Self Lifehacks

Berani Mencoba Lagi

Pernahkan kamu mempertanyakan apa yang harus kamu lakukan saat dirimu merasa mengambil keputusan yang salah atau saat kamu tidak puas dengan hasil kerjamu sendiri?

Tenang, kamu tidak sendirian. Setiap orang pasti pernah ragu, tentu mungkin skalanya akan selalu berbeda-beda. Tapi keraguan juga tidak selalu buruk, terkadang dengan sedikit keraguan kita menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang akan kita katakan atau keputusan apa yang kita ambil. Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak pernah puas, melainkan berusaha untuk tetap memberikan sedikit ruang untuk mengembangkan diri menjadi sedikit lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Keraguan juga tidak selalu buruk, terkadang dengan sedikit keraguan kita menjadi lebih berhati-hati terhadap apa yang akan kita katakan atau keputusan apa yang kita ambil. Bukan berarti kita menjadi orang yang tidak pernah puas, melainkan berusaha untuk tetap memberikan sedikit ruang untuk mengembangkan diri menjadi sedikit lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Pertama-tama, terima kasih sudah memutuskan untuk membaca tulisan ini, pada dasarnya ini juga adalah salah satu keputusan yang kamu ambil di hari ini. Banyak sekali keputusan yang harus kita buat setiap harinya, mulai dari mau bangun di bunyi alarm ke berapa, mau sarapan atau langsung berangkat kerja, mau pakai baju apa, hingga keputusan yang lebih rumit seperti ingin sekolah dimana. 

Tidak semua keputusan yang kita ambil akan tepat dan bijak, karena hidup memang selalu tentang beradaptasi dengan keadaan dan belajar untuk menghadapinya dengan lebih baik. Beberapa orang mungkin hanya perlu mencoba satu atau dua kali, tapi kalaupun ternyata kita harus mencoba lebih banyak dari orang lain, itu bukan sebuah hal yang memalukan.

Tidak semua keputusan yang kita ambil akan tepat dan bijak, karena hidup memang selalu tentang beradaptasi dengan keadaan dan belajar untuk menghadapinya dengan lebih baik.

Kita tentu selalu bisa belajar menjadi manusia yang lebih baik. Kita bisa belajar bagaimana cara agar lebih tenang saat mengambil keputusan atau mengerjakan sesuatu, tapi apa yang terjadi setelahnya tidak ada yang pasti. Saat kamu membaca tulisan ini atau mungkin artikel serta video lain di Greatmind merupakan salah satu bentuk usahamu agar bisa lebih tenang atau belajar menjadi pribadi yang lebih baik dari pengalaman orang lain. Banyak orang berkata bahwa kita bisa belajar dari pengalaman orang lain, mungkin benar, tapi kita semua berjalan di jalur yang berbeda. 

Kalau kamu mencari jawaban akan kegelisahan yang kamu rasakan dari orang lain, sepertinya hal itu akan sulit terwujud. Karena memang tidak akan ada yang sepenuhnya merasakan apa yang kamu lalui, kamu memiliki buku perjalananmu sendiri yang bisa hanya bisa ditelusuri oleh dirimu sendiri. Kalaupun memang hasil dari keputusan yang kamu ambil tidak seperti apa yang kamu bayangkan, tidak masalah, kamu bisa mencoba untuk mengambil waktu sejenak dan mencoba memahami apa yang sedang kamu alami atau rasakan.

Tulisan ini bisa saja hanya terasa seperti omong kosong kalau kamu hanya mengandalkan hal ini sebagai kunci jawaban dalam permasalahan yang kamu hadapi. Kalimat afirmasi, entah itu dari teman terdekat, buku, ataupun media tentu bertujuan untuk membantumu agar sedikit lebih tenang tapi memang tidak akan menyelesaikan apapun kalau kamu tidak melakukan apa pun.

Pada akhirnya, hanya dirimu yang tau dan bisa menyelesaikan masalah atau kegelisahanmu sendiri. Jadi mari ambil napas sejenak, dan kita coba lagi hari ini!

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024