Self Lifehacks

Pelajaran dari Pertemuan dan Perpisahan

Perjalanan hidup setiap orang tentu berbeda, tergantung keputusan yang diambil oleh masing-masing individu. Salah satu keputusan yang aku ambil adalah memilih musik sebagai bagian dari perjalanan karirku saat ini. Musik adalah salah satu hal yang aku syukuri, karena musik akhirnya mempertemukanku dengan banyak orang beserta berbagai pengalaman yang berbeda. Ada banyak sekali pengalaman, pertemuan, dan keseruan. Semua hal tersebut membuatku lebih banyak belajar dan mengeksplorasi berbagai warna di musik.

Musik adalah salah satu hal yang aku syukuri, karena musik akhirnya mempertemukanku dengan banyak orang beserta berbagai pengalaman yang berbeda.

Setiap pertemuan yang terjadi tentu memberikan kesan dan pembelajaran yang kemudian membentuk diriku hari ini. Tapi kalau berbicara tentang musik, salah satu sosok yang paling berpengaruhi dalam hidupku adalah Michael Jackson. Sedari kecil aku sudah mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu beliau, seseorang yang memang cocok disebut sebagai The King of Pop. Kalau lagu yang bisa dibilang memotivasi diri beberapa waktu terakhir, mungkin ada lagu “This Is Me”.

Tidak pernah disangka-sangka bahwa setiap pertemuan kemudian menghantarkanku hingga saat ini, khususnya dalam karir bermusik. Mulai dari lagu “Somebody’s Pleasure” hingga lagu “Issa Goodbye”. Perjalananku dalam industri musik membuatku belajar untuk bisa lebih produktif dalam waktu singkat, untuk terus menghadirkan lagu bagi teman-teman.

Pembelajaran menurutku juga tidak hanya didapatkan dari pertemuan tetapi juga perpisahan. Caraku memproses situasi saat mengalami kehilangan, sering kali dilakukan dengan menyendiri. Bisa juga dihabiskan dengan teman atau keluarga, tengantung dengan situasi dan kemungkinan waktu yang ada. Kehilangan dalam artian putus dengan pasangan atau mungkin berpisah dengan seorang teman sepertinya pernah dialami oleh banyak orang.

Saat harus berpisah dengan pasangan, berpisah dengan sahabat, atau berpisah dengan seseorang karena hubungan yang sudah tidak baik-baik saja menurutku pada akhirnya harus dijalani, sampai kita bisa mengatakan it’s a good bye. Pada akhirnya kita harus beranjak dari masa lalu dan menghadapi hidup di masa sekarang.

Pelajaran yang bisa diambil dari perpisahan menurutku adalah pemikiran untuk bisa lebih berbesar hati untuk memilih dan memilah orang yang ingin kita pertahankan dalam hidup kita. Pada akhirnya siapa yang ada dalam hidup kita adalah pilihan yang ada di tangan kita, so choose your person.

Sedikit pesan dari aku untuk teman-teman yang sedang mengalami fase perpisahan dengan orang di sekitar karena keadaan, ambil waktu yang kamu butuhkan untuk bisa menerima pelajaran dari segala pertemuan dan perpisahan yang dirasakan. Dari situ kita bisa move on dan menjalani hidup di masa depan. Jangan terus menerus membiarkan diri terjebak di masa lalu, coba temukan harapan baru bagi hidup kita saat ini dan masa mendatang. Say good bye to the past.

Jangan terus menerus membiarkan diri terjebak di masa lalu, coba temukan harapan baru bagi hidup kita saat ini dan masa mendatang.

 

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024