia. 

Lalu benarkah manusia jadi lemas dan kurang gizi jika hanya makan makanan nabati?

Related Articles

Card image
Self
Mendengar dengan Tulus

Saat kita bersedia belajar mendengar dengan sepenuh hati pada dasarnya kita juga menambah kemampuan dan referensi kita untuk berbicara dengan orang lain. Manusia memang harus bisa saling mendengarkan dan didengarkan untuk bisa merasa berarti bukan?

By Greatmind
14 May 2022
Card image
Self
Good Enough: Apa Itu Libur?

Apa itu libur? Terlepas dari se-workaholic nya seseorang, kita semua sepakat kalau kita butuh liburan untuk berbagai alasan. Yup, meskipun kita semua suka libur, ternyata nggak sedikit juga orang yang merasa bersalah salah dirinya meliburkan diri. Kok bisa?

By Nurul Idzni
14 May 2022
Card image
Self
Semua Akan Berakhir

"Jika hari ini adalah hari terakhir hidup Anda, apa yang Anda akan lakukan?" Hal terpenting dalam kehidupan ketika kita menemukan alasan untuk hidup adalah, kita bisa memahami semua akan berakhir, dan mulai melihat dunia dengan sudut pandang baru.

By Joshua Budiman
14 May 2022