Self Lifehacks

On Marissa's Mind: Bersyukur

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Mudah rasanya mengucap syukur ketika kita sedang bahagia atau merasa tenang. Namun ketika kita merasa sedih, seakan dunia sedang memusuhi kita, sulit rasanya rasa syukur terucap. Padahal ketika mental kita terpuruk, satu hal yang dapat membantu mengangkat semangat kita dalam hidup adalah rasa syukur itu sendiri.

Merasa bersyukur tidak selalu mudah karena memang hidup itu jauh dari sempurna. Setiap hari ada saja tantangan dalam hidup; rasa sakit, rasa kehilangan, dan jika tidak hati-hati kita bisa tenggelam terlalu lama dalam ketidakbahagiaan yang berujung pada depresi. Dan kawan, merasa depresi itu adalah salah satu rasa yang sangat tidak enak.

Rasa syukur adalah obat atas ketidakbahagiaan. Rasa syukur membantu kita menghargai apa yang kita punya dan mengalihkan perhatian dari apa yang kita tidak punya. Rasa syukur bisa menjauhkan kita dari depresi dan emosi toxic dan negatif lainnya. Sejumlah penelitian menunjukkan orang-orang yang mengucap syukur secara rutin lebih sehat secara psikis, punya tingkat kewaspadaan yang lebih, optimistis, dan happy. Mereka juga menjadi murah hati, punya welas asih terhadap diri sendiri dan sesama.

Tuh, banyak kan dampak positifnya?

***

Busana: Cottonink

Related Articles

Card image
Self
Mendengar dengan Tulus

Saat kita bersedia belajar mendengar dengan sepenuh hati pada dasarnya kita juga menambah kemampuan dan referensi kita untuk berbicara dengan orang lain. Manusia memang harus bisa saling mendengarkan dan didengarkan untuk bisa merasa berarti bukan?

By Greatmind
14 May 2022
Card image
Self
Good Enough: Apa Itu Libur?

Apa itu libur? Terlepas dari se-workaholic nya seseorang, kita semua sepakat kalau kita butuh liburan untuk berbagai alasan. Yup, meskipun kita semua suka libur, ternyata nggak sedikit juga orang yang merasa bersalah salah dirinya meliburkan diri. Kok bisa?

By Nurul Idzni
14 May 2022
Card image
Self
Semua Akan Berakhir

"Jika hari ini adalah hari terakhir hidup Anda, apa yang Anda akan lakukan?" Hal terpenting dalam kehidupan ketika kita menemukan alasan untuk hidup adalah, kita bisa memahami semua akan berakhir, dan mulai melihat dunia dengan sudut pandang baru.

By Joshua Budiman
14 May 2022