Self Lifehacks

Musik dan Nostalgia

Bagi sebagian orang, musik adalah elemen yang tidak terpisahkan dari hidup. Hadir sebagai teman jalan pagi, menenangkan diri di perjalanan, hingga menjadi kawan saat harus begadang menghadapi deadline. Musik juga sering kali memengaruhi perasaan serta mood kita, saat sedang mendengarkan lagu sedih entah kenapa kita bisa ikut berempati dan juga terlarut dalam perasaan yang dibawakan oleh lagu. Sebaliknya, saat mendengarkan lagu yang gembira, kita juga ingin ikut bergerak selaras dengan irama musik yang didengarkan.

Lalu, sebenarnya apa alasan yang membuat banyak orang senang mendengarkan musik?

Selain karena dapat membantu kita meregulasi mood, musik juga memberikan kita kesenangan. Secara scientific, mendengarkan musik ternyata memberikan sinyal di otak yang serupa saat kita mendapat imbalan berupa makanan, uang, atau alkohol. Sehingga tubuh kita pun memberikan respon yang serupa saat kita mendengarkan musik. Respon yang sama saat kita menerima hadiah secara fisik.

Secara scientific, mendengarkan musik ternyata memberikan sinyal di otak yang serupa saat kita mendapat imbalan berupa makanan, uang, atau alkohol.

Alasan berikutnya adalah karena sensasi nostalgia yang diberikan. Pernah nggak kamu sedang beraktivitas lalu saat mendengar sebuah lalu tiba-tiba teringat sebuah kejadian di masa lalu atau juga adegan dalam film favoritmu sepanjang masa? Musik tidak hanya bisa memberikan pengalaman menyenangkan di saat ini tetapi juga menyimpan beragam kenangan dari masa lalu.

Musik tidak hanya bisa memberikan pengalaman menyenangkan di saat ini tetapi juga menyimpan beragam kenangan dari masa lalu.

DI tahun ini, kita sudah kembali mendapatkan banyak kesempatan untuk mendengarkan musik secara langsung bersama teman dan keluarga. Tidak lagi hanya melalui perangkat digital di dalam kamar. Kalau kamu sedang mencari festival musik yang ramah untuk seluruh anggota keluarga menuju akhir tahun ini, Joyland 2023 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Joyland 2023 akan dilangsungkan pada 24-26 November 2023 di GBK Baseball Stadium Senayan. Acara kali ini juga akan dimeriahkan oleh Interpol, Mew, d4vd, eaJ, BAP., Bernadya, Mocca, The Panturas, Reality Club, dan sejumlah nama lainnya. Tidak hanya musik di sini kamu juga bisa menonton pertunjukan stand-up comedy yang sudah dikuratori oleh Soleh Solihun, juga penayangan film yang dipilih oleh Palari Films.

Related Articles

Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024
Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024