Self Love & Relationship

Selesai Bukan Berarti Lupa

Apakah kamu pernah berada dalam sebuah hubungan yang terasa begitu melelahkan?

Aku rasa ini adalah hal yang pernah dialami oleh banyak orang. Berada dalam sebuah siklus hubungan yang sebenarnya terasa sangat melelahkan tapi kita terlalu naif untuk bisa menyudahi hubungan tersebut. Aku juga pernah berada dalam situasi seperti ini. Saat dimana pasangan kita berulang kali membuat kesalahan yang sama, lalu ia datang kembali untuk meminta maaf, dan entah bagaimana kita selalu punya kesabaran untuk memaafkan kesalahan yang terus menerus berulang.

Besar kemungkinan memang kita tidak bisa melihat secara objektif saat kita sedang terjebak dalam sebuah hubungan yang tidak sehat. Biasanya juga kecenderungan sifat-sifat buruk dari pasangan juga baru bisa kita lihat atau ketahui setelah hubungan ini berjalan cukup lama. Setelah perasaan kedua individu tumbuh, barulah kita bisa mulai melihat bahwa mungkin sebenarnya kita sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Berdasarkan pengalamanku, hal ini terjadi karena kita masih belum bisa berpikir dengan jernih karena bisa jadi sebenarnya kita sudah bisa merasakan tanda-tanda sebuah hubungan berubah menjadi tidak sehat. Salah satunya mungkin datang dari teman-teman terdekat kita yang bisa melihat keadaan dengan lebih objektif.

Di lagu terbaru yang aku rilis “Jika Bisa Kulupa”, aku juga menceritakan topik yang kurang lebih serupa. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang seseorang yang tengah terjebak dalam sebuah hubungan yang tidak sehat. Ia mencoba untuk keluar dari hubungan tersebut tapi terasa begitu sulit karena pasangannya selalu hadir dan meminta maaf setelah berkali-kali membuat kesalahan. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingin keluar dari sebuah hubungan yang sehat, tapi masih terasa sulit untuk dilakukan.

Sebenarnya, aku sendiri merasa kita tidak akan pernah bisa benar-benar melupakan seseorang, apalagi jika kita pernah menjalin hubungan dengan orang tersebut. Move on dari sebuah hubungan menurutku bukan berarti melupakan, tapi artinya kita sudah hidup di jalan masing-masing tanpa rasa terikat satu sama lain. Move on bukan lantas berarti kita lupa seakan tidak pernah kenal sebelumnya.

Sebenarnya, aku sendiri merasa kita tidak akan pernah bisa benar-benar melupakan seseorang, apalagi jika kita pernah menjalin hubungan dengan orang tersebut. Move on dari sebuah hubungan menurutku bukan berarti melupakan, tapi artinya kita sudah hidup di jalan masing-masing tanpa rasa terikat satu sama lain.

Tahun ini, bisa dibilang menjadi tahun yang cukup produktif bagiku dalam dunia musik. Setelah akhirnya bergabung dengan label musik baru, tentu mereka juga sudah memiliki gambaran ideal dalam produksi musik. Ke depannya juga aku ingin memperkenalkan diriku kepada audiens yang lebih luas sebagai seorang penyanyi pop di industri musik Indonesia.  

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024