Self Health & Wellness

Langkah Kecil Menuju Hidup Yang Lebih Sehat

Beranjak dewasa, kita kemudian mulai mencoba membiasakan diri untuk terus beradaptasi dengan segala tantangan hidup dan deadline yang tak berkesudahan. Tidak seperti masa-masa sekolah atau kuliah, kini kita tidak bisa benar-benar memastikan kapan kita akan berlibur atau pergi jauh dari kepadatan kota yang biasanya kita lalui dengan serentetan helaan napas. Kalau memang tidak bisa dihindari, bagaimana kalau kita mulai menikmati apa yang sedang kita jalani?

Beranjak dewasa, kita kemudian mulai mencoba membiasakan diri untuk terus beradaptasi dengan segala tantangan hidup dan deadline yang tak berkesudahan.

Iya betul, memang jauh lebih mudah untuk dituliskan daripada benar-benar dicoba. Berdesakan di kendaraan umum ditemani mata yang lelah karena menatap layar sehari penuh memang bisa jadi membuat mood kita berantakan. Biasanya, untuk menyiasati hal ini mungkin beberapa akan memilih untuk jajan camilan atau mungkin checkout barang yang selama ini mengendap di keranjang e-commers andalan. Tapi ada satu hal lagi kegiatan yang bisa kita coba untuk meningkatkan mood, yakni olahraga.

Sudah banyak studi yang mengungkapkan bahwa olahraga ternyata berhubungan erat dengan kondisi mental seseorang. Terutama, bagi kegiatan yang dilakukan di luar ruangan. Berjalan kaki di taman mungkin hal yang langsung terbayang, tapi kita juga bisa berjalan kaki sepulang kantor menuju halte terdekat.

Kalau biasanya kita terlalu sibuk mengejar waktu, sesekali saat menuju akhir pekan kita bisa berjalan sejenak sembari melihat kehidupan yang terjadi di sekeliling kita. Orang-orang yang sedang berkumpul sepulang kerja, para pedagang yang sibuk melayani pelanggan, atau sekumpulan ojek online yang sedang menonton sebuah televisi kecil bersama untuk mengisi waktu menunggu order selanjutnya.

Kalau biasanya kita terlalu sibuk mengejar waktu, sesekali saat menuju akhir pekan kita bisa berjalan sejenak sembari melihat kehidupan yang terjadi di sekeliling kita.

Pilihan untuk hidup lebih sehat secara fisik maupun psikis memang bukan hal yang mudah untuk dijalani secara konsisten. Ada banyak sekali faktor yang kemudian dapat memengaruhi keputusan yang kita ambil dalam menjalani hari. Ketika memulai diet misalnya, sebagian dari kita bisa jadi beranggapan bahwa hanya butuh 30 hari, 90 hari, atau target-target lainnya. Kemudian pertanyaan berikutnya apakah ini kemudian bisa berjalan secara konsisten? Jawabannya tentu saja tidak semudah itu.

Tak jarang kita kemudian menyerah karena merasa pola kebiasaan yang kita buat untuk hidup lebih sehat ternyata harus menghadapi jeda. Padahal, hidup akan tetap berjalan dan diri kita adalah tentang kebiasaan yang paling sering kita jalani sehari-hari. Tidak masalah kalau hari ini belum bisa berolahraga, besok kita mulai lagi. Kalau siang ini kamu terlalu banyak duduk, maka kita bisa berjalan lebih banyak di sore hari. Setiap hal-hal besar, selalu di mulai dari langkah kecil yang kita ambil hari ini.

Kebahagiaan adalah hasil dari keputusan kita untuk bergembira. Hidup memang sering kali terasa aneh, karena ada banyak sekali elemen kejutan di dalamnya. Meski begitu, kita bisa menentukan respon dan pilihan kita untuk hidup lebih sehat dan berbahagia mula saat ini. Pesan ini juga yang berusaha disampaikan oleh AIA Vitality.

AIA Vitality ialah sebuah terobosan program health and wellness yang terhubung dengan layanan inti perlindungan jiwa AIA. Program AIA Vitality mencakup empat kunci pilar yang akan membantumu untuk memonitor dan meningkatkan gaya hidup sehat dalam mewujudkan hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik: Eat Well, Move Well, Think Well, dan Plan Well. Sebagai sebuah program kebugaran yang mendukung pilihan kita untuk lebih sehat dan produktif, AIA Vitality juga bisa membantu kita untuk melihat sejauh mana progress kita dalam berolahraga dan beraktivitas.

Setiap kebiasaan sehat yang kita ambil, pada dasarnya akan mengantarkan kita menuju hidup yang lebih panjang, sehat, dan bermakna. Kalau kamu ingin tau informasi lebih lanjut mengenai AIA Vitality, kamu juga bisa mengunjungi laman  https://aia.id/aiavitality.

Jadi, apa langkah sederhana yang akan kamu ambil hari ini untuk hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik?

Related Articles

Card image
Self
Melihat Dunia Seni dari Lensa Kamera

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya fotografi menjadi salah satu jalan karir saya hingga hari ini. Di tahun 1997 saya pernah bekerja di majalah Foto Media, sayang sekali sekarang majalah tersebut sudah berhenti terbit. Setelahnya saya juga masih bekerja di bidang fotografi, termasuk bekerja sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih. Sampai akhirnya mulai motret sendiri sampai sekarang.

By Davy Linggar
04 May 2024
Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024