Self Lifehacks

Untuk Apa Hidup: Musim Kehidupan

Joshua Budiman

@jb0193

Pebisnis dan Penulis

Satu negara yang memiliki berbagai musim dalam satu tahun. Buku yang memiliki bab-bab tersendiri yang menyimpan pesan berbeda. Hidup juga dipenuhi dengan musim yang mendewasakan dan menjadi bagian dari cerita kehidupan kita. Ada musim dalam hidup yang mengajarkan hal-hal yang tidak terduga. Ada musim di mana kita belajar memahami berbagai jenis perasaan dalam diri. Ada musim yang memberikan pengalaman mencintai seseorang, merindukan seseorang, hingga kecewa terhadap seseorang.

Ada musim dalam hidup yang sepertinya sulit untuk memetik pelajaran dari kejadian yang menyakitkan, Tapi pada satu waktu setelah kita mulai sembuh dari kejadian itu, akhirnya kita bisa memetik pelajarannya. Ada musim yang terlalu luar biasa, yang sepertinya kita ingin menukarkan satu bulan bahkan beberapa tahun hidup, hanya untuk merasakan pengalaman di momen itu.

Ada musim dalam hidup yang sepertinya sulit untuk memetik pelajaran dari kejadian yang menyakitkan, Tapi pada satu waktu setelah kita mulai sembuh dari kejadian itu, akhirnya kita bisa memetik pelajarannya. Ada musim yang terlalu luar biasa, yang sepertinya kita ingin menukarkan satu bulan bahkan beberapa tahun hidup, hanya untuk merasakan pengalaman di momen itu.

Ada musim di mana kebosanan menjadi teman hingga akhirnya kita terbiasa bahkan dapat menciptakan kreativitas dari kebosanan. Ada musim yang penuh kejutan, seperti contoh pada saat kita melakukan eksplorasi diri atau berinovasi dalam tekanan. 

Sebuah akhir akan mengawali sesuatu yang baru. Baik itu hari baru, musim baru, rumah baru, pekerjaan baru, hubungan baru, sampai ke hal yang menjadi fondasi pemikiran kita, pemahaman baru. Misalnya, ketika kamu memilih untuk berkomitmen dengan pasangan adalah akhir dari masa single. Ketika kamu memilih menempati rumah baru adalah akhir dari masa tinggal di kontrakan atau rumah orang tua.

Sama halnya dengan pemahaman baru. Memiliki pemahaman baru atau pemahaman yang lebih luas tentang sesuatu adalah akhir dari pemahamanmu yang sebelumnya. Memahami semua akan berakhir, membantuku merasakan suatu perubahan, terutama dalam melewati keseharian hidup, aku bisa menikmati dan mensyukuri lebih dalam atas hal-hal sederhana yang aku punya, seperti kesehatan, nafas, kebahagiaan, hingga momen sederhana bersama orang terdekat. Semua ini adalah bagian dari cerita kehidupanku yang berharga.

Memahami semua akan berakhir, membantuku merasakan suatu perubahan, terutama dalam melewati keseharian hidup, aku bisa menikmati dan mensyukuri lebih dalam atas hal-hal sederhana yang aku punya, seperti kesehatan, nafas, kebahagiaan, hingga momen sederhana bersama orang terdekat. 

Aku berharap apapun musim kehidupan yang kamu lewati saat ini, pelajaran di setiap musim kehidupan itu bisa jadi teman untuk perjalanan di musim berikutnya.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024