Self Lifehacks

Melalui Perubahan

Diyah Deviyanti

@deey2

Koordinator Proyek Lingkungan Hidup

2020 telah berlalu. Tapi, rasanya baru kemarin tahun berganti dan aku merasa belum melakukan apa-apa. Kamu merasa begini juga nggak sih? Ada perasaan kecewa. Niat tahun ini lebih berusaha, tapi malah merasa masih berjalan di tempat.

Pelan, aku menarik napas dalam-dalam. Aku mulai memberanikan diri membuka catatan yang sudah kutulisi tentang sepenggal kisah perjalanan tahun 2020. Kemudian, aku mulai menuliskan rincian target yang ingin aku capai di tahun ini, sambil sesekali meneguk minuman cincau dingin yang menemaniku - random sekali ya, haha!

Aku mengingat kegiatan apa saja yang telah aku lewati. Mata hatiku terbuka. Setidaknya, aku telah melewatkan libur panjang dan beristirahat dengan tenang di kampung halaman. Ya, aku memang masih berada di tempat asalku, belum kembali ke Jakarta tempatku bekerja. Ada banyak aktivitas di sini yang aku lakukan. Makan masakan khas kampung halaman yang berbeda setiap harinya, berbincang dengan sekitar 45 orang yang berbagai latar belakang, ikut mencari ikan dengan cara tradisional yang merupakan salah satu budaya kampungku, menemani ibu ke pasar dantoko bangunan, bermain bersama kucingku, bertemu secara daring dengan teman-teman kantor dan masih banyak lainnya. Aktivitas-aktivitas tersebut membuatku sadar bahwa kita sering melewati hal sederhana begitu saja, padahal dari kepingan-kepingan tersebut kisah kehidupan kita terangkai, dan membawa kita ke tujuan akhir. Kita ada di sini hingga hari ini karena proses dan perubahan dari hari-hari sebelumnya. Seperti butiran-butiran pasir yang bisa membuat sebuah wadah penuh meski diisi satu persatu, begitupun proses bertumbuh kita setiap hari.

Kita ada di sini hingga hari ini karena proses dan perubahan dari hari-hari sebelumnya. Seperti butiran-butiran pasir yang bisa membuat sebuah wadah penuh meski diisi satu persatu, begitupun proses bertumbuh kita setiap hari.

Aku akui, memang kadang proses seperti aktivitas-aktivitas sederhana ini sulit terukur. Tapi semestinya, kita tidak hanya fokus untuk melihat kejadian besar yang dianggap menakjubkan serta fokus pada finish yang masih jauh di sana sajaKita juga perlu menghargai dan menyadari setiap hal yang telah kita lalui. Aku pikir, dengan begini kita akan terlatih memahami proses perubahan yang terjadi. Perubahan apupun itu yang kita lalui adalah jalan untuk sampai

Perubahan apupun itu yang kita lalui adalah jalan untuk sampai

Related Articles

Card image
Self
Weak Ties: Time Travel

Mungkin ada yang bilang, untuk apa berandai-andai soal ke depan? Kan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Buat saya, mantranya seperti ini: langkah awal dalam memecahkan masalah adalah melihat masalah itu sebagai hal yang bisa dipecahkan. Saat ini kita hidup dalam masa di mana mudah sekali merasa helpless, seolah kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi, bermainlah dengan masa depan, karena sekarang waktunya.

By Kartika Anindya
27 February 2021
Card image
Self
Nyaman Dengan Diri Sendiri

Kita sebagai manusia pasti punya mimpi atau hasrat yang ingin dicapai. Namun terkadang ketika mimpi itu ternyata belum bisa diraih, ada kekecewaan yang mendorong kita untuk tidak menerima diri sendiri. Ini sebenarnya bisa jadi karena kita kurang mengenal diri sendiri. Kita belum bisa memahami siapa diri kita sebenarnya sehingga sulit menerima diri sendiri.

By Feby Jabrik
27 February 2021
Card image
Self
Musik Menyelamatkan Hidup

Musik adalah bagian dari hidup kita sehari-hari. Tanpanya, hidup ini mungkin akan terasa biasa-biasa saja. Namun lebih dari itu, musik sebenarnya punya peran penting dalam membantu kita melewati masa-masa sulit. Ia bisa menjadi penyemangat ketika kita sedang merasa sedih, menghibur perasaan-perasaan negatif yang muncul dalam diri.

By Adryanto Pratono
27 February 2021