Self Lifehacks

Menciptakan Rasa Bahagia

Hidup mindful atau penuh kesadaran pada dasarnya bisa kita latih. Kesadaran adalah otot yang bisa dilatih penggunaannya. Sebagian besar hidup kita sekarang 98% dikontrol oleh alam bawah sadar. Kadang kita mungkin tidak menyadari bahwa kita menjalani hari dengan autopilot. Kita tidak benar-benar berada di saat ini, padahal hari yang sedang kita jalani adalah satu-satunya waktu yang kita punya. Waktu lampau sudah berlalu dan hal setelahnya belum tentu terjadi. 

Kesadaran adalah otot yang bisa dilatih penggunaannya. Sebagian besar hidup kita sekarang 98% dikontrol oleh alam bawah sadar. Kadang kita mungkin tidak menyadari bahwa kita menjalani hari dengan autopilot.

Ketika berbicara tentang kabahagiaan, kita harus bisa menentukan kebahagiaan kita sendiri. Kita peelu melatih kemampuan untuk mengendalikan diri dan membentuk cara pandangdalam memaknai kebahagiaan. Kalau kita menafsirkan pekerjaan atau kegiatan yang kita jalankan sebagai suatu keterpaksaan, tentu ini akan memberatkan hati. Memang tempat kita bekerja dan berkegiatan akan berpengaruh pada keadaan emosional kita tapi pengaruh paling besar datang dari cara pandang kita dalam menghadapi hari.

Keburukan di kepala kita lama kelamaan akan menetap dalam tubuh dan memengaruhi kondisi fisik kita. Maka kita perlu mengontrol diri dan itu perlu dilakukan untuk bisa merasa bahagia akan apa yang kita kerjakan atau tempat di mana kita berkegiatan. Terlalu bahaya kalau kita menempatkan rasa bahagia di luar diri. Ketika situasi di luar kita berubah itu akan memengaruhi mood yang bahkan dalam jangka panjang bisa memengaruhi kondisi fisik. 

Saat berada di tempat kerja, motivasi setiap orang juga akan beragam. Ada yang bekerja untuk menambah ilmu dan pengalaman, ada yang memilih tempat kerja karena gaji yang ditawarkan, ada juga yang memang bekerja karena menyenangi bidang dan posisi tertentu. Kita hanya perlu satu hal yang membuat kita semangat dan bangun pagi setiap hari untuk bekerja. 

Ada yang berkata bahwa sebaiknya tidak perlu menggunakan perasaan saat bekerja, tapi sepertinya anggapan ini kurang tepat. Biar bagaimanapun perasaan adalah bagian dari diri kita yang tidak bisa dipisahkan. Banyak penelitian yang menyampaikan bahwa orang-orang yang tingkat keberhasilannya tinggi itu juga didorong oleh rasa yang mereka miliki dalam pekerjaan. Gembira dan punya kesadaran penuh akan hal yang kita kerjakan akan memberikan hasil yang lebih optimal. Lalu rasa seperti apa yang harus kita berikan? Ini kemudian perlu kita olah dan sadari.

Ada yang berkata bahwa sebaiknya tidak perlu menggunakan perasaan saat bekerja, tapi sepertinya anggapan ini kurang tepat. Biar bagaimanapun perasaan adalah bagian dari diri kita yang tidak bisa dipisahkan.

Menjadi professional bukan berarti kita tidak menggunakan perasaan. Profesionalitas itu artinya kita memberikan 100% dari diri kita dalam pekerjaan. Jadi bukan hanya mengerjakan tanggung jawab kita tapi lebih dari itu. Biasanya, orang yang hanya mengerjakan tugas, rekan kerja ataupun atasannya juga bisa merasakan bahwa mungkin dirinya tidak menyukai dan bersungguh-sungguh terhadap hal yang ia kerjakan. Kalau kita passionate dalam pekerjaan, ini bukan lagi hanya tentang diri kita tapi keberhasilan bersama. 

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada satu pun hal di dunia ini yang sifatnya permanen. Suatu saat setiap hal di dunia kan berganti. Jadi kita perlu memiliki kesadaran tentang situasi yang tengah kita hadapi dan mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan. Ketika kita berada di titik saat kita merenungkan sampai di mana kita mampu bertahan saat memang sudah tidak memungkinkan, tidak ada salahnya untuk mengubah situasi dan ambil keputusan yang bersebarangan. Artinya, menyesuaikan diri dengan keadaan penuh bukan berarti kita pasrah.

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak ada satu pun hal di dunia ini yang sifatnya permanen. Suatu saat setiap hal di dunia kan berganti. Jadi kita perlu memiliki kesadaran tentang situasi yang tengah kita hadapi dan mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan.

Kalau kita bisa melatih kesadaran pada hal-hal yang kita kerjakan setiap harinya kita akan bisa berpikir lebih jernih. Kita bisa memetakan peluang dan konsekuensi dari setiap keputusan dan sikap yang kita ambil. Tubuh kita sebenarnya sangat pintar, kita yang terkadang tidak mau mendengarkan dan membiarkan pikiran kita terbawa arus, overthinking dan menyesali keputusan yang sudah diambil. Di sinilah hidup berkesadaran menjadi penting agar kita bisa merepon sinyal yang sudah diberikan oleh tubuh.

Ini juga sejalan dengan pesan yang ingin disebarkan oleh MyndfulAct. Lewat pengalaman hidup yang sudah kami miliki selama ini kami ingin lebih banyak orang bisa melatih otot kesadaran kita untuk bisa hidup dengan lebih mindful. Sehingga kita tahu dan paham bahwa kita punya pikiran dan yang melakukan keseharian kita adalah otot yang artinya bisa dilatih. Untuk mencapai tujuan itu MyndfulAct juga mencoba untuk lebih banyak berkolaborasi dengan banyak pihak mulai dari komunitas hingga praktisi untuk meningkatkan pemahaman kita akan manfaat dari hidup berkesadaran. 

Related Articles

Card image
Self
Mendengar dengan Tulus

Saat kita bersedia belajar mendengar dengan sepenuh hati pada dasarnya kita juga menambah kemampuan dan referensi kita untuk berbicara dengan orang lain. Manusia memang harus bisa saling mendengarkan dan didengarkan untuk bisa merasa berarti bukan?

By Greatmind
14 May 2022
Card image
Self
Good Enough: Apa Itu Libur?

Apa itu libur? Terlepas dari se-workaholic nya seseorang, kita semua sepakat kalau kita butuh liburan untuk berbagai alasan. Yup, meskipun kita semua suka libur, ternyata nggak sedikit juga orang yang merasa bersalah salah dirinya meliburkan diri. Kok bisa?

By Nurul Idzni
14 May 2022
Card image
Self
Semua Akan Berakhir

"Jika hari ini adalah hari terakhir hidup Anda, apa yang Anda akan lakukan?" Hal terpenting dalam kehidupan ketika kita menemukan alasan untuk hidup adalah, kita bisa memahami semua akan berakhir, dan mulai melihat dunia dengan sudut pandang baru.

By Joshua Budiman
14 May 2022