Self Love & Relationship

Mulai Membuka Hati

Ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa cinta ketika dua orang individu sepakat untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan romantis satu sama lain. Setiap orang punya bahasa kasih yang berbeda dan menurutku kita sebenarnya tidak bisa hanya mencintai orang lain dengan cara kita. Salah satu caraku untuk bisa menunjukkan rasa cinta adalah dengan mencari tau sebenarnya bagaimana pasanganku ingin dicintai. Sebaliknya, aku juga mengharapkan demikian karena dengan begitu masing-masing individu akan bisa merasakan bahwa dirinya benar-benar dihargai dan dicintai.

Komunikasi selalu jadi hal yang tidak pernah lepas dari pembahasan tentang cinta. Tidak hanya saat menjalani sebuah hubungan, komunikasi juga berperan penting saat hubungan yang kita jalani ternyata harus selesai. Kamu mungkin pernah mendengar anggapan bahwa hubungan yang selesai secara baik-baik kadang bisa meninggalkan kesan yang lebih dalam daripada hubungan percintaan yang selesai karena konflik. Aku sendiri sebenarnya tidak begitu yakin dengan hal ini karena toleransi rasa sakit setiap orang akan berbeda, termasuk saat mengalami patah hati.

Setiap momen patah hati dari sebuah hubungan yang selesai selalu punya cerita dan kesannya sendiri-sendiri. Tergantung pada situasi, pribadi individu, dan berbagai faktor yang mungkin sulit untuk bisa dijelaskan. Meski begitu aku yakin bahwa setiap orang akan punya caranya masing-masing untuk bisa kembali sembuh dari patah hati. Satu yang aku yakini, selama tidak merugikan diri sendiri dan orang lain, lakukan saja apapun yang bisa membantumu meredakan rasa sakit hati yang kamu alami saat selesai dari sebuah hubungan. Tidak perlu memusingkan diri dengan segala tahapan patah hati yang dianggap ideal bagi orang lain, dengarkan apa kata hatimu karena momen ini juga pasti akan lewat.

Tidak perlu memusingkan diri dengan segala tahapan patah hati yang dianggap ideal bagi orang lain, dengarkan apa kata hatimu karena momen ini juga pasti akan lewat.

Momen ketika mulai berdamai dengan rasa sakit karena sebuah hubungan yang harus selesai juga aku ceritakan dalam lagu terbaruku berjudul “Perlahan Lepaskanmu”. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang seseorang yang tiba-tiba merasa bahwa hubungan yang ia jalani sudah tidak bisa lagi diselamatkan karena beberapa situasi. Momen transisi antara berdamai dengan situasi dan memulai lembaran hidup baru.

Aku rasa akan banyak teman-teman yang bisa relate dengan cerita yang ada dalam lagu ini. Satu yang ingin aku sampaikan adalah tidak ada salahnya membuka hati untuk hubungan dan pertemuan baru. Siapa tau orang yang akan masuk ke hidup kita esok bisa membawa momen-momen indah baru dalam perjalanan hidup kita di masa mendatang. Jadi, saat dirimu sudah siap melanjutkan perjalanan jangan biarkan masa lalu mengurung kita dari hal-hal baik yang bisa terjadi di masa depan.

Tidak ada salahnya membuka hati untuk hubungan dan pertemuan baru. Siapa tau orang yang akan masuk ke hidup kita esok bisa membawa momen-momen indah baru dalam perjalanan hidup kita di masa mendatang. Jadi, saat dirimu sudah siap melanjutkan perjalanan jangan biarkan masa lalu mengurung kita dari hal-hal baik yang bisa terjadi di masa depan.

Related Articles

Card image
Self
Perbedaan dalam Kecantikan

Perempuan dan kecantikan adalah dua hal yang tidak akan pernah terpisahkan. Cantik kini bisa ditafsirkan dengan beragam cara, setiap orang bebas memiliki makna cantik yang berbeda-beda sesuai dengan hatinya. Berbeda justru jadi kekuatan terbesar kecantikan khas Indonesia yang seharusnya kita rayakan bersama.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
01 June 2024
Card image
Self
Usaha Menciptakan Ruang Dengar Tanpa Batas

Aku terlahir dalam kondisi daun telinga kanan yang tidak sempurna. Semenjak aku tahu bahwa kelainan itu dinamai Microtia, aku tergerak untuk memberi penghiburan untuk orang-orang yang punya kasus lebih berat daripada aku, yaitu komunitas tuli. Hal ini aku lakukan berbarengan dengan niatku untuk membuat proyek sosial belalui bernyanyi di tahun ini.

By Idgitaf
19 May 2024
Card image
Self
Perjalanan Pendewasaan Melalui Musik

Menjalani pekerjaan yang berawal dari hobi memang bisa saja menantang. Menurutku, musik adalah salah satu medium yang mengajarkanku untuk menjadi lebih dewasa. Terutama, dari kompetisi aku belajar untuk mencari jalan keluar baru saat menemukan tantangan dalam hidup. Kecewa mungkin saja kita temui, tetapi selalu ada opsi jalan keluar kalau kita benar-benar berusaha berpikir dengan lebih jernih.

By Atya Faudina
11 May 2024