Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Bersyukur

Marissa Anita

@marissanitaofficial

Jurnalis & Aktris

Mudah rasanya mengucap syukur ketika kita sedang bahagia atau merasa tenang. Namun ketika kita merasa sedih, seakan dunia sedang memusuhi kita, sulit rasanya rasa syukur terucap. Padahal ketika mental kita terpuruk, satu hal yang dapat membantu mengangkat semangat kita dalam hidup adalah rasa syukur itu sendiri.

Merasa bersyukur tidak selalu mudah karena memang hidup itu jauh dari sempurna. Setiap hari ada saja tantangan dalam hidup; rasa sakit, rasa kehilangan, dan jika tidak hati-hati kita bisa tenggelam terlalu lama dalam ketidakbahagiaan yang berujung pada depresi. Dan kawan, merasa depresi itu adalah salah satu rasa yang sangat tidak enak.

Rasa syukur adalah obat atas ketidakbahagiaan. Rasa syukur membantu kita menghargai apa yang kita punya dan mengalihkan perhatian dari apa yang kita tidak punya. Rasa syukur bisa menjauhkan kita dari depresi dan emosi toxic dan negatif lainnya. Sejumlah penelitian menunjukkan orang-orang yang mengucap syukur secara rutin lebih sehat secara psikis, punya tingkat kewaspadaan yang lebih, optimistis, dan happy. Mereka juga menjadi murah hati, punya welas asih terhadap diri sendiri dan sesama.

Tuh, banyak kan dampak positifnya?

Related Articles

Card image
Self
Discontent: Tidak Puas Melihat Kepuasan

Content merujuk pada apa yang kita lihat di dunia online. Namun kata ini juga memiliki makna lain, yaitu rasa puas, bahagia yang penuh damai. Lawan katanya adalah discontent yaitu rasa kurang puas. Discontent inilah yang saya sering rasakan semakin banyak waktu yang saya habiskan waktu untuk melihat content di dunia online.

By Citra Marina
23 March 2019
Card image
Self
Belenggu Pikiran Negatif

Manusia pasti tak pernah terlepas dari kekhawatiran, keluhan, dan kritik. Rasanya tak ada satu hari pun yang terlewatkan tanpa setidaknya satu pikiran negatif. Memang, beberapa prasangka mungkin tidak akan membawa dampak buruk bagi hidup. Namun pesimisme jika dibiarkan berkembang nyatanya sanggup untuk membunuh diri kita.

By Greatmind
23 March 2019
Card image
Self
Yang Tak Dibicarakan Saat Bicara Menyembuhkan Rasa Sakit

Pada awalnya saya tidak menyadari betapa pentingnya merasa sadar atas diri sendiri sampai akhirnya bertemu dengan beragam 'pemicu'. Pemicu ini bisa muncul dalam cara yang beragam; dan terasa berbeda-beda. Meski bisa terasa berbeda untuk setiap orang, namun yang terpasti momen itu akan mengantarkan kita pada suatu perubahan.

By Cath Halim
16 March 2019