Self Planet & People

Berbagi Di Bulan Penuh Berkah

Setiap tahunnya, ada satu bulan yang pasti selalu dirindukan oleh setiap umat Muslim di seluruh belahan dunia: bulan Ramadhan. Bulan yang mewajibkan kita sebagai umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa yang merupakan rukun Islam ketiga yang diwajibkan kepada umat muslim untuk menjalankannya. Ramadhan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter bagi seorang Muslim karena ia menjadi semacam ‘pesantren’ bagi umat Islam untuk mendidik pribadi mereka sesuai ajaran agama.

Bulan yang di Indonesia kerap disebut sebagai “bulan puasa” ini memang mengharuskan setiap Muslim untuk berpuasa – tidak makan dan minum dari waktu Subuh hingga adzan Maghrib. Namun sesungguhnya sebagai pembentuk karakter Muslim, bulan Ramadhan lebih dari sekadar mengajarkan puasa menahan lapar dan dahaga. Namun juga merupakan saat dimana setiap muslim melatih diri untuk menahan segala hawa nafsu mereka dalam setiap tindakan dan perbuatan yang bisa merugikan yang bersifat duniawi yang sering melekat pada diri kita sebagai manusia.

Sebagai bulan suci bagi umat Muslim, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Inilah saat yang tepat untuk terus meningkatkan amal dan perbuatan dalam hal kebaikan dengan mengharapkan pahala dan ridho-Nya karena dibulan Ramadan ini setiap amal dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan  Rasul akan digandakan nilai pahalanya. Oleh karenanya, tak heran jika setiap muslim akan semakin meningkatkan amal ibadah mereka – baik yang wajib maupun yang sunnah.

Inilah masa di mana semua Muslim dilatih untuk dapat menjaga seluruh hawa nafsunya.

Berbicara mengenai ibadah, dalam Islam definisi mengenai ibadah tidak terbatas pada urusan hubungan manusia dengan sang pencipta saja atau yang dikenal sebagai hablumminallah. Setiap ibadah yang diperintahkan oleh Allah bertujuan untuk meningkatkan hubungan vertikal dan horizontal secara berkesinambungan. Untuk itu ada pula hablumminannas yakni ibadah dalam bentuk kepedulian terhadap sesama manusia dalam menjaga hubungan kita sebagai makhluk sosial dan makhluk yang saling membutuhkan antara satu sama lainnya. Bentuk ibadah ini tidak boleh pula dilupakan begitu saja dan harus terus ditingkatkan selama bulan Ramadhan.

Ada beberapa hal cara bagi kita untuk meningkatkan ibadah habluminannas dalam memberikan manfaat bagi orang lain. Di antaranya adalah dengan membagikan makanan untuk berbuka atau sahur bagi mereka yang membutuhkan, dan menyisihkan sebagian harta untuk zakat, infaq, dan sedekah.

Ibadah dalam bentuk kepedulian terhadap sesama manusia tidak boleh pula dilupakan begitu saja dan harus ditingkatkan selama bulan Ramadhan.

Jika sebelumnya kita harus turun langsung dalam menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah kepada orang yang membutuhkannya disekitar kita, kini PermataBank Syariah Melalui Unit Pelayanan Zakat yang dimiliki, menyalurkan dan memberian donasi kepada para muslim yang membutuhkan menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan begitu, kita dapat menjalani ibadah lainnya menjadi lebih khusyu dan tenang dalam menjalaninya.

Sudah saatnya percayakan #PilihanHati untuk semua kebutuhan perbankan syariah Anda dengan produk-produk yang dimiliki oleh PermataBank Syariah.

 

Related Articles

Card image
Self
Mimpi Nan Mulia

Sejalan dengan waktu, mimpi yang kita punya akan berubah mengikuti perkembangan hidup dan prioritasnya. Kita kerap memimpikan sesuatu yang besar tanpa memahami apakah mimpi itu benar penting untuk hidup kita atau tidak. Sampai-sampai melupakan bahwa memimpikan sesuatu yang sederhana bisa membawa dampak yang lebih.

By Mikha Angelo
05 December 2020
Card image
Self
Kekayaan Sejati

Menjadi kaya adalah sebuah ujian untuk hidup kita. Terdengar klise kalau saya bilang kita harus bisa menggunakan kekayaan secara benar. Tapi begitulah adanya. Kita harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan uang yang dimiliki.

By Baim Wong
05 December 2020
Card image
Self
Terus Berkembang di Masa Menantang

Secara kasat mata, tahun 2020 rasanya seperti “rumah hantu” versi nyata. Hanya saja rumah hantu ini tidak ada jalan keluarnya. Segala hal-hal menakutkan yang tidak pernah kita pikirkan, atau kita hindari untuk pikirkan terjadi di tahun ini.  Tahun 2020 bagi saya seperti terjebak di situasi yang stagnan tanpa tahu kapan akan selesai tapi di satu sisi lain saya merasa inner self saya “bergerak” maju.

By Stephany Josephine
28 November 2020