Self Lifehacks

Bijak Dalam Era Serba Instan

Kalau kamu adalah salah satu penggemar serial barat mungkin kamu pernah mendengar Black Mirror. Sebuah serial yang menceritakan sekumpulan kisah dalam tema teknologi super canggih. Pro dan kontra disajikan begitu indah dalam sinematografi yang juga memanjakan mata. Tapi selagi menyaksikan salah satu episode mungkin beberapa dari kita akan mempertanyakan apakah teknologi ini benar sudah ada atau akan ada ya? Lalu apa benar apa yang terjadi dalam kisah tersebut akan terjadi dalam hidup kita?

Terlepas sudah ada atau akan ada atau tidaknya berbagai perangkat elektronik super canggih tersebut, kita sekarang ini sebenarnya sudah bisa merasakan pro-kontra dari kecanggihan teknologi yang ada. Hidup dalam era digital yang semuanya serba instan memberikan banyak manfaat untuk kegiatan sehari-hari. Kita tidak lagi perlu mengetik panjang lebar di keyboard untuk menyampaikan pesan. Sekarang kita bisa menggunakan suara untuk mengetikkannya di smartphone. Tidak lagi perlu datang ke perpustakaan mencari referensi pelajaran cukup tanya mesin pencarian lalu ratusan hingga ribuan jawaban langsung muncul di layar komputer. Belum lagi dengan kemudahan berbelanja, bersosial sampai berkarya yang ditawarkan oleh dunia digital. Beragam industri, fashion, travel, sampai pendidikan ramai-ramai memanfaatkan dunia digital untuk memudahkan kita mengakses setiap ruang yang kita butuhkan. Mau beli baju tidak lagi perlu beli bensin untuk berkendara ke mal. Mau kursus tidak perlu beranjak dari tempat tidur. 

Hidup dalam era digital yang semuanya serba instan memberikan banyak manfaat untuk kegiatan sehari-hari.

Namun dari segala manfaat yang ada apakah segala yang instan ini bisa memengaruhi kemampuan otak kita bekerja ya? Menurut Betsy Sparrow seorang akademia dari Amerika yang meneliti tentang memori dan teknologi menemukan bahwa kemampuan otak kita ketika mengakses informasi secara online membuat kita sulit menyimpan informasi yang didapat dalam jangka waktu lama. Kebiasaan kita mengakses informasi secara instan membuat kita tergantung pada mesin pencari. Sehingga informasi yang tertinggal di otak hanyalah yang ada di permukaan saja. Bukan informasi yang mendalam dan kompleks. Selain itu sebuah korporasi teknologi Microsoft Corp juga menemukan bahwa dunia digital perlahan membuat kita mudah kehilangan konsentrasi setelah delapan detik. Ini pun disebabkan oleh gaya hidup digital yang sudah diolah oleh otak. Sehingga otak seperti ingin terus mencari sumber informasi baru ketimbang berada dalam satu halaman, membaca dan menyerapnya baik-baik. Mereka yang berada terlalu lama di dunia digital dapat lebih mudah terdistraksi dan memiliki indikasi untuk terus berupaya multitasking.

Mereka yang berada terlalu lama di dunia digital dapat lebih mudah terdistraksi dan memiliki indikasi untuk terus berupaya multitasking.

Di tahun 2007 ada seorang ahli saraf yang menguji 3.000 orang dalam kaitannya tentang memori dan teknologi. Dari orang-orang tersebut, mereka yang berusia muda ditemukan sulit mengingat informasi pribadi sesederhana mengingat ulang tahun salah satu anggota keluarga atau nomor telepon. Bahkan ada beberapa orang yang ditemukan sulit menavigasi arah tanpa bantuan GPS. Kebiasaan yang serba instan ternyata juga diperkirakan dapat memengaruhi kondisi emosi kita. Seorang peneliti User Experience, Merje Shaw menemukan bahwa semakin sering mesin membantu kita menentukan pilihan atau melakukan sesuatu semakin sulit kita membuat keputusan yang kompleks. Sebab dalam perspektif neurobiologis secara alamiah kita manusia akan bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik jika lebih sering melakukannya. Jadi semakin sering kita menentukan sesuatu dari pilihan yang kompleks semakin kita mudah melewati masalah yang kompleks juga. Tapi kalau kita membiarkan semuanya dilakukan oleh ragam komponen yang memiliki Artificial Intelligence lambat laun kita jadi sulit mengolah sesuatu yang kompleks dalam diri. Sebab secara tidak sadar kita menggantungkan diri pada teknologi.

Sebab dalam perspektif neurobiologis secara alamiah kita manusia akan bisa melakukan sesuatu dengan lebih baik jika lebih sering melakukannya. Jadi semakin sering kita menentukan sesuatu dari pilihan yang kompleks semakin kita mudah melewati masalah yang kompleks juga.

Peran media sosial juga ternyata berpengaruh pada cara kita mengolah emosi. Berbagai konten yang kita lihat secara tidak sadar berlomba-lomba menarik perhatian otak. Konten dengan tema dan narasi yang berbeda-beda tersebut memunculkan beragam emosi yang berlainan pula. Secara tidak sadar ragam emosi yang timbul ini seakan meminta otak kita untuk bereaksi secara instan karena kita sedang diajak berpikir cepat saat scrolling dan skimming puluhan atau bahkan ratusan postingan di sana. Sehingga terkadang reaksi yang kita keluarkan tidak relevan atau bahkan kurang etis. Untuk membuat sebuah keputusan yang baik memang diperlukan jeda dalam otak sebab di kepala kita kecepatan tidak selalu menjadi segalanya. Terkadang yang dibutuhkan otak kita adalah pengaturan waktu. Untuk dapat memperkuat kinerja otak ternyata bukanlah soal seberapa cepat kita membaca beberapa artikel sekaligus di beberapa tab komputer. Tapi tentang seberapa kita bisa mengatur waktu dalam satu halaman informasi sehingga bisa memberikan waktu pada otak untuk menelan segala informasi tersebut. 

Secara tidak sadar ragam emosi yang timbul ini seakan meminta otak kita untuk bereaksi secara instan karena kita sedang diajak berpikir cepat saat scrolling dan skimming puluhan atau bahkan ratusan postingan di sana. Sehingga terkadang reaksi yang kita keluarkan tidak relevan atau bahkan kurang etis.

Kalau kita tidak berhati-hati dalam mengolah percepatan informasi yang masuk ke dalam otak takutnya kita akan mengurangi kemampuan untuk membiarkan pikiran berproses dan menyesali reaksi atau respon instan karena hasrat proaktif tanpa mengantisipasi kondisi atau situasi yang ada. Jadilah kita bisa lebih sering bertindak dan berbicara terlebih dahulu sebelum memikirkan matang-matang tindakan tersebut. Bisa-bisa konsekuensi yang didapatkan malah membahayakan diri sendiri atau orang lain. Kuncinya bukanlah dengan menghilangkan aktivitas digital tapi mengurangi percepatan mendapatkan informasi. Sesederhana dengan tetap membaca informasi secara keseluruhan sebelum lompat ke tab berikutnya. Atau ketimbang hanya mencari jawaban di mesin pencari bisa juga dikombinasikan dengan mencarinya di buku atau koran.

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024