Circle Love & Relationship

On Marissa's Mind: Toxic Relationship

Marissa Anita

Jurnalis & Aktris

Saya tumbuh besar melihat hubungan beracun yang berlangsung puluhan tahun antara dua orang. Tidak ada seorang pun yang bahagia dalam relasi ini. Tidak seorang pun pantas hidup seperti ini. Saya mau bicara tentang toxic relationship.

Menurut penulis buku Toxic People, Dr Lillian Glass, Toxic relationship atau hubungan beracun adalah ‘hubungan apa pun antara orang-orang di mana mereka tidak saling dukung. Di dalamnya ada konflik dimana yang satu berusaha menghancurkan yang lain; ada persaingan, rasa tidak hormat; dan kurangnya kekompakan.’

Toxic relationship atau hubungan beracun adalah ‘hubungan apa pun antara orang-orang dimana mereka tidak saling dukung (Dr. Lillian Glass)

Memang, pasang surut dalam hubungan itu biasa. Namun konflik yang terlalu sering dan berulang hanya menggerus kebahagiaan dan menguras tenaga orang-orang dalam hubungan itu sendiri.

Hubungan beracun bisa terjadi dalam hubungan romantis, antar sahabat, keluarga atau rekan kerja.

Kita dalam hubungan yang beracun ketika:

Momen negatif lebih banyak daripada momen positif. Dalam konteks berpasangan, seseorang yang terjebak dalam hubungan beracun terus menerus merasa tidak bahagia, penuh rasa sedih, marah, cemas, gugup, tidak nyaman dan pasrah terutama di dekat pasangan. Orang dalam hubungan beracun perkembangan dirinya cenderung mandeg, harga dirinya hancur, dan putus hubungan dengan diri sendiri.

Pelecehan atau kekerasan jelas jadi tanda hubungan itu beracun. Namun gejala hubungan beracun bisa lebih subtil dan manipulatif dari itu, namun punya efek merusak yang sama.

Seseorang yang manipulatif dalam hubungan beracun biasanya:

(1) membunuh karakter Anda dengan halus dan terus menerus. Misal, memanggil dengan panggilan yang merendahkan Anda dengan maksud ‘bergurau’. 

(2) Ia juga mengontrol berlebihan bagaimana Anda bersikap (dalam konteks berpasangan: (i) mengatur dengan siapa Anda boleh/tidak boleh berteman; minta Anda laporan habis ngapain aja, sama siapa, ngomongin apa; (ii) sengaja membuat teman dan keluarga Anda tidak nyaman ketika berkunjung; (iii) merasa keberatan ketika Anda punya aktifitas sendiri di luar aktifitas bersama; mengatur apa yang Anda boleh pakai atau tidak; boleh makan atau tidak. Intinya, membuat Anda merasa bersalah.

Jika tidak dituruti, sang manipulator berperilaku pasif agresif untuk membuat Anda merasa bersalah selama mungkin. Akhirnya Anda jadi mempertanyakan diri sendiri dan mulai berpikir Anda yang gila.

(3) Seorang manipulator sangat sulit minta maaf meski tahu ia salah.

Seseorang yang selalu negatif juga bisa jadi beracun karena ia menarik orang lain ke lubang negatifitas yang sama, jadinya mengurangi kualitas hidup orang lain juga.

Hidup dalam hubungan beracun bak berjalan di atas cangkang telur. Rapuh. Anda takut mengekspresikan yang Anda sejujurnya rasakan dan pikirkan.

Dalam hubungan yang beracun, Anda tidak pernah bisa merasa cukup di hadapan pasangan, karena harus jadi versi yang dia dambakan sebagaimana pun bertolak belakang versi itu dengan diri Anda sebenarnya.

Bagaimana seseorang bisa terjebak dalam hubungan yang beracun?

Biasanya ia tumbuh mengamati orang tua atau anggota keluarga yang berperilaku dengan pola beracun kronis dalam hubungan mereka. Ketika dewasa, ia menganggap pola destruktif ini ‘normal’ karena tidak punya referensi hubungan yang sehat itu seperti apa. Akhirnya waktu dewasa ia jadi beracun untuk orang lain, atau ia menerima saja diperlakukan dengan sangat buruk/beracun. 

Lantas, hubungan yang sehat itu seperti apa?

Menurut sejumlah psikolog, suatu hubungan sehat ketika orang-orang dalam hubungan itu punya nilai-nilai dasar atau tujuan hidup yang mirip/sama; saling menghormati; saling percaya; mendorong satu sama lain untuk berkembang menjadi versi terbaik bagi masing-masing. Semua tanpa paksaan.  

Suatu hubungan sehat ketika orang-orang di dalamnya punya harapan yang realistis terhadap satu sama lain dan punya kontribusi yang seimbang dalam hubungan ini. Mereka bisa menikmati waktu ketika bersama dan ketika sendiri. Meski berpasangan, masing-masing masih memegang identitasnya sendiri.  

Menurut filsuf modern Alain de Botton, ada tiga elemen penting dalam hubungan yang memuaskan: kindness (kebaikan hati), vulnerability (kejujuran dan keterbukaan meski berpotensi mengundang kritikan) and understanding (pengertian).

Pasangan dalam hubungan yang sehat akan saling berlaku lembut menghadapi ketidaksempurnaan yang kadang muncul dari masing-masing; saling terbuka dan jujur atas kecemasan atau kekhawatiran masing-masing; saling ingin memahami satu sama lain dengan antusias -- apa yang disuka, cara melihat dunia, atau apa yang membuat ia merasa hidup.

Saya pribadi punya prinsip: semua masalah bisa dibicarakan baik-baik. Apa pun tantangan dalam suatu hubungan, bisa dibicarakan dan dicarikan jalan terbaiknya. Hubungan adalah kerja keras. Pertengkaran itu normal dan jalan yang tidak selalu mulus adalah bagian dari perjalanan hidup.

Hubungan adalah kerja keras. Pertengkaran itu normal dan jalan yang tidak selalu mulus adalah bagian dari perjalanan hidup.

Tapi perlu kita ingat, dalam suatu hubungan, jika lebih banyak situasi negatif daripada positif, jika komunikasi yang manusiawi dan terbuka sudah ditempuh namun tidak ada kemajuan apapun, mungkin sudah saatnya untuk keluar dari hubungan itu. Pilihan ada di tangan Anda.

***

Referensi:

Glass, L. (1995). Toxic People. Simon & Schuster. 

Ducharme, J. (2018, June 5). How To Tell If You're in a Toxic Relationship And What to Do About It. Time.  https://time.com/5274206/toxic-relationship-signs-help/

Gillihan, S. (2019, June 13). 5 Signs That a Relationship Has Turned Toxic. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/think-act-be/201906/5-signs-relationship-has-turned-toxic

Bonior, A. (2018, December 28). What Does a Healthy Relationship Look Like?. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/friendship-20/201812/what-does-healthy-relationship-look

Kim, J. (2020, January 19). 5 Signs of a Toxic Relationship. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-angry-therapist/202001/5-signs-toxic-relationship

The School of Life. (2021, January 13). The Three Requirements of a Good Relationship. [Video] Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=UOn9HVQdOGc&ab_channel=TheSchoolofLife

Fuller, Kristen. (2017, August 1). How to Recognize Toxic Individuals and Toxic Relationship. Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/happiness-is-state-mind/201708/how-recognize-toxic-individuals-and-toxic-relationships

Related Articles

Card image
Circle
Kembali Merangkai Sebuah Keluarga

Selama aku tumbuh besar, aku tidak pernah merasa pantas untuk disayang. Mungkin karena aku tidak pernah merasakan kasih sayang hangat dari kedua orang tua saat kecil. Sejauh ingatan yang bisa aku kenang, sosok yang selalu hadir semasa aku kecil hingga remaja adalah Popo dan Kung-Kung.

By Greatmind
24 November 2023
Card image
Circle
Pernah Deep Talk Sama Orang Tua?

Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali lo ngobrol bareng ibu atau bapak? Bukan, bukan hanya sekedar bertanya sudah makan atau belum lalu kemudian selesai, melainkan perbincangan yang lebih mendalam mengenai apa yang sedang lo kerjakan atau usahakan.

By Greatmind x Folkative
26 August 2023
Card image
Circle
Berdaya dan Berkontribusi

Ketertarikanku untuk berbagi mengenai pengalaman dan tips pengembangan diri sebenarnya dimulai ketika aku bekerja di salah satu perusahaan konsultan keuangan di Jakarta. Saat itu, banyak yang bertanya melalui media sosial mengenai kiat untuk bisa bekarir di perusahaan tersebut. Lalu setelahnya, aku juga mulai berbagi mengenai topik pengembangan diri dan karir.

By Lavina Sabila
20 May 2023