Self Art & Culture

Eksplorasi Diri dan Kreativitas

Cara kita berpakaian pada dasarnya bisa menjadi cara paling mudah untuk bisa mengenalkan diri kita kepada orang baru. Selain tentunya sebagai bentuk jati diri, pakaian juga bisa menjadi cara kita menunjukan kreativitas yang kita miliki. Bahkan baju yang sama sekalipun bisa terlihat berbeda jika dipandankan dengan gaya yang berbeda pula, sesuai dengan kepribadian penggunanya. 

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menemukan gaya yang tepat untuk kita gunakan sehari-hari. Pertama, eksplorasi banyak gaya berpakaian. Kamu bisa mencoba banyak gaya terlebih dahulu, tidak perlu takut terlihat aneh, karena memang kita sedang dalam masa eksperimen untuk menemukan cara berpakaian yang nyaman dan cocok untuk kita. 

Kedua, coba bebaskan dirimu berekspresi. Terkadang dalam menggunakan pakaian tak jarang kita terpaku pada satu padanan gaya saja. Padahal ada banyak sekali cara padu padan yang bisa kita lakukan dalam menggunakan satu baju yang sama. 

Terakhir, tidak perlu was-was harus selalu mengikuti trend. Tren di industri fashion memang bisa terjadi dengan sangat cepat, tapi sebenarnya kita tidak perlu mengikuti semua trend yang ada. Kita punya kebebasan penuh akan diri kita mengenai tren yang mau kita ikuti dan juga tidak.

Nah, kalau kamu merasa sedang mengeksplorasi lebih banyak gaya berpakaian untuk menemukan ciri khas dirimu sendiri. Mungkin kamu juga bisa datang ke event-event festival yang memang diperuntukan untuk brand-brand fashion. Salah satu yang sudah berlangsung adalah USS Downtown Market Surabaya yang telah terlaksana pada 7-9 Oktober kemarin.

Setelah sukses menyelenggarakan acara di Kota Medan pada bulan Juli lalu, akhirnya USS juga menyelenggarakan event serupa di Kota Surabaya. Tidak hanya mengangkat kembali brand lokal di industri fashion, USS Downtown Market hadir untuk memberikan pengalaman belanja fashion dari brand yang sudah terakurasi. Mulai dari sneakers market, streetwear area, influencer market, hingga thrift & vintage area. 

Cara kita berpakaian memang bisa menjadi perkenalan pertama kita dengan orang-orang baru di sekeliling kita. Meski begitu, jangan lupa bahwa tidak semua nilai diri kita terlihat dari luar ada banyak hal berharga yang juga kita miliki dalam diri kita termasuk pola pikir dan juga cara kita bersikap.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024