Self Lifehacks

Bersyukur Adalah Pilihan

Merasa cukup adalah hal yang sepertinya terkadang sulit untuk kita miliki. Mungkin karena terpaan informasi dan pembanding diri yang telalu banyak. Bisa juga karena tekanan sosial yang membuat kita merasa harus selalu meraih pencapaian baru setiap harinya.

Meski terkadang terasa seperti bukan masalah besar, tapi kecewa akan diri sendiri karena merasa tidak pernah cukup sebenarnya bisa memberikan beban pikiran yang menguras energi kita. 

Lalu, apakah kamu pernah mencari tau bagaimana cara untuk bisa merasa puas terhadap hidup yang kita jalani?

Mungkin jawaban umum yang biasanya kita dengar adalah dengan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Tentu hal ini perlu diusahakan dan tidak semudah itu untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Terlebih kalau kita sedari kecil tinggal di lingkungan yang menumbuhkan rasa kompetisi pada anak-anak yang sebaya. Kebiasaan kita membandingkan diri bisa jadi sudah tumbuh jauh sebelum kita menyadari hal tersebut. Mungkin dari membandingkan ranking saat terima rapot, peringkat saat bermain game bersama, hingga posisi di tempat kerja saat sudah dewasa.

Untuk bisa mulai berhenti membandingkan diri dengan orang lain, langkah awal yang bisa kita ambil adalah dengan memahami betul diri kita sendiri. Tahap pertama yang bisa dicoba adalah dengan memahami reaksi kita saat merasa kalah dibanding orang lain. Biasanya emosi tersebut dipicu oleh rasa ingin melindungi hal-hal penting dalam diri kita, seperti pencapaian, nilai diri, rasa hormat, atau perasaan bahwa kehadiran kita diperlukan oleh orang lain.

Setelah memahami alasan mengapa kita beraksi terhadap pemicu tersebut, kemudian pikirkan kembali apakah ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah hal tersebut? Misalnya kita merasa kecewa karena nilai kita yang tidak sebaik anak-anak lain di sekolah, kita bisa berupaya terlebih dahulu untuk belajar lebih giat. Setelahnya jika memang ternyata kita lebih mampu berkembang di bidang lain, maka kita bisa belajar untuk mengikhlaskannya karena kita tau kita sudah mencoba yang terbaik.

Cara lain yang bisa kita lakukan untuk merasa cukup dan bahagia akan hidup yang kita miliki sekarang adalah dengan terus mengingat nilai utama yang kita pegang. Coba untuk mengeksplorasi banyak hal dalam hidup lalu temukan satu atau beberapa hal penting yang bisa mendorong kita untuk tetap berjalan. Kalau sudah, maka kita hanya perlu berjalan menyusuri jalur yang telah kita pilih.

Coba untuk mengeksplorasi banyak hal dalam hidup lalu temukan satu atau beberapa hal penting yang bisa mendorong kita untuk tetap berjalan. Kalau sudah, maka kita hanya perlu berjalan menyusuri jalur yang telah kita pilih.

Pada akhirnya rasa syukur adalah hasil dari sebuah keputusan yang kita ambil. Kita bisa memutuskan bahwa kita cukup bahagia dengan apa yang kita miliki hari ini. Akan selalu ada tantangan atau kesulitan baru yang kita hadapi keesokan harinya. Tapi fakta bahwa kita masih bisa berjalan hingga sejauh ini harusnya sudah cukup untuk membuat kita merasa bahagia dengan hal-hal yang sederhana. Ada banyak hal yang terjadi secara serempak di dunia, baik yang menyenangkan atau justru sebaliknya, tapi kita memiliki kendali akan sudut pandang mana yang bisa kita ambil untuk melihat dunia tempat kita berjalan dan hidup sejauh ini.

Akan selalu ada tantangan atau kesulitan baru yang kita hadapi keesokan harinya. Tapi fakta bahwa kita masih bisa berjalan hingga sejauh ini harusnya sudah cukup untuk membuat kita merasa bahagia dengan hal-hal yang sederhana.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024