Self Planet & People

On Marissa's Mind: Kekuatan Dari Tumbuhan

Marissa Anita

@marissanitaofficial

Jurnalis & Aktris

Makin banyak kalangan milenial, terutama di Eropa, yang mengubah pola makan mereka menjadi pola makan nabati atau plant-based diet. Makin banyak manusia sadar tentang keuntungan pola makan nabati bagi kesehatan diri dan kesehatan bumi. Bagi Anda yang sungguh cinta hewan, pola makan nabati mengurangi penderitaan hewan. Saat ini puluhan ribu generasi milenial membuat Berlin, London, dan Paris menjadi kota-kota terdepan yang ramah bagi penganut pola makan nabati. Indonesia tidak mau ketinggalan, menurut indeks vegetarian global dari Oliver’s Travel, Indonesia berada di posisi 16 dari 183 negara yang ramah bagi pecinta makanan nabati. Apa itu pola makan nabati? Setidaknya ada dua 

Vegan: tidak mengonsumsi produk hewan seperti daging, telur, atau produk susu. 

Vegetarian: tidak mengonsumsi daging hewan, tetapi masih mengonsumsi telur atau produk susu. 

Orang yang menganut pola makan nabati mengurangi resiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes tipe dua, dan penyakit degeneratif. Ahli biokimia gizi Colin Campbell selama 20 tahun meneliti dampak protein hewani pada tubuh manusia. Penelitian yang ia tuangkan dalam 417 halaman buku The China Study menunjukkan bahwa protein hewani mendorong pertumbuhan kanker pada manusia – seperti kanker payudara, prostat, dan usus. 

Secara ilmiah, orang yang menganut pola makan nabati cenderung lebih bisa mengontrol rasa cemas dan stres karena protein hewani menghasilkan asam arakidonat dalam tubuh kita yang memicu rasa cemas dan stres. Secara spiritual, sebagian orang percaya manusia menyerap energi. Ketika manusia mengonsumsi daging dari hewan yang merasa takut, cemas, dan marah di akhir hidupnya, maka energi itu juga lah yang masuk dalam tubuh manusia. 

Lalu benarkah manusia jadi lemas dan kurang gizi jika hanya makan makanan nabati?

Related Articles

Card image
Self
Discontent: Tidak Puas Melihat Kepuasan

Content merujuk pada apa yang kita lihat di dunia online. Namun kata ini juga memiliki makna lain, yaitu rasa puas, bahagia yang penuh damai. Lawan katanya adalah discontent yaitu rasa kurang puas. Discontent inilah yang saya sering rasakan semakin banyak waktu yang saya habiskan waktu untuk melihat content di dunia online.

By Citra Marina
23 March 2019
Card image
Self
Belenggu Pikiran Negatif

Manusia pasti tak pernah terlepas dari kekhawatiran, keluhan, dan kritik. Rasanya tak ada satu hari pun yang terlewatkan tanpa setidaknya satu pikiran negatif. Memang, beberapa prasangka mungkin tidak akan membawa dampak buruk bagi hidup. Namun pesimisme jika dibiarkan berkembang nyatanya sanggup untuk membunuh diri kita.

By Greatmind
23 March 2019
Card image
Self
Yang Tak Dibicarakan Saat Bicara Menyembuhkan Rasa Sakit

Pada awalnya saya tidak menyadari betapa pentingnya merasa sadar atas diri sendiri sampai akhirnya bertemu dengan beragam 'pemicu'. Pemicu ini bisa muncul dalam cara yang beragam; dan terasa berbeda-beda. Meski bisa terasa berbeda untuk setiap orang, namun yang terpasti momen itu akan mengantarkan kita pada suatu perubahan.

By Cath Halim
16 March 2019