Self Lifehacks

Memupuk Ego

Greatmind x Wealth Wisdom 2019

@permatabank

Advertorial

Fotografi Oleh: Prateek Katyal (Unsplash)

Hampir bisa dipastikan setiap ponsel yang ada di tangan kita semua pasti memiliki beberapa aplikasi media sosial di dalamnya. Bagi sebagian orang, media sosial merupakan cara agar tetap terkoneksi dengan dunia luar. Dengan mengesampingkan drama-drama yang kerap terjadi di media sosial, banyak orang yang tidak memiliki masalah dalam menggunakannya. Namun bagi sebagian lainnya, media sosial sering menjadi sebuah candu yang menyeruak ke dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah studi dari beberapa peneliti di University of Bergen dan Nottingham Trent University, menunjukkan bahwa memang ada hubungan antara kecanduan media sosial dengan narsisisme dan harga diri.

Dengan sampel hingga sebanyak 25.000 responden, para peneliti menemukan bahwa kecanduan media sosial berkaitan erat dengan tingkat narsisisme yang tinggi dan harga diri yang rendah.

Kecanduan media sosial, menurut studi tersebut, terkait dengan latar belakang kepribadian setiap individu seperti tingkat neuroticism dan extraversion (sifat ekstrovert) yang tinggi dan juga tingkat conscientiousness (sifat berhati-hati) yang rendah.

Bagaimana semuanya berkaitan? Para peneliti menjelaskan bahwa media sosial merupakan sebuah aktivitas memberi santapan bagi ego seseorang – hal yang begitu dicari oleh orang-orang narsis dan juga mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah. Dalam risetnya tertulis bahwa aplikasi media sosial seringnya menjadi sebuah arena sosial yang tepat bagi individu-individu yang menghargai dan memiliki ketertarikan dengan aktivitas-aktivitas yang menambah ego karena media sosial memungkinkan penggunanya untuk menyokong ego mereka dengan respon yang begitu instan dan dari masyarakat yang luas.

Lebih jauh lagi, minimnya interaksi secara langsung dalam media sosial menjadi suatu hal yang menarik bagi mereka yang memiliki kepercayaan diri rendah. Sehingga mereka lebih berani menunjukkan egonya di dunia maya dibandingkan dunia nyata.

Sesungguhnya tidak ada yang salah dari memupuk ego dengan menanti Likes dari foto-foto yang diunggah ke media sosial, namun saat kita berubah menjadi haus akan pengakuan dan terpacu sebegitu gilanya untuk terus menggunggah konten demi Likes atau Love, mungkin inilah waktu yang tepat untuk memikirkan kembali: apakah kebahagiaan kita hanya bergantung pada jumlah Likes?

Related Articles

Card image
Self
Kebahagiaan yang Tidak Sehat, Sehat, dan Dhyana

Definisi kebahagiaan dan cara mencapainya telah menjadi subjek perdebatan panjang sejak zaman kuno oleh berbagai filsuf seperti Plato, Socrates, Aristoteles, hingga para pemikir modern seperti David Hume, Nietzsche, dan konsep populer seperti Ikigai di Jepang serta indeks kebahagiaan nasional dari PBB.

By Agus Santoso
17 March 2024
Card image
Self
Kembali Menemukan Diri Sendiri

Pagi berganti malam, hari berganti minggu, bulan berganti tahun, hingga akhirnya kita sampai kembali di momen bulan Ramadan. Selain tentu saja menjadi momen yang tepat untuk kembali mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk merekatkan kembali hubungan yang sebelumnya sempat menjauh karena segala kesibukan.

By Greatmind
17 March 2024
Card image
Self
Seni Mengkurasi Hidup

Mengatur hidup dengan cermat bukanlah soal membatasi diri, tetapi lebih kepada memilih dengan bijak apa yang ingin kita pamerkan dalam galeri kehidupan kita. Sama halnya dengan seorang kurator seni yang memilih karya-karya terbaik untuk dipamerkan, kita juga perlu memilih dengan bijak dalam memilih prioritas dan menyesuaikan komitmen kita sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan hidup yang kita inginkan.

By Gupta Sitorus
17 March 2024