Menjadi dirimu yang baru sebenarnya bukanlah proses mengubah jati diri atau membuat karakter persona yang baru. Sebaliknya, yang tepat adalah justru proses menjadi diri kita yang sebenarnya atau yang otentik. Inilah yang membedakan antara pencitraan dan conscious personal branding.
Sadar atau tidak hidup kita ternyata lebih banyak untuk memenuhi ekspektasi orang lain atau ekspektasi diri sendiri yang cenderung membandingkannya dengan orang lain. Atau dalam banyak situasi, hidup kita sangat dipengaruhi oleh batas-batas pemikiran orang tua, guru, komunitas, agama, lingkungan social, ekonomi dan politik. Dalam menjalani ini, lama kelamaan justru akan menjadi tekanan terhadap kebebasan diri kita dalam berekspresi.
Menjadi Diri Sendiri
Kedengaran mudah, tapi super sulit dan perlu waktu untuk memprosesnya. Mulai dengan menjawab pertanyaan WHO AM I ? Mencari jawabannya bukan mengacu kepada persepsi publik, tetapi dari dalam diri sendiri. Personal brand dibangun bukanlah dari jabatan, merek tas, mobil atau harta yang dimiliki, tetapi lebih pada nilai dan karakter dasar diri kita. Setiap individu pun memiliki pilihan cara untuk sedalam apakah menemukan jawabannya.
Menemukan Tujuan Hidup
Tujuan atau misi hidup adalah tujuan akhir dalam membangun brand itu sendiri. Tujuan hidup adalah perubahan positif yang dapat kita lakukan bagi orang lain, masyarakat dan planet tempat kita hidup di dunia ini. Kedengarannya sebuah konsep yang besar, tetapi bisa dimulai dengan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari.
Memosisikan Personal Brand
Menempatkan personal brand secara unik di market space sehingga tidak perlu berkompetisi dengan brand-brand yang lainnya. Langkah berikutnya adalah menentukan segmen atau audience yang spesifik dan memiliki sustainable interest terhadap personal brand kita bangun, produk, layanan serta nilai-nilai otentik yang kita tawarkan.
Mengintegrasikan Platform Yang Tepat
Membangun platform yang efektif untuk berkomunikasi dengan audience yang relevan dengan tujuan yang akan diraih. Platform yang digunakan dapat dibangun sendiri – website, social media, podcast, youtube, campaign, movement – atau menggunakan platform milik orang atau organisasi lain yang lebih berpengaruh.
Just Do It And Start Now
Langkah pertama dan kedua kedengarannya sebuah proses yang rumit. Ubah persepsi tersebut, lakukan segera hari ini dimulai dengan konsep yang sederhana saja dan biarkan proses itu mengalir dalam hidup. Personal brand yang solid memerlukan waktu panjang untuk dibangun dan dikomunikasikan dan diperlukan konsistensi dan disiplin setiap hari.
Your true-self is the essence of your brand