Self Food For Thought

Food For Thoughts: Redam Cemas Di Masa Krisis

Saat ini dunia tengah dilanda pandemik COVID-19 secara tiba-tiba. Virus ini belum banyak diketahui informasinya – termasuk bagaimana cara menyembuhkannya – karena tergolong jenis baru yang belum dipelajari oleh ilmuwan. Berbagai negara – termasuk Indonesia – pun mengimbau masyarakatnya untuk tidak bersosialisasi dan berdiam diri saja di rumah untuk memperlambat penyebaran virus ini.

Hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa bergerak dan berinteraksi dengan sesama manusia. Dengan ‘karantina diri’ di dalam rumah saat ini kita pun menjadi tidak seperti seharusnya. Banyak yang bisa menerima keadaan, namun tidak sedikit pula yang masih belum terbiasa dengan perubahan ini. Alhasil mereka dilanda rasa stres dan cemas yang mungkin bisa berkepanjangan – mengingat imbauan untuk berdiam diri ini masih terus digalakkan hingga setidaknya beberapa minggu ke depan.

Beruntung masih banyak platform atau inisiatif yang berbaik hati mencoba menolong kita semua yang tengah dilanda kecemasan di masa tak menentu seperti saat ini. Setidaknya ada tiga rekomendasi dari GREATMIND yang bisa kita gunakan untuk menenangkan diri di rumah.

Yang pertama adalah aplikasi Calm. Aplikasi untuk meditasi ini memberikan resources gratis yang mereka namakan Take A Deep Breath berupa panduan untuk menenangkan diri melalui rekaman audio yang dapat diakses tanpa perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Dalam resources tersebut, Calm melakukan kurasi konten yang tidak hanya berisikan panduan meditasi, namun juga ada cerita pengantar tidur dengan suara yang menenangkan bagi anak-anak, panduan olahraga ringan, hingga jurnal yang dapat dicetak sendiri di rumah.

Selain Calm, aplikasi meditasi lainnya bernama Headspace juga memberikan program gratis dalam aplikasinya yang diberi titel Weathering The Storm. Dalam program yang dapat diakses melalui aplikasinya, Headspace memberi beberapa sesi meditasi untuk tetap fokus, menghilangkan panik, kelelahan, dan menghadapi perubahan.

Bagi yang lebih memilih program meditasi berbahasa Indonesia, The Golden Space Indonesia akan mengadakan sesi meditasi online berjudul Overcoming Anxiety pada Hari Senin 23 Maret 2020 mendatang. Akan ada dua sesi yakni pada pukul 8 pagi dengan Bahasa Indonesia dan sesi kedua pada pukul 7 malam dengan panduan berbahasa Inggris. Untuk bergabung dengan program ini, bisa mendaftarkan diri ke nomor 081293383162.

Semoga beberapa rekomendasi GREATMIND kali ini dapat menenangkan diri kita yang tengah dilanda kecemasan dalam suasana serba tidak menentu seperti saat ini. Tetap tenang dan mari berdoa bersama agar cobaan ini lekas berlalu.

Related Articles

Card image
Self
Ekspresi Diri dan Gaya Hidup

Saya juga setuju dengan ungkapan bahwa fashion adalah cara mengekspresikan diri. Kalau saya bertemu dengan orang, kita bisa melihat karakternya dari apa yang ia kenakan. Baju adalah salah satu medium kita bisa melihat dan “menilai” orang. Jadi bisa dikatakan bahwa baju yang kita kenakan sebenarnya bisa menjadi ungkapan bahwa kita ini adalah bagian dari komunitas tertentu. Mungkin komunitas skateboard, band, atau komunitas-komunitas lainnya. Urban Sneaker Society juga berusaha menggabungkan banyak komunitas agar bisa bertemu satu-sama lain.

By Jeffry Jouw
04 December 2021
Card image
Self
Berjalan Untuk Berubah

Masing-masing manusia punya perjalanan yang berbeda-beda. Katanya, dalam perjalanan itu yang paling penting bukan destinasinya, melainkan proses dan cerita yang terjadi sepanjang perjalanan. Katanya juga, cerita dalam perjalanan lah yang menjadikan siapa kita sekarang ini. Tapi yang pasti, melalui perjalanan kita berubah dan bertumbuh.

By Greatmind x Festival Film 100% Manusia
04 December 2021
Card image
Self
Memaknai Perempuan Berdaya

Banyak pembahasan mengenai cara menyeimbangkan peran sebagai ibu yang juga pekerja, tapi kita terkadang lupa bahwa kita juga adalah individu yang punya identitas sendiri. Saya bukan hanya ibu dari si A, istri dari si B, atau karyawan kantor C. Saya juga adalah seorang individu yang memiliki minat dan keinginan tersendiri. Terkadang saya tetap butuh meluangkan waktu untuk diri sendiri, mungkin dengan olahraga, baking, menonton drama Korea, atau hobi-hobi lainnya.

By Ellyana Mayasari
27 November 2021