Self Love & Relationship

Mulai Membuka Hati

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta ketika dua orang individu sepakat untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan romantis satu sama lain. Setiap orang punya bahasa kasih yang berbeda dan menurutku kita sebenarnya tidak bisa hanya mencintai orang lain dengan cara kita. Salah satu caraku untuk bisa menunjukkan rasa cinta adalah dengan mencari tau sebenarnya bagaimana pasanganku ingin dicintai. Sebaliknya, aku juga mengharapkan demikian karena dengan begitu masing-masing individu akan bisa merasakan bahwa dirinya benar-benar dihargai dan dicintai.

Komunikasi selalu jadi hal yang tidak pernah lepas dari pembahasan tentang cinta. Tidak hanya saat menjalani sebuah hubungan, komunikasi juga berperan penting saat hubungan yang kita jalani ternyata harus selesai. Kamu mungkin pernah mendengar anggapan bahwa hubungan yang selesai secara baik-baik kadang bisa meninggalkan kesan yang lebih dalam daripada hubungan percintaan yang selesai karena konflik. Aku sendiri sebenarnya tidak begitu yakin dengan hal ini karena toleransi rasa sakit setiap orang akan berbeda, termasuk saat mengalami patah hati.

Setiap momen patah hati dari sebuah hubungan yang selesai selalu punya cerita dan kesannya sendiri-sendiri. Tergantung pada situasi, pribadi individu, dan berbagai faktor yang mungkin sulit untuk bisa dijelaskan. Meski begitu aku yakin bahwa setiap orang akan punya caranya masing-masing untuk bisa kembali sembuh dari patah hati. Satu yang aku yakini, selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, lakukan saja apapun yang bisa membantumu meredakan rasa sakit hati yang kamu alami saat selesai dari sebuah hubungan. Tidak perlu memusingkan diri dengan segala tahapan patah hati yang dianggap ideal bagi orang lain, dengarkan apa kata hatimu karena momen ini juga pasti akan lewat.

Tidak perlu memusingkan diri dengan segala tahapan patah hati yang dianggap ideal bagi orang lain, dengarkan apa kata hatimu karena momen ini juga pasti akan lewat.

Momen ketika mulai berdamai dengan rasa sakit karena sebuah hubungan yang harus selesai juga aku ceritakan dalam lagu terbaruku berjudul “Perlahan Lepaskanmu”. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang seseorang yang tiba-tiba merasa bahwa hubungan yang ia jalani sudah tidak bisa lagi diselamatkan karena beberapa situasi. Momen transisi antara berdamai dengan situasi dan memulai lembaran hidup baru.

Aku rasa akan banyak teman-teman yang bisa relate dengan cerita yang ada dalam lagu ini. Satu yang ingin aku sampaikan adalah tidak ada salahnya membuka hati untuk hubungan dan pertemuan baru. Siapa tau orang yang akan masuk ke hidup kita esok bisa membawa momen-momen indah baru dalam perjalanan hidup kita di masa mendatang. Jadi, saat dirimu sudah siap melanjutkan perjalanan jangan biarkan masa lalu mengurung kita dari hal-hal baik yang bisa terjadi di masa depan.

Tidak ada salahnya membuka hati untuk hubungan dan pertemuan baru. Siapa tau orang yang akan masuk ke hidup kita esok bisa membawa momen-momen indah baru dalam perjalanan hidup kita di masa mendatang. Jadi, saat dirimu sudah siap melanjutkan perjalanan jangan biarkan masa lalu mengurung kita dari hal-hal baik yang bisa terjadi di masa depan.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024