Self Food For Thought

Food For Thoughts: Redam Cemas Di Masa Krisis

Saat ini dunia tengah dilanda pandemik COVID-19 secara tiba-tiba. Virus ini belum banyak diketahui informasinya – termasuk bagaimana cara menyembuhkannya – karena tergolong jenis baru yang belum dipelajari oleh ilmuwan. Berbagai negara – termasuk Indonesia – pun mengimbau masyarakatnya untuk tidak bersosialisasi dan berdiam diri saja di rumah untuk memperlambat penyebaran virus ini.

Hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa bergerak dan berinteraksi dengan sesama manusia. Dengan ‘karantina diri’ di dalam rumah saat ini kita pun menjadi tidak seperti seharusnya. Banyak yang bisa menerima keadaan, namun tidak sedikit pula yang masih belum terbiasa dengan perubahan ini. Alhasil mereka dilanda rasa stres dan cemas yang mungkin bisa berkepanjangan – mengingat imbauan untuk berdiam diri ini masih terus digalakkan hingga setidaknya beberapa minggu ke depan.

Beruntung masih banyak platform atau inisiatif yang berbaik hati mencoba menolong kita semua yang tengah dilanda kecemasan di masa tak menentu seperti saat ini. Setidaknya ada tiga rekomendasi dari GREATMIND yang bisa kita gunakan untuk menenangkan diri di rumah.

Yang pertama adalah aplikasi Calm. Aplikasi untuk meditasi ini memberikan resources gratis yang mereka namakan Take A Deep Breath berupa panduan untuk menenangkan diri melalui rekaman audio yang dapat diakses tanpa perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Dalam resources tersebut, Calm melakukan kurasi konten yang tidak hanya berisikan panduan meditasi, namun juga ada cerita pengantar tidur dengan suara yang menenangkan bagi anak-anak, panduan olahraga ringan, hingga jurnal yang dapat dicetak sendiri di rumah.

Selain Calm, aplikasi meditasi lainnya bernama Headspace juga memberikan program gratis dalam aplikasinya yang diberi titel Weathering The Storm. Dalam program yang dapat diakses melalui aplikasinya, Headspace memberi beberapa sesi meditasi untuk tetap fokus, menghilangkan panik, kelelahan, dan menghadapi perubahan.

Bagi yang lebih memilih program meditasi berbahasa Indonesia, The Golden Space Indonesia akan mengadakan sesi meditasi online berjudul Overcoming Anxiety pada Hari Senin 23 Maret 2020 mendatang. Akan ada dua sesi yakni pada pukul 8 pagi dengan Bahasa Indonesia dan sesi kedua pada pukul 7 malam dengan panduan berbahasa Inggris. Untuk bergabung dengan program ini, bisa mendaftarkan diri ke nomor 081293383162.

Semoga beberapa rekomendasi GREATMIND kali ini dapat menenangkan diri kita yang tengah dilanda kecemasan dalam suasana serba tidak menentu seperti saat ini. Tetap tenang dan mari berdoa bersama agar cobaan ini lekas berlalu.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024