Self Lifehacks

Berani Mencoba Lagi

Pernahkan kamu mempertanyakan apa yang harus kamu lakukan saat dirimu merasa mengambil keputusan yang salah atau saat kamu tidak puas dengan hasil kerjamu sendiri?

Tenang, kamu tidak sendirian. Setiap orang pasti pernah ragu, tentu mungkin skalanya akan selalu berbeda-beda. Tapi keraguan juga tidak selalu buruk, terkadang dengan sedikit keraguan kita menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang akan kita katakan atau keputusan apa yang kita ambil. Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak pernah puas, melainkan berusaha untuk tetap memberikan sedikit ruang untuk mengembangkan diri menjadi sedikit lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Keraguan juga tidak selalu buruk, terkadang dengan sedikit keraguan kita menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang akan kita katakan atau keputusan apa yang kita ambil. Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak pernah puas, melainkan berusaha untuk tetap memberikan sedikit ruang untuk mengembangkan diri menjadi sedikit lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Pertama-tama, terima kasih sudah memutuskan untuk membaca tulisan ini, pada dasarnya ini juga adalah salah satu keputusan yang kamu ambil di hari ini. Banyak sekali keputusan yang harus kita buat setiap harinya, mulai dari mau bangun di bunyi alarm ke berapa, mau sarapan atau langsung berangkat kerja, mau pakai baju apa, hingga keputusan yang lebih rumit seperti ingin sekolah dimana. 

Tidak semua keputusan yang kita ambil akan tepat dan bijak, karena hidup memang selalu tentang beradaptasi dengan keadaan dan belajar untuk menghadapinya dengan lebih baik. Beberapa orang mungkin hanya perlu mencoba satu atau dua kali, tapi kalaupun ternyata kita harus mencoba lebih banyak dari orang lain, itu bukan sebuah hal yang memalukan.

Tidak semua keputusan yang kita ambil akan tepat dan bijak, karena hidup memang selalu tentang beradaptasi dengan keadaan dan belajar untuk menghadapinya dengan lebih baik.

Kita tentu selalu bisa belajar menjadi manusia yang lebih baik. Kita bisa belajar bagaimana cara agar lebih tenang saat mengambil keputusan atau mengerjakan sesuatu, tapi apa yang terjadi setelahnya tidak ada yang pasti. Saat kamu membaca tulisan ini atau mungkin artikel serta video lain di Greatmind merupakan salah satu bentuk usahamu agar bisa lebih tenang atau belajar menjadi pribadi yang lebih baik dari pengalaman orang lain. Banyak orang berkata bahwa kita bisa belajar dari pengalaman orang lain, mungkin benar, tapi kita semua berjalan di jalur yang berbeda. 

Kalau kamu mencari jawaban akan kegelisahan yang kamu rasakan dari orang lain, sepertinya hal itu akan sulit terwujud. Karena memang tidak akan ada yang sepenuhnya merasakan apa yang kamu lalui, kamu memiliki buku perjalananmu sendiri yang bisa hanya bisa ditelusuri oleh dirimu sendiri. Kalaupun memang hasil dari keputusan yang kamu ambil tidak seperti apa yang kamu bayangkan, tidak masalah, kamu bisa mencoba untuk mengambil waktu sejenak dan mencoba memahami apa yang sedang kamu alami atau rasakan.

Tulisan ini bisa saja hanya terasa seperti omong kosong kalau kamu hanya mengandalkan hal ini sebagai kunci jawaban dalam permasalahan yang kamu hadapi. Kalimat afirmasi, entah itu dari teman terdekat, buku, ataupun media tentu bertujuan untuk membantumu agar sedikit lebih tenang tapi memang tidak akan menyelesaikan apapun kalau kamu tidak melakukan apa pun.

Pada akhirnya, hanya dirimu yang tau dan bisa menyelesaikan masalah atau kegelisahanmu sendiri. Jadi mari ambil napas sejenak, dan kita coba lagi hari ini!

Related Articles

Card image
Self
On Marissa's Mind: Kuat Mental

Siapa yang tidak mau punya mental kuat – kemampuan yang sangat penting kalau kita mau terus maju dan berkembang di tengah lika-liku kehidupan. Seseorang yang kuat mental umumnya lebih siap menghadapi berbagai tantangan dalam hidup, lebih bisa bertahan di tengah tekanan, dan lebih mampu menangani masalah secara efektif dan efisien.

By Marissa Anita
13 August 2022
Card image
Self
Ragam Pengalaman Bagi Generasi Muda

Masa muda adalah saat dimana kita mengumpulkan segala pengalaman, entah itu baik ataupun kurang menyenangkan. Pengalaman bisa kita dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan menjalaninya sendiri ataupun lewat cerita dari orang lain yang pernah mengalami hal tersebut.

By Greatmind x Young On Top
13 August 2022
Card image
Self
Mengenali Manusia dan Lingkungan

Unsur utama yang diperlukan oleh sebuah film adalah cerita. Menurut saya, cara terbaik untuk menemukan ide cerita adalah dengan mengenali manusia. Untuk bisa menjadi pencerita yang baik, bisa kita mulai dengan mengenali orang-orang dan lingkungan yang ada di sekitar kita.

By Fajar Nugros
13 August 2022