Self Art & Culture

Pelajaran Di Luar Ruang Kelas

Dominique Diyose

@dominiquediyose

Model

Fotografi Oleh: Ade Suardika

Saat aku memutuskan untuk menjadi seorang model, aku masih duduk di kelas 1 SMA. Ternyata belajar modeling dari umur 13 tahun membuatku keranjingan untuk terus menggeluti bidang tersebut. Tapi memang kendalanya adalah keharusanku datang ke sekolah karena ternyata bekerja sambil bersekolah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan beriringan. Menjelang naik ke kelas 2 SMA pun aku akhirnya semakin sering izin dan tidak mengikuti ulangan-ulangan. Meskipun sebenarnya aku masih tetap bisa mempertahankan nilai tapi ternyata terdapat kesenjangan sosial di sekolah. Banyak pihak yang merasa tidak adil karena memperbolehkan aku untuk sering tidak masuk sehingga akhirnya aku dihadapkan pada pilihan meninggalkan sekolah atau pekerjaan. Untungnya orang tua dan pihak sekolah berdiskusi dengan amat baik. Ketika ditanya apakah aku mau fokus di modeling atau sekolah aku bisa dengan leluasa bilang: "Saya mau jadi model profesional, Pak." Kemudian dengan amat bijak pun kepala sekolah aku memberikan pemikiran yang hebat. Dia memberikan kepercayaan jika itu yang aku, belajar di rumah atau homeschooling bisa jadi opsi.

Zamanku dulu terdapat program Paket C dari Departemen Pendidikan dan Budaya (Depdikbud). Jadi biasanya mereka yang belum menyelesaikan sekolah di SD, SMP, SMA bisa menyelesaikannya dengan mengambil program ini. Tentu saja program ini sangat berbeda dengan sekolah formal. Aku hanya harus datang satu kali seminggu dan itu malam hari. Biasanya kelas malam ini diperuntukkan bagi mereka yang bekerja dari pagi ke sore. Kemudian tiga kali seminggu ada guru yang datang ke rumah hanya untuk meninjau kembali pembelajaran mandiriku di rumah. Di ujian akhir pun pengalamannya sangatlah berbeda. Mulai dari soal dan jadwal ujian. Aku tidak mengikuti jadwal layaknya sekolah-sekolah pada umumnya tapi justru setelah mereka selesai ujian. Jadi dulu kami meminjam salah satu kelas di salah satu sekolah. Para homeschooler atau mereka yang mengambil program paket C dari berbagai area di Jakarta dikumpulkan di sana untuk mengikuti ujian akhir.

Perjalanan homeschooling pun menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kalau banyak orang berpikir belajar sendiri itu mudah, buat saya justru sulit. Tantangannya terletak pada kedisplinan dan pengaturan waktu yang baik. Kalau kita tidak disiplin jangan harap bisa belajar dengan baik. Harus punya kemauan tinggi memang kalau mau lancar menjadi homeschooler. Intinya adalah menjadi seorang homeschooler itu berarti harus mau belajar di mana saja, kapan saja. Jadi dulu aku bawa buku pelajaran, bawa modul ke mana-mana bahkan menjelang fashion show. Tapi tantangan ini juga yang mengajarkan aku banyak hal. Aku jadi tahu bagaimana menjadi pribadi yang disiplin, tahu waktu kapan harus fokus belajar kapan fokus bekerja meski tidak ada yang mengawasi dan memberitahu.

Kalau banyak orang berpikir belajar sendiri itu mudah, buat saya justru sulit karena harus displin dan mengatur waktu dengan baik.

Bagi sebagian orang belajar di rumah akan memberikan hambatan bersosialisasi. Untungnya karena saat itu aku sambil bekerja jadi aku tidak begitu merasa ada sesuatu yang hilang karena memiliki lingkaran pertemanan di lingkungan pekerjaan. Juga ketika aku harus datang ke kelas Program Paket C seminggu sekali, aku bertemu banyak orang dari berbagai strata sosial. Pengalaman yang cukup unik bisa kubilang. Aku bertemu ibu-ibu dan bapak-bapak dari berbagai kalangan. Mendapatkan cerita yang sangat kaya dari lingkungan yang berbeda-beda. Tidak seperti halnya belajar di sekolah yang hanya berada dalam satu lingkungan saja. Selain itu aku juga jauh lebih bisa belajar dari banyak orang hebat yang tidak mengenyam label guru. Aku bertemu salah satu jurnalis yang tertarik membagikan ilmu sosialnya. Sehingga seperti layaknya kuliah (karena aku juga tidak kuliah), dia banyak membantu aku berdiskusi soal masalah sosial yang sedang terjadi sehingga membantu aku untuk tetap berpikir kritis. 

Menurutku pribadi terdapat dua faktor yang paling signifikan ketika memutuskan untuk belajar di luar sekolah formal. Memiliki tujuan dan support system yang kuat. Tujuanku dulu memang ingin menjadi profesional tapi tetap mau belajar sehingga tidak mengikuti sekolah formal menjadi strategiku untuk menyeimbangkan karier. Kemudian support system yang kuat. Kita harus punya dukungan yang solid dari orang-orang sekitar. Aku sangat beruntung mendapatkannya dari orang tua dan bahkan pihak sekolah lama. Ada kata-kata yang sangat memotivasiku hingga saat ini. Dulu kepala sekolahku bilang, “Tidak apa-apa kamu tidak datang ke sekolah lagi dan mau jadi profesional. Tapi kamu harus bisa memiliki sertifikat profesional itu, ya. Bukan sertifikat dalam arti kata yang sebenarnya lho, tapi kamu harus buktiin kalau kamu diakui menjadi seorang profesional”. Ketika itu juga aku jadi semakin tidak setengah-setengah dan maju terus menggapai yang aku impikan.

Terdapat dua faktor yang paling signifikan ketika memutuskan untuk belajar di luar sekolah formal: memiliki tujuan dan support system yang kuat.

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024