Self Lifehacks

Keluar Jalur Sebentar

Diyah Deviyanti

@deey2

Koordinator Proyek Lingkungan Hidup

Nggak terasa 2021 sudah hampir berakhir. Ada banyak hal yang telah dilalui. Ada tawa, tangis, kesal, marah, haru, bangga, takut, melangkah dalam ragu, penyesalan, dan maaf untuk diri sendiri. Semua rasa itu, hadir di sepanjang tahun 2021, datang tiba-tiba tanpa ada tanda. 

Setelah aku ingat-ingat lagi, ada saatnya aku duduk diam di kamar tanpa menangis, dalam keadaan mempertanyakan banyak hal. Tidak tahu harus cerita ke siapa, meski aku tahu ada orang-orang yang tak pernah meninggalkanku. Pada masa-masa itu, aku hanya merasa nyaman bicara dengan diri sendiri, mencoba menjabarkan pikiran-pikiran yang tidak ku mengerti, alhasil jawabannya pun tak ada. Hanya saja kadang terlewati karena rasa kantuk menuntunku untuk tidur atau dalam beberapa kesempatan aku menerima semua perasaan itu dan tersenyum sambil bilang,

"Coba ingat-ingat apa yang sudah ada, kesampingkan dulu yang belum tercapai, ada hari esok, tidur yuk," sambil senyum ke diri sendiri. 

Setelah aku ingat-ingat lagi, ada saatnya aku duduk diam di kamar tanpa menangis, dalam keadaan mempertanyakan banyak hal. Tidak tahu harus cerita ke siapa, meski aku tahu ada orang-orang yang tak pernah meninggalkanku.

Lalu, ada hari-hari aku menangis sejadi-jadinya sendiri, lelah atas banyak hal yang terjadi. Kemudian bangkit lagi dengan berani karena yakin meski besok belum tentu keadaannya lebih baik tapi besok adalah hari baru yang bisa aku gunakan untuk menyusun ulang rencana baru. Kembali beradaptasi dalam keadaan yang tak kuinginkan, tujuannya bukan untuk menang melawan orang lain, melainkan menang melawan keadaan dan pikiran berlebihan dari diri sendiri yang menguras emosi.

Ada hari-hari aku menangis sejadi-jadinya sendiri, lelah atas banyak hal yang terjadi. Kemudian bangkit lagi dengan berani karena yakin meski besok belum tentu keadaannya lebih baik tapi besok adalah hari baru yang bisa aku gunakan untuk menyusun ulang rencana baru.

Lucunya, saat menulis ini aku tersenyum mengingat keadaan ku waktu itu. Yup, ada juga hari di mana aku tertawa lepas dan bangga terhadap diri sendiri. Hari di mana aku dengan berani melangkah dalam ragu dan ketakutan yang besar, hingga aku merasa menang dengan senang!

Kemudian ada hari lainnya yang membuat aku merasa keluar jalur, berada di tempat yang tak seharusnya atau tempat yang tidak aku inginkan. Namun, aku pun berhasil melihat jalanku kembali. Ternyata, menyimpang dan singgah sebentar tidak salah. Justru di sana aku melihat hal baru atau hal indah lainnya. Tempat baru menuntunku ke arah yang seharusnya, arah yang aku inginkan dan diizinkan oleh takdir. 

Ternyata, menyimpang dan singgah sebentar tidak salah. Justru di sana aku melihat hal baru atau hal indah lainnya. Tempat baru menuntunku ke arah yang seharusnya, arah yang aku inginkan dan diizinkan oleh takdir. 

Pesan yang ingin aku katakan pada diriku sendiri adalah bagaimanapun cara yang telah kamu lakukan untuk melalui hari dan apapun yang sudah kamu temui, ingat akan ada hari esok untuk berjuang lagi, ingat apa yang sudah kamu miliki saat ini, ingat untuk bersyukur. Meskipun kamu bahkan lupa caranya menangis, jangan pernah lupa caranya untuk tertawa, sebab hidup terdiri dari berbagai rasa yang datang tiba-tiba.

Meskipun kamu bahkan lupa caranya menangis, jangan pernah lupa caranya untuk tertawa, sebab hidup terdiri dari berbagai rasa yang datang tiba-tiba.

Aku pernah bilang, hidup tidak sebercanda itu tapi lebih dari itu. Jadi jangan takut untuk menjadi bagian dari lelucon kehidupan yang kadang tidak kita mengerti. Tak semua hal harus dimengerti di awal, toh? Kan bisa dijalani lalu dipelajari pelan-pelan untuk dipahami.

Aku pernah bilang, hidup tidak sebercanda itu tapi lebih dari itu. Jadi jangan takut untuk menjadi bagian dari lelucon kehidupan yang kadang tidak kita mengerti. Tak semua hal harus dimengerti diawal, toh?

Kalau sudah paham bahwa hidup banyak kejadian aneh di luar logika dan pengalaman sebelumnya, nanti akan terbiasa menyadari di baliknya ada hal lucu lainnya yang bisa kita tertawakan di lain waktu, sedekat detik selanjutnya.

Related Articles

Card image
Self
Ekspresi Diri dan Gaya Hidup

Saya juga setuju dengan ungkapan bahwa fashion adalah cara mengekspresikan diri. Kalau saya bertemu dengan orang, kita bisa melihat karakternya dari apa yang ia kenakan. Baju adalah salah satu medium kita bisa melihat dan “menilai” orang. Jadi bisa dikatakan bahwa baju yang kita kenakan sebenarnya bisa menjadi ungkapan bahwa kita ini adalah bagian dari komunitas tertentu. Mungkin komunitas skateboard, band, atau komunitas-komunitas lainnya. Urban Sneaker Society juga berusaha menggabungkan banyak komunitas agar bisa bertemu satu-sama lain.

By Jeffry Jouw
04 December 2021
Card image
Self
Berjalan Untuk Berubah

Masing-masing manusia punya perjalanan yang berbeda-beda. Katanya, dalam perjalanan itu yang paling penting bukan destinasinya, melainkan proses dan cerita yang terjadi sepanjang perjalanan. Katanya juga, cerita dalam perjalanan lah yang menjadikan siapa kita sekarang ini. Tapi yang pasti, melalui perjalanan kita berubah dan bertumbuh.

By Greatmind x Festival Film 100% Manusia
04 December 2021
Card image
Self
Memaknai Perempuan Berdaya

Banyak pembahasan mengenai cara menyeimbangkan peran sebagai ibu yang juga pekerja, tapi kita terkadang lupa bahwa kita juga adalah individu yang punya identitas sendiri. Saya bukan hanya ibu dari si A, istri dari si B, atau karyawan kantor C. Saya juga adalah seorang individu yang memiliki minat dan keinginan tersendiri. Terkadang saya tetap butuh meluangkan waktu untuk diri sendiri, mungkin dengan olahraga, baking, menonton drama Korea, atau hobi-hobi lainnya.

By Ellyana Mayasari
27 November 2021