Self Health & Wellness

Lesson Learned: Alam dan Kesehatan

Trisa Triandesa

Pegiat Neurosains

Stress tuh sesuatu yang ga mungkin bisa kita hindari. Stress dalam mengejar mimpi dan cita-cita, stress karena masalah keuangan, keluarga, atau mungkin kamu stress karena merasa kesepian. Ada satu hal yang bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatn mental kamu. Alam.

Menghabiskan waktu di alam terbuka baik untuk kesehatan mental, karena dapat mengurangi stress dan meningkatkan suasana hati alias mood. Penelitian yang dilakukan di Inggris menunjukkan dengan menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan kesehatan mental, membuat lebih tenang, dan lebih happy!

Menghabiskan waktu di alam tidak akan menyelesaikan semua masalah tapi setidaknya put things in perspective, take the pressure off, dan membawa ketenangan. Ini ga berarti kamu perlu liburan ke Labuan Bajo, Raja Ampat, atau Pulau Derawan tiap bulan ya. Ga perlu mahal-mahal. Apalagi ngutang buat liburan. Pulang liburan bukannya makin tenang malah makin stress.

Coba jalan-jalan di taman atau hutan kota aja. Luangkan waktu untuk melihat, mendengar dan merasakan alam. Kalau kata Almarhum Chrisye, “Kicau burung bernyanyi, tanda buana membuka hari”

Lagu klasik dan legend! 

Kalau kamu liat video musiknya emang jadul tapi banyak pemandangan alam Indonesia yang bikin tentram mata dan hati. Kalau taman kejauhan dan kamu ngga selalu punya banyak waktu untuk pergi ke sana, bawa tamannya ke kamu. Beli dan rawat tanaman - bukan yang plastik tentunya. Atau paling sederhana, lihat langit perhatikan awan yang bergerak, burung-burung terbang, mungkin ada daun yang terbawa angin. 

Cara lain kamu bisa mendengarkan suara alam di Spotify atau Youtube, bahkan lihat foto atau nonton film soal keindahan alam juga bisa membantu loh.  Yang penting coba nikmati  dan apresiasi keindahan alam di sekitar kita dan perhatikan apa yang kamu rasakan.Intinya sih bukan sekadar berada di alam, tapi bagaimana kita membuka diri dan berinteraksi dengan alam. 

Jadi lihat, dengar, sentuh, dan rasakan alam. Baru deh kalau emang lagi ada rejeki, alokasikan waktu dan uang untuk liburan.

Kok bisa?

Alam memiliki efek restoratif pada otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Stephen dan Rachel Kaplan dari University of Michigan, elemen stimulus visual dari alam seperti sunrise, sunset, warna-warni tanaman dan juga hewan bisa megurangi tingkat stress dan kelelahan mental. 

Alam memiliki efek restoratif pada otak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Stephen dan Rachel Kaplan dari University of Michigan, elemen stimulus visual dari alam seperti sunrise, sunset, warna-warni tanaman dan juga hewan bisa megurangi tingkat stress dan kelelahan mental. 

Berdasarkan studi lain oleh Stella Chan menemukan bahwa dengan mellihat 25 foto-foto berkaitan dengan alam, dapat menenangkan dan meningkatkan suasana hati. Nah Sebelum kamu selesai membaca artikel ini dan buka instagram cari foto pemandangan, kesimpulannya dengan kamu kembali ke alam, kamu bisa meringkankan stress dan membuat kamu merasa lebih tenang. Gunakan waktu ini untuk menjernihkan pikilran. Siapa tahu ketika pikiran sudah jernih dan kamu sedang melamun, kamu menemukan ide atau pencerahan. Saya sudah bahas soal melamun di video sebelumnya ya.

Sebelum udahan, ruang terbuka hijau favorit di kota kamu apa? Bagikan di kolom komentar dong, karena sharing is caring. Bisa taman, hutan kota, danau, pantai, atau lain-lain.

 

 

Referensi:

Mental Health Foundation. (2021). Nature. How connecting with nature benefits our mental health

https://www.youtube.com/watch?v=xcHfAvwONIk&ab_channel=MusicaStudios

Kaplan, R., & Kaplan, S. (2011). Well‐being, reasonableness, and the natural environment. Applied Psychology: Health and Well‐Being, 3(3), 304-321.

 

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024