Self Lifehacks

Untuk Apa Hidup: Menjadi Inspirasi

Joshua Budiman

@jb0193

Pebisnis dan Penulis

Sejak kecil, aku suka bermain game. Salah satu game yang paling aku suka memiliki aliran RPG (Role Playing Game) dimana aku akan diajak untuk masuk ke suatu dunia, dengan memilih peran karakter apa yang ingin aku mainkan. Peran karakter ada bermacam-macam dengan tanggung jawab yang berbeda. Di dunia RPG, ada karakter yang sudah diatur oleh game untuk membantu kita menyelesaikan misi, yaitu NPC (Non-playable Character). Fungsi NPC adalah sebagai pembantu para karakter utama menyelesaikan misinya. 

Sadarkah kamu kalau didalam hidup ini, sering kali kita berpikir, hanya orang-orang tertentu yang sepertinya ditakdirkan untuk menjadi karakter utama, memiliki peran menginspirasi. Biasanya pemeran utama dilihat dari visi, ideologi, karakter, dan perubahan yang dibawa. Kehidupan mereka memunculkan ide bagi orang-orang yang mengikutinya.

Tapi jika kita lihat kembali awal mula inspirasi, apakah inspirasi itu? Apakah memang hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menginspirasi? Haruskah inspirasi memiliki skala besar untuk disebut sebuah inspirasi?

Inspirasi adalah sebuah dorongan terhadap pikiran kita untuk melakukan sesuatu. Baik itu pekerjaan, karya, nilai hidup, visi, perubahan perilaku, dan lainnya. Sebenarnya setiap dari kita adalah penginspirasi, setiap dari kita adalah karakter utama di cerita kehidupan kita. 

Kita sudah menginspirasi orang disekitar kita dari hal-hal sederhana, bahkan sesederhana mengajak saudara mencoba tempat makan baru, berolahraga yang akhirnya mengundang teman-teman ikut berolahraga, hingga memegang nilai hidup yang juga diteladani oleh anak kita. Jadi secara tidak langsung pun, kita telah saling menginspirasi dari kehidupan kita kepada sesama manusia lainnya.

Kita sudah menginspirasi orang disekitar kita dari hal-hal sederhana, bahkan sesederhana mengajak saudara mencoba tempat makan baru, berolahraga yang akhirnya mengundang teman-teman ikut berolahraga, hingga memegang nilai hidup yang juga diteladani oleh anak kita.

Kenapa kita perlu menginspirasi? Tidak ada keharusan apakah kita perlu menginspirasi atau tidak. Karena inspirasi terbaik adalah inspirasi yang alami, apa adanya. Jika apa yang kita lakukan menginspirasi, maka itu akan menginspirasi. Bukan inspirasi yang dibuat buat, terlihat indah di media sosial atau publik. Sehingga tujuan dari bagian ini adalah sebagai pengingat bagi kita, menyadari bahwa kehidupan kita adalah inspirasi untuk orang sekitar kita. 

Inspirasi adalah bagian yang tersisa ketika semua berakhir. Pengalaman dan karakter kita dalam hidup ini akan menjadi dorongan bagi orang untuk menjadi lebih baik atau sebaliknya. 

Ada satu film yang menarik dimainkan oleh Ryan Reynold berjudul Free Guy. Pada film ini diceritakan konsep RPG masa kini tapi bukan dari sudut pandang karakter utama melainkan dari sudut pandang NPC. Pada film ini, Guy, NPC yang bekerja di bank dengan rutinitas hariannya, diceritakan menemukan inspirasi dari seorang wanita yang membuatnya mampu menciptakan tujuannya sendiri hingga Guy pada akhirnya juga bisa menginspirasi orang lain, hanya dengan menjalankan tujuannya sendiri.

Satu pertanyaan sederhana untuk kamu renungkan dari bagian ini, apakah inspirasi yang ingin kamu tinggalkan dari kehidupanmu?

Related Articles

Card image
Self
Upaya Mengasuh Diri

Tidak ada teori mutlak untuk menjadi orang tua yang baik. Untuk menjadi orang tua hal pertama yang perlu dilakukan adalah menang atas diri sendiri. Poin ini menjadi penting karena biasanya masalah-masalah yang timbul dalam hidup adalah karena kita belum berdamai dengan luka batin dan memori-memori negatif yang dibawa selama ini.

By Aleima Sharuna
30 January 2023
Card image
Self
Meredam Dialog Negatif dalam Diri

Setiap orang pasti pernah punya dialog dengan diri sendiri di dalam kepala. Bisa jadi muncul dalam bentuk kalimat-kalimat motivasi yang membantu kita untuk bisa terus melanjutkan apa yang sedang kita usahakan.

By Greatmind
28 January 2023
Card image
Self
Rasa Kasih dan Nuansa Sebuah Kota

Kota tempat kita hidup, baik itu sedari kecil ataupun sebagai tempat perjuangan kita saat sudah beranjak dewasa tentu memberikan kesan dan juga corak pada diri kita masing-masing. Tidak hanya tentang bagaimana kota tersebut dapat dilihat tetapi juga interaksi dan cara kita berbaur dengan manusia-manusia yang ada di dalamnya.

By Voxxes
28 January 2023