Self Work & Money

How To: Menjadi Dirimu Yang Baru

Menjadi dirimu yang baru sebenarnya bukanlah proses mengubah jati diri atau membuat karakter persona yang baru. Sebaliknya, yang tepat adalah justru proses menjadi diri kita yang sebenarnya atau yang otentik. Inilah yang membedakan antara pencitraan dan conscious personal branding.

Sadar atau tidak hidup kita ternyata lebih banyak untuk memenuhi ekspektasi orang lain atau ekspektasi diri sendiri yang cenderung membandingkannya dengan orang lain. Atau dalam banyak situasi, hidup kita sangat dipengaruhi oleh batas-batas pemikiran orang tua, guru, komunitas, agama, lingkungan social, ekonomi dan politik.  Dalam menjalani ini, lama kelamaan justru akan menjadi tekanan terhadap kebebasan diri kita dalam berekspresi.

Menjadi Diri Sendiri

Kedengaran mudah, tapi super sulit dan perlu waktu untuk memprosesnya.  Mulai dengan menjawab pertanyaan WHO AM I ? Mencari jawabannya bukan mengacu kepada persepsi publik, tetapi dari dalam diri sendiri. Personal brand dibangun bukanlah dari jabatan, merek tas, mobil atau harta yang dimiliki, tetapi lebih pada nilai dan karakter dasar diri kita. Setiap individu pun memiliki pilihan cara untuk sedalam apakah menemukan jawabannya. 

Menemukan Tujuan Hidup

Tujuan atau misi hidup adalah tujuan akhir dalam membangun brand itu sendiri.  Tujuan hidup adalah perubahan positif yang dapat kita lakukan bagi orang lain, masyarakat dan planet tempat kita hidup di dunia ini.  Kedengarannya sebuah konsep yang besar, tetapi bisa dimulai dengan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari.

Memosisikan Personal Brand

Menempatkan personal brand secara unik di market space sehingga tidak perlu berkompetisi dengan brand-brand yang lainnya. Langkah berikutnya adalah menentukan segmen atau audience yang spesifik dan memiliki sustainable interest terhadap personal brand kita bangun, produk, layanan serta nilai-nilai otentik yang kita tawarkan.

Mengintegrasikan Platform Yang Tepat

Membangun platform yang efektif untuk berkomunikasi dengan audience yang relevan dengan tujuan yang akan diraih.  Platform yang digunakan dapat dibangun sendiri – website, social media, podcast, youtube, campaign, movement – atau menggunakan platform milik orang atau organisasi lain yang lebih berpengaruh.

Just Do It And Start Now

Langkah pertama dan kedua kedengarannya sebuah proses yang rumit.  Ubah persepsi tersebut, lakukan segera hari ini dimulai dengan konsep yang sederhana saja dan biarkan proses itu mengalir dalam hidup.  Personal brand yang solid memerlukan waktu panjang untuk dibangun dan dikomunikasikan dan diperlukan konsistensi dan disiplin setiap hari.

Your true-self is the essence of your brand

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024