Self Lifehacks

Agar Tak Jatuh Dalam Godaan

Greatmind

@greatmind.id

Redaksi

Ilustrasi Oleh: Salv Studio

Banyak sekali bahasan tentang mengapa manusia jatuh dalam godaan alias menyerah kepada dosa. Memang melakukan dosa lebih mudah dan hampir tidak ada tantangannya. Sebaliknya melakukan hal yang baik, mencari pahala, mencari hal-hal yang positif, akan membuat kita mengeluarkan usaha, pemikiran, dan aksi yang jauh lebih banyak.

Sebelum kita menyalahkan diri sendiri saat jatuh dalam godaan dosa, ada baiknya kita mengenal tahapan-tahapannya. Ada tiga tahapan yang akan dilewati saat kita akan jatuh dalam godaan, kenalilah sehingga kita tahu kapan saat yang tepat untuk berhenti.

Yang pertama adalah adanya pandangan negatif tentang diri sendiri. Ya, godaan dimulai dengan ilusi tentang diri, lebih tepatnya pandangan miring tentang diri sendiri. Tidak penting apakah memiliki nama besar atau mempunyai track record yang baik, selama kita sendiri mulai mempunyai kebencian pada diri sendiri maka kenalilah bahwa itu merupakan awal jatuh ke dalam godaan.

Yang kedua, mulai menyalahkan hal di luar diri sendiri termasuk Tuhan. Ini berbahaya saat kita melihat godaan sebagai bagian normal dari jalinan alam semesta. Seolah-olah sudah takdirnya. Padahal godaan dan takdir itu seperti air mengalir di sungai yang berbeda. Godaan harus disadari terjadi karena kita mudah dicobai oleh bujukan dan keinginan diri sendiri.

Yang ketiga adalah tantangan. Ini yang terakhir; dalam godaan akan tetap ada godaan. Kita akan tetap berkubang dan menikmati godaan atau keluar dari situ. Tentu saja kita harus sadar ada hasrat yang konsisten mengantarkan kita pada jalan penuh dosa.

Lalu bagaimana caranya keluar dari godaan yang muncul? Ada enam cara untuk keluar dari godaan.

Berdoa

Ini adalah solusi terbaik ketika godaan mengetuk pintu hati. Bahkan jika kita berdoa selama 10 menit, kita dapat dengan mudah menahan diri dari godaan. Memang, doa tidak mengubah Tuhan, tetapi mengubah diri kita sendiri.

Lakukan Hal Yang Paling Disukai

Setiap kali godaan mengetuk pintu, lakukan hal-hal yang paling kita sukai karena akan mampu mengubah fokus dari godaan tersebut. Dengan cara ini, kita dapat menyelamatkan diri dari melakukan dosa yang tidak perlu. Godaan hanya memberi kita kesenangan selama beberapa menit, jadi selalu fokus pada kebahagiaan permanen.

Mendengar Musik

Meski terdengar janggal, nyatanya musik dapat menyembuhkan semua masalah termasuk mencegah godaan karena musik merupakan cara terbaik untuk menenangkan diri. Ketika godaan datang, coba dengarkan musik favorit atau dengarkan musik yang membangkitkan semangat.

Bicaralah Dengan Teman

Saat berbicara dengan orangtua atau teman baik, maka suasana hati akan berubah biasanya ke arah positif.

Ucapkan Kata-Kata Positif

Jangan menggunakan kata-kata negatif untuk menggambarkan situasi, tetapi gunakan kata-kata positif untuk mengubah situasi. Kita menerima apa yang kita katakan melalui telinga sehingga apa pun yang diucapkan langsung masuk ke dalam diri.

Lakukan Hal Baik Dan Pergilah

Ketika godaan datang dalam pikiran, segera ubah lingkungan kita. Berjalan di luar itu akan menyegarkan suasana hati dan kita dapat memiliki kemenangan atas godaan. Lakukanlah juga perbuatan baik. Melakukan perbuatan baik tidak hanya akan membantu orang yang kita bantu tetapi juga akan menenangkan diri kita sendiri.

Related Articles

Card image
Self
On Marissa's Mind: Stoikisme, Filosofi Anti Cemas (Bagian 2)

Stoikisme adalah kerangka berpikir dalam hidup yang sangat berguna terutama ketika menghadapi situasi yang sangat menantang atau stress, kecemasan atau amarah. Stoikisme membantu kita tetap tenang sehingga mampu berpikir jernih, mengambil keputusan terbaik dan menghindari stress. 

By Marissa Anita
08 May 2021
Card image
Self
Passion Untuk Merasa Lebih Hidup

Bayangkan jika hidup ini dilalui begitu saja tanpa tahu apa motivasi menjalaninya. Hidup bisa terasa hambar jika kita tak tahu apa yang benar-benar disukai atau diinginkan, tanpa ada hal-hal yang mendorong untuk terus semangat dan maju. Kita butuh passion untuk merasa hidup. Untuk memiliki tujuan dalam menjalani keseharian sehingga kita bisa merasa terdorong untuk sampai di sana.

By Radhini
08 May 2021
Card image
Self
Memilih Dengan Tujuan

Buatku, memiliki passion amatlah penting. Passion bisa mengarahkan tujuan hidup kita. Aku sendiri bisa dibilang mengejar tujuanku dengan passion. Aku berupaya mencapai tujuan hidup dengan apa yang disenangi. Rasanya kalau tidak ada passion, aku tidak tahu akan ke mana arah hidup ini karena ia adalah salah satu hal yang memberikan kesenangan dalam melakukan sesuatu.

By Ankatama
08 May 2021