Self Lifehacks

Proses Menerima Kehilangan

Proses penerimaan saat menghadapi momen kehilangan memang tentu berbeda-beda bagi setiap individu. Banyak fase yang harus kita lalui mulai dari sedih, menghindari percakapan dengan orang lain, frustrasi, depresi, hingga akhirnya kita bisa menerima apa yang terjadi. Ada juga yang memilih untuk memendam dan menyimpan rasa yang kita miliki, tapi dari pengalaman, kami juga belajar bahwa kita tidak harus melalui semuanya sendirian. Rasa yang hadir saat kita harus menghadapi kehilangan sejatinya sangat beragam, kami berusaha merepresentasikan topik ini melalui musik yang bisa dikatakan multidimensional. Berusaha untuk tetap menjaga esensi dari rasa hilang yang mungkin diasosiasikan dengan rasa sedih, tapi di satu sisi kami juga ingin menggambarkan bahwa selalu ada hal yang bisa kita pelajari dari momen tersebut, paling tidak agar kita bisa merefleksikan diri sendiri.

Menurut kami ada baiknya kita tidak menghindari rasa duka yang dihadapi, jangan pura-pura bahagia, hadapi momen yang mungkin memang tidak menyenangkan. Sampai nantinya kita akan sampai di titik ikhlas dan mampu kembali bangkit. Jangan biarkan diri kita belama-lama jatuh dalam kesedihan. Memiliki support system yang baik juga dapat membantu kita dalam melewati fase kehilangan.

Menurut kami ada baiknya kita tidak menghindari rasa duka yang dihadapi, jangan pura-pura bahagia, hadapi momen yang mungkin memang tidak menyenangkan. Sampai nantinya kita akan sampai di titik ikhlas dan mampu kembali bangkit.

Kehilangan memberikan berbagai dampak dalam hidup kita. Salah satu di antaranya adalah perubahan kebiasaan yang sudah terlanjur melekat dalam hidup. Sesederhana kehilangan pulpen kesayangan, pasti akan ada yang terasa janggal saat kita harus mengubah kebiasaan dalam hidup. Manusia pada dasarnya adalah creature of habit, ketika ada kebiasaan yang harus berubah pasti kita akan merasa bingung. Kehilangan seseorang yang berharga terkadang juga dapat meninggalkan rasa penyesalan yang entah bagaimana ternyata cukup sulit untuk dihilangkan.

Kehilangan memberikan berbagai dampak dalam hidup kita. Salah satu diantaranya adalah perubahan kebiasaan yang sudah terlanjur melekat dalam hidup. Manusia pada dasarnya adalah creature of habit, ketika ada kebiasaan yang harus berubah pasti kita akan merasa bingung.

Di sisi lain, proses menghadapi kehilangan juga mengajarkan kita banyak hal. Proses penyembuhan yang harus kita lalui juga secara tidak langsung mengajarkan kita esensi dari kesabaran. Karena manusia pada dasarnya butuh waktu untuk mencerna dan memahami apa yang sedang dilalui. Belajar sabar dan menerima bahwa segala sesuatu dalam hidup memang ada prosesnya. Hal lainnya yang dapat dipelajari adalah untuk selalu melakukan yang terbaik sebelum akhirnya kita harus menghadapi kehilangan, terutama sesosok manusia yang kita anggap berharga. Sebisa mungkin hindarilah menunda untuk melakukan yang terbaik semampu kita. 

Di sisi lain, proses menghadapi kehilangan juga mengajarkan kita banyak hal. Proses penyembuhan yang harus kita lalui juga secara tidak langsung mengajarkan kita esensi dari kesabaran.

Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, lagu “Hilang” ini kami tuliskan dalam Bahasa Indonesia. Lirik lagu ini ditulis oleh Renita berdasarkan pengalamannya saat harus kehilangan sang Ayah. Sebenarnya sudah sejak lama kami ingin merilis lagu dalam Bahasa Indonesia, tapi rasanya memang lagu ini menjadi lagu yang paling pas dari segi lirik dan musik untuk disampaikan dalam Bahasa Indonesia. Lagu “Hilang” sendiri sebenarnya memang menceritakan tentang fase kehilangan, entah barang atau individu, yang sepertinya pernah dialami oleh banyak orang belakangan ini. Kami berdua mencoba untuk membagikan pengalaman yang kami rasakan mengenai topik kehilangan melalui aransemen musik untuk bisa menyampaikan cerita dalam lirik dengan lebih baik. 

Sebisa mungkin hindarilah menunda untuk melakukan yang terbaik semampu kita. 

Related Articles

Card image
Self
Upaya Mengasuh Diri

Tidak ada teori mutlak untuk menjadi orang tua yang baik. Untuk menjadi orang tua hal pertama yang perlu dilakukan adalah menang atas diri sendiri. Poin ini menjadi penting karena biasanya masalah-masalah yang timbul dalam hidup adalah karena kita belum berdamai dengan luka batin dan memori-memori negatif yang dibawa selama ini.

By Aleima Sharuna
30 January 2023
Card image
Self
Meredam Dialog Negatif dalam Diri

Setiap orang pasti pernah punya dialog dengan diri sendiri di dalam kepala. Bisa jadi muncul dalam bentuk kalimat-kalimat motivasi yang membantu kita untuk bisa terus melanjutkan apa yang sedang kita usahakan.

By Greatmind
28 January 2023
Card image
Self
Rasa Kasih dan Nuansa Sebuah Kota

Kota tempat kita hidup, baik itu sedari kecil ataupun sebagai tempat perjuangan kita saat sudah beranjak dewasa tentu memberikan kesan dan juga corak pada diri kita masing-masing. Tidak hanya tentang bagaimana kota tersebut dapat dilihat tetapi juga interaksi dan cara kita berbaur dengan manusia-manusia yang ada di dalamnya.

By Voxxes
28 January 2023