Self Work & Money

Mengatur Keuangan Pun Perlu Logika

Kendati berbagai kemudahan memungkinan kita mengurus keuangan dengan mudah dan menyenangkan, logika tetap perlu diutamakan.

Saat ini, kita hidup di zaman yang serba cepat. Segala sesuatu seperti tak bisa menunggu. Orang tak terbiasa lagi memiliki kesabaran cukup tinggi untuk menanti. Semua ingin serba cepat. Begitu pula kadangkala untuk urusan keuangan. Kita sering harus tergesa-gesa melakukan pengiriman uang karena hanya memiliki batas waktu yang sempit sekali untuk melunasi sesuatu, entah itu belanja online, atau membayar tiket pesawat dan pesanan hotel saat akan bepergian.

Maka, senang sekali dengan perkembangan layanan perbankan yang semakin memudahkan kita sebagai nasabah untuk melakukan transaksi keuangan dengan leluasa, di mana saja kapan saja tanpa perlu repot mencari mesin ATM atau kantor cabang terdekat, seperti yang bisa dilakukan dengan Permata MobileX. Berbagai fitur layanannya sangat membantu kita melakukan berbagai kebutuhan perbankan. Misalnya saja ketika mendadak harus mengirim uang saat kita sedang traveling dan lokasi kita sedang berada jauh di pelosok yang tak memungkinkan kita bisa segera bertemu dengan mesin ATM. Fasilitas ini jadi sangat membantu sekali karena kita sudah menyimpan nama penerima, nomor rekening, serta data-data lainnya dengan akurat, jadi tidak perlu mengecek satu persatu karena takut keliru. Bikin lebih simple dan nggak mengganggu waktu traveling.

Urusan keuangan memang membutuhkan kecermatan dan logika yang baik. Sejak lama saya punya kesadaran untuk mengatur pengeluaran agar jangan sampai besar pasak daripada tiang. Menurut saya itu hal yang sangat mendasar. Kendati memiliki berbagai kemudahan seperti punya kartu kredit dan kartu debit yang setiap saat bisa digunakan, tetap saja kita harus cermat melakukan pengaturan. Karena kartu kredit pun tetap harus dibayar dengan telaten dan bukannya menunda-nunda sampai akhirnya tagihan menumpuk, gali lubang tutup lubang, akhirnya jadi habit, dan menyebabkan lingkaran setan karena tagihan yang tak juga kunjung lunas.

Saya selalu mengupayakan menggunakan kartu kredit sebaik-baiknya dan sepositif mungkin. Contohnya, misalnya, kalau ada pembayaran yang cukup besar, kita bisa gunakan cicilan nol persen, atau memang kita ada penggunaan yang besar, kita harus sudah tahu juga kita memiliki pemasukan yang cukup untuk membayar pemakaian kartu kredit kita. Dari dulu itu selalu jadi komitmen saya, jangan sampai berlarut-larut untuk penggunaan kartu kredit. Memang untuk fasilitas kartu kredit ini, banyak sekali benefit dan kemudahan untuk traveling yang saya dapatkan. Miles point dari maskapai, travel fair, berbagai promosi kartu kredit, seperti cashback dan promosi yang besar sekali, jadi dari situ yang membuat #shopalogic itu. Kita boleh menggunakan kartu kredit dan lain-lain, tapi logika tetap harus berjalan. Harus tetap ada perhitungan khusus yang diperhatikan.

 

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024