Self Lifehacks

Kebahagiaan Dari Langkah-Langkah Kecil

Tiap kali mengawali tahun baru, mungkin kata yang paling sering muncul adalah resolusi di tahun ini. Bisa jadi berisi impian-impian baru yang ingin dicapai atau juga cita-cita lama yang masih hadir hingga tahun ini. Tahun baru adalah awal yang baru, meski sebenarnya kita tidak harus menunggu momen tahun baru untuk bisa memulai hal yang ingin kita lakukan, meski tidak ada salahnya memanfaatkan momen ini sebagai motivasi tambahan untuk mulai menjalani hal yang sebelumnya kita tunda. 

Tahun baru adalah awal yang baru, meski sebenarnya kita tidak harus menunggu momen tahun baru untuk bisa memulai hal yang ingin kita lakukan, meski tidak ada salahnya memanfaatkan momen ini sebagai motivasi tambahan untuk mulai menjalani hal yang sebelumnya kita tunda. 

Rasa cemas akan masa depan hingga keputusan untuk menunda hal-hal yang ingin kita mulai boleh jadi salah satu hal yang membayangi setiap langkah yang kita ambil. Sebagai manusia wajar rasanya kalau kita masih merasa cemas tentang apa yang akan terjadi di hidup kita, tapi kita juga tetap punya kendali akan setiap keputusan langkah mana yang berikutnya akan kita ambil.

Memulai sesuatu yang baru memang tidak pernah mudah. Mulai dari rutinitas, kegiatan, bahkan hubungan pertemanan baru semuanya memang selalu punya tantangannya sendiri-sendiri. Kebanyakan orang mungkin terlalu fokus dengan imajinasi hasil akhir saat memulai hal baru, ini justru menjadi alasan terbesar yang membuat kita memutuskan untuk berhenti di tengah jalan karena ternyata waktu yang ditempuh tidak selalu sesuai dengan harapan. Awali saja setiap hal baru yang ingin kita mulai dengan langkah paling sederhana yang bisa kita lakukan.

Kebanyakan orang mungkin terlalu fokus dengan imajinasi hasil akhir saat memulai hal baru, ini justru menjadi alasan terbesar yang membuat kita memutuskan untuk berhenti di tengah jalan karena ternyata waktu yang ditempuh tidak selalu sesuai dengan harapan. Awali saja setiap hal baru yang ingin kita mulai dengan langkah paling sederhana yang bisa kita lakukan.

Kalau mau hidup lebih sehat misalnya, mulai dengan bertahap karena ada banyak aspek yang perlu kita penuhi. Mulai dari pola makan, olahraga, hingga waktu istirahat yang cukup. Kalau kita langsung memaksakan diri untuk memulai semua hal dalam satu waktu mungkin akan terasa terlalu membebani, maka mulai saja dengan hal paling penting yang bisa kita jalani terlebih dahulu.

Jangan sampai ambisi kita untuk bisa belajar memperbaiki diri justru membuat kita tidak menikmati setiap proses yang kita jalani. Ada banyak hal menarik dan pembelajaran penting yang justru kita dapatkan di sepanjang proses kita menuju lebih baik. Jalannya mungkin tidak semulus yang kita kira tetapi setiap rintangan yang kita hadapi juga memperkaya kemampuan kita untuk bisa beradaptasi dan terus bertumbuh.

Jangan sampai ambisi kita untuk bisa belajar memperbaiki diri justru membuat kita tidak menikmati setiap proses yang kita jalani. Ada banyak hal menarik dan pembelajaran penting yang justru kita dapatkan di sepanjang proses kita menuju lebih baik.

Di sela-sela segala resolusi yang kita buat di tahun ini, mungkin kita bisa selipkan satu hal lagi yaitu mulai untuk benar-benar menikmati setiap kesempatan yang diberikan pada kita dalam hidup. Terkadang mungkin dunia sudah memberikan kesempatan dengan jalan yang tidak terduga, dengan menyadari penuh apa yang sedang kita jalani, semoga di tahun ini kita bisa memaksimalkan setiap kesempatan yang hadir untuk mendekatkan diri kita dengan tujuan yang ingin kita capai.

Hidup memang selalu penuh kejutan, terkadang mengecewakan tapi juga tak jarang juga membahagiakan. Di awal tahun ini semoga ada banyak cara bagi kita untuk bisa mensyukuri setiap kebahagiaan sederhana yang mungkin sempat terlupakan. Bagi siapapun yang ingin memulai hal baru, semoga kita bisa menikmati proses dan perjalanan yang akan kita hadapi di hari-hari mendatang.

Hidup memang selalu penuh kejutan, terkadang mengecewakan tapi juga tak jarang juga membahagiakan. Di awal tahun ini semoga ada banyak cara bagi kita untuk bisa mensyukuri setiap kebahagiaan sederhana yang mungkin sempat terlupakan.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024