Self Lifehacks

Tenang dalam Berbuat Baik

Menghadapi ataupun berdamai dengan rasa sedih ataupun momen kehilangan tentu pengalamannya akan selalu berbeda bagi setiap orang. Aku juga mungkin tidak berada dalam posisi yang tepat untuk mengajari, karena itu adalah hal yang sulit untuk dijawab. Maka, sekarang aku hanya akan berbagi cerita dari sudut pandangku sendiri. Ada banyak cara pandang baru yang aku temukan dalam beberapa waktu ke belakang, terutama selama dua tahun terakhir. Aku merasa kehidupan itu nggak akan selalu di atas untuk waktu yang lami tapi juga tidak akan dibawah selamanya. 

Aku juga memberanikan diri untuk menuliskan lagu mengenai higher power, mengenai Tuhan, karena aku rasa setiap aku menghadapi masalah dan merasa sedang ada di bawah karena alasan apa pun. Bisa jadi karena masalah sehari-hari atau mengahapi masa kehilangan atau mungkin juga masalah-masalah lainnya akan ada kekuatan yang lebih besar yang tidak aku pahami sepenuhnya yang selalu bisa mengangkat dan menuntun kita kembali. Jadi, aku belajar untuk memiliki rasa pasrah di saat-saat tertentu, ini adalah salah satu jawaban yang aku rasakan dalam menghadapi rasa sedih ataupun kehilangan.

Aku belajar untuk memiliki rasa pasrah di saat-saat tertentu, ini adalah salah satu jawaban yang aku rasakan dalam menghadapi rasa sedih ataupun kehilangan.

Meskipun mungkin aku pernah mengalami banyak keresahan akan rasa sedih dan perasaan tidak nyaman lainnya, tapi aku bisa merasa tenang saat aku tau orang-orang yang aku sayang dalam keadaan baik-baik saja. Aku merasa paling tenang saat aku tau orang-orang di sekelilingku dalam keadaan yang baik. Saat aku tau mereka sedang menjalankan hidup dengan tenang. 

Baik itu keluarga, ibu, adik, teman dekat, sahabat, atapun orang-orang yang sering kali membantuku dalam karir. Aku merasa paling tenang kalau mereka baik-baik saja dan saat aku tau bahwa aku tidak melukai hati mereka. Aku juga percaya akan hukum karma, jadi setiap hari aku hanya berusaha untuk berbuat baik pada siapa pun yang aku temui dan mencoba untuk selalu bersabar. Semoga karma baik tersebut berbalik kembali.

Baik itu keluarga, ibu, adik, teman dekat, sahabat, atapun orang-orang yang sering kali membantuku dalam karir. Aku merasa paling tenang kalau mereka baik-baik saja dan saat aku tau bahwa aku tidak melukai hati mereka.

Baru-baru ini juga akan baru merilis album baru bertajuk “Water Will Find Me”. Banyak hal yang aku ceritakan melalui lagu-lagu yang ada di dalamnya. Salah satu lagu yang ada di dalam album ini, “Dan Terang”, menceritakan tentang Tuhan dan caranya untuk bisa membantu dan menuntun kita dalam menghadapi masalah dalam hidup. Durasi beberapa lagu dalam album ini juga ada yang cukup panjang sekitar delapan hingga sepuluh menit, tidak ada alasan khusus aku hanya ingin menyampaikan pesan yang ada lewat setiap lagu dengan sebaik-baiknya.

Saat teman-teman mendengarkan seluruh lagu dalam album ini sebenarnya aku juga tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan. Saat kamu bisa merasa bahwa ada orang lain di luar sana yang juga merasakan apa yang pernah atau sedang kamu alami, itu sudah lebih dari cukup. Aku hanya selalu berusaha untuk jujur apa adanya, tanpa pretensi apa-apa dan kalau itu bisa sampai ke siapa pun yang mendengarkan musik Reruntuh itu sudah sangat cukup. 

 

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024