Self Lifehacks

Pengingat Untuk Tetap Membumi

Akhir-akhir ini rasanya hidup berlalu begitu cepat. Mungkin saat kamu membaca artikel ini, kamu bisa sepakat mengenai perasaan satu ini. Sebagai seseorang yang tumbuh besar di kota yang sibuk, rasanya hidup dipenuhi dengan hal-hal gila dan kerja keras, lalu kemudian berlalu begitu saja. Semua orang sekarang juga berjuang untuk hidupnya masing-masing. Sampai di satu masa saya merasa harus mulai menerapkan hidup melambat atau slow living.

Sebagai seseorang yang tumbuh besar di kota yang sibuk, rasanya hidup dipenuhi dengan hal-hal gila dan kerja keras, lalu kemudian berlalu begitu saja. Semua orang sekarang juga berjuang untuk hidupnya masing-masing.

Musik adalah salah satu hal yang membantu saya untuk benar-benar hadir di saat ini. Saat hidup rasanya terjadi begitu cepat, musik membantu saya untuk menikmati masa kini. Menulis jurnal juga sebenarnya membantu untuk merekam hari-hari seperti apa yang sudah saya lalui. Di tengah dunia yang rasanya berputar dengan kecepatan penuh, saya memilih musik untuk bisa merekam momen-momen berharga dalam hidup. Dari pada mengambil foto atau menuliskannya di jurnal, saya memilih untuk mengabadikan momen-momen yang selalu ingin saya ingat melalui lagu.

Saya berpikir, kalau saya bisa memiliki lagu yang benar-benar menggambarkan bagaimana perasaan saya saat ini, kalau saya diberi umur panjang, kelak di masa tua saya ingin kembali mendengarkan musik-musik tersebut. Menurut saya, musik adalah sebuah medium yang akan hadir selamanya, jadi saya selalu bisa mengingat kembali seperti apa diri saya di tahun ini.

Selain bermusik, punya rutinitas harian juga menjadi hal penting dalam hidup saya. Saya selalu berpendapat bahwa punya rutinitas di pagi hari bisa membantu saya untuk tetap membumi dan stabil secara mental, sekaligus juga menjaga kedamaian dalam diri. Entah apa yang sedang terjadi di sekeliling kita, apa yang kita alami dalam keluarga, lingkungan pertemanan, pekerjaan, atau bahkan hal-hal yang sangat besar seperti keadaan politik, saat saya melakukan rutinitas di pagi hari rasanya saya tetap bisa menjalani hari dengan berkesadaran atau mindful.

Saya selalu berpendapat bahwa punya rutinitas di pagi hari bisa membantu saya untuk tetap membumi dan stabil secara mental, sekaligus juga menjaga kedamaian dalam diri.

Rutinitas di pagi hari juga tidak harus mahal. Saya biasanya memulai hari dengan segelas air putih, secangkir kopi, dan peregangan ringan di atas yoga mat. Kegiatan menggiling biji kopi dan menyeduhnya menjadi secangkir minuman juga membantu saya menikmati waktu dengan lebih tenang. Selain itu, saya juga cukup sering mengambil waktu untuk istirahat sejenak di sela aktivitas, rasanya saya justru lebih produktif saat cukup istirahat.

Serangkaian hal-hal sederhana yang saya rasakan dalam keseharian ini kemudian saya abadikan dalam sebuah lagu berjudul “Mess In Me”. Ini adalah salah satu lagu yang bisa teman-teman dengarkan di album terbaru saya berjudul “Slower Life”. Lagu “Mess In Me” sebenarnya bercerita tentang kesederhanaan, tidak ada hal spektakuler dalam lagu ini.

Saya bercerita tentang waktu yang kita habiskan bersama orang terkasih. Terkadang hanya dengan hadir dan berbagi ruang yang sama dengan seseorang yang berharga dalam hidup kita sudah cukup membahagiakan. Mungkin kita melakukan aktivitas yang berbeda, tapi kehadiran satu sama lain lah yang membuat waktu ini rasanya patut untuk disyukuri. Kadang hidup bisa penuh dengan hal-hal tidak terduga, sebagian memang kita nantikan, sebagian lainnya sebenarnya tidak pernah kita harapkan. Meski begitu, saat kita memiliki seseorang yang nyaman untuk diajak berbagi cerita, itu adalah sebuah anugerah dalam hidup.

Kadang hidup bisa penuh dengan hal-hal tidak terduga, sebagian memang kita nantikan, sebagian lainnya sebenarnya tidak pernah kita harapkan. Meski begitu, saat kita memiliki seseorang yang nyaman untuk diajak berbagi cerita, itu adalah sebuah anugerah dalam hidup.

Saya tidak mau terdengar menggurui, tapi mungkin album ini lebih kepada pengingat untuk diri saya sendiri. Sebuah pengingat agar jangan menerima begitu saja hari-hari yang dilalui dan selalu mensyukuri hal-hal luar biasa ataupun sederhana yang kita alami dalam hidup. Karena hal-hal sederhana itu lah yang kemudian membuat hidup kita jadi berarti.

Jangan menerima begitu saja hari-hari yang dilalui dan selalu mensyukuri hal-hal luar biasa ataupun sederhana yang kita alami dalam hidup. Karena hal-hal sederhana itu lah yang kemudian membuat hidup kita jadi berarti.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024