Self Lifehacks

Tetap Berjalan dalam Ragu

Saat mulai memasuki usia kepala dua sepertinya akan banyak yang merasakan bahwa ternyata ada banyak hal yang kemudian kita gelisahkan. Aku rasa mungkin teman-teman yang sedang merasakan fase ini juga akan mengalami hal yang sama. Ada banyak sekali hal yang dipikirkan.

Mulai dari apa yang seharusnya kita lakukan dalam hidup, siapa saja teman kita sebenarnya, hingga merenungkan kembali apakah keputusan yang telah kita ambil sampai sekarang sudah tepat atau belum. Kalau dilihat kembali mungkin pertanyaan-pertanyaan inilah yang kerap muncul, rasanya seperti sedang melawan dunia. Aku rasa, bisa jadi ini adalah fase menuju quarter life crisis.

Saat merasa bingung akan tujuan hidup dan pengambilan keputusan, aku sering kali berbincang dan meminta bantuan kepada orang-orang yang lebih dewasa. Ditengah kebingunganku ini, aku tidak merasa menemukan jawaban akan segala kegelisahan yang aku rasakan. Malah terkadang, orang-orang yang aku anggap lebih berpengalaman juga memiliki kebingungan mereka sendiri-sendiri. 

Satu pesan yang sepertinya sangat sering kita dengar adalah hidup itu harus dijalani saja. Saat mendengar kalimat ini, sebenarnya aku berusaha menerima dengan baik. Memang benar, hidup harus dijalani saja karena semua fase yang sedang kita hadapi sebenarnya hanya sementara. Tapi untuk benar-benar menerapkan pola pikir ini ternyata tidak semudah itu. Aku berusaha untuk bisa menjadikan hal ini sebagai pengingat, bahwa kesulitan yang tengah aku hadapi hanya sementara, tapi aku rasa pada akhirnya pemahaman ini harus datang dari dalam diri kita sendiri.

Memang benar, hidup harus dijalani saja karena semua fase yang sedang kita hadapi sebenarnya hanya sementara. Tapi untuk benar-benar menerapkan pola pikir ini ternyata tidak semudah itu. Aku rasa pada akhirnya pemahaman ini harus datang dari dalam diri kita sendiri.

Pengalaman dan kegelisahan ini pun aku tuangkan dalam lagu pertamaku berjudul “Only Ever in Daylight”. Lagu ini aku tulis di dalam kamar berdasarkan apa yang sedang aku rasakan. Pada dasarnya aku memang tipe orang yang pemikir dan biasanya aku memang menulis lagu berdasarkan hal-hal yang dekat denganku. Lagu ini juga sekaligus sebagai lagu pembuka menuju album yang memang akan bercerita tentang hidupku. Pemilihan lagu ini sebagai lagu pertama juga lantaran secara alunan musik, sepertinya sangat bisa menggambarkan diriku dan juga memberikan bayangan akan seperti apa musik dalam albumku nantinya.

Mungkin yang ingin aku ceritakan justru sama persis seperti apa yang orang-orang sering katakan, bahwa hidup kadang memang hanya perlu dijalani dan apa pun fase yang sedang kita rasakan, itu hanya sementara. Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa meyakinkan dirimu sendiri dan kepercayaan diri memang tidak akan bisa kita dapatkan dari orang lain. Hanya diri kita yang benar-benar paham apa yang kita resahkan, pikirkan, dan rasakan. Jadi, coba katakan dan pikirkan hal-hal baik untuk diri kita sendiri dan berusaha mewujudkan kata-kata tersebut. 

Aku juga ingin mengatakan kalau semua orang juga bingung, jadi jangan takut bahwa hanya kamu yang tidak yakin di dunia ini. Sampai usia berapa pun kita akan selalu bingung dan ragu akan banyak hal, tapi itu adalah pengalaman yang harus kita jalani sebagai seorang manusia.

Semua orang juga bingung, jangan takut bahwa hanya kamu yang tidak yakin di dunia ini. Sampai usia berapa pun kita akan selalu bingung dan ragu akan banyak hal, tapi itu adalah pengalaman yang harus kita jalani sebagai seorang manusia.

Related Articles

Card image
Self
Bertahan dengan Rutinitas dan Pilihan

Meski mungkin pada dasarnya kalau kita berbicara rutinitas dalam konteks pekerjaan mungkin jarang sekali ada orang yang begitu gemar bekerja setiap hari. Kembali lagi, mungkin memang kita tidak punya banyak pilihan, hingga mau tidak mau kita tetap harus menjalani rutinitas dan kesempatan yang ada.

By Rayhan Noor
26 November 2022
Card image
Self
Kebahagiaan Sederhana

Kalau aku hanya memiliki sedikit waktu bersama orang-orang yang aku sayang, mungkin aku akan berusaha menghabiskan waktu sebanyak yang aku bisa bersama mereka. Sejujurnya aku memang bukan orang yang bisa mengungkapkan rasa rindu atau sayang dengan kata-kata, tapi aku selalu merasa aku mendapat energi baru saat dikelilingi oleh orang-orang yang aku sayang.

By Nadine Fatiana
26 November 2022
Card image
Self
Pesona Awal Jumpa

Perkenalan kita satu sama lain sebenarnya punya pesonanya masing-masing. Kita sebenarnya sudah saling kenal satu sama lain sejak lama tapi belum punya banyak kesempatan untuk saling tegur sapa.

By Lomba Sihir
26 November 2022