Self Love & Relationship

Momen Pertemuan Baru

Masa pendekatan adalah salah satu momen di hidup kita yang paling penuh dengan perasaan. Mulai dari bahagia, khawatir, gelisah, malu, dan masih banyak lagi. Mungkin kita cukup sering mendengar stereotype kalau perempuan justru harus lebih banyak menunggu atau bahkan diharapkan untuk tidak terlalu aktif pada masa-masa pendekatan.

Dulu aku juga sempat punya pandangan demikian, tapi cara pandang ini berubah ketika suatu saat aku bertemu seseorang yang menarik perhatianku. Sayangnya memang orang ini kurang aktif dalam mengutarakan perasaan, mungkin dirinya memang bukan individu yang sangat baik dalam berkomunikasi. 

Pada momen itulah aku mulai berpikir bahwa sebenarnya perempuan juga boleh, loh, untuk bisa lebih aktif dalam mengungkapkan apa yang kita rasakan. Ini juga bukan hanya dalam hubungan percintaan, tetapi juga berlaku dalam hubungan kita bersama teman atau juga rekan kerja kita.

Aku belajar untuk mulai mengungkapkan apa yang sebenarnya aku mau atau rasakan, daripada hanya terus menunggu orang lain untuk melakukannya terlebih dahulu. 

Masa-masa pendekatan juga menjadi salah satu inspirsasiku dalam bermusik, momen ini juga menjadi inspirasi dari lagu terbaruku “The Way You Move”. Lagu ini sebenarnya bercerita tentang seorang perempuan yang sedang berada dalam masa pendekatan dan justru wanita ini lebih aktif dalam menunjukkan perasaan yang ia miliki. Melalui lagu ini aku ingin mematahkan stigma kalau perempuan nggak boleh ambil langkah duluan dan hanya boleh menunggu. Salah satu liriknya juga memang terinspirasi dari kejadian nyata saat tiba-tiba aku dikirimi ice cream saat proses pembuatan lagu ini oleh seseorang. 

Meski begitu, menurutku kita juga butuh waktu dan juga strategi yang tepat saat berkenalan lebih jauh dengan orang lain. Kemampuan membaca situasi menjadi sangat penting ketika kita ingin mengenal seseorang lebih dekat. Setiap orang tentu akan memberikan respon yang berbeda terhadap cara kita berkenalan. Ada yang mungkin butuh waktu lebih banyak, ada pula yang baik-baik saja saat kita langsung mengutarakan apa yang kita pikirkan atau rasakan. Kalau kita sudah benar-benar bisa membaca situasi, jangan malu untuk memulai percakapan lebih dahulu dengan orang lain.

Kebanyakan dari kita mungkin akan gengsi atau malu saat harus mulai berkenalan dengan orang baru, padahal tidak ada salahnya mencoba karena apa yang kita khawatirkan bisa saja tidak terjadi. 

Bahasa cinta setiap orang juga berbeda-beda. Kita seringkali juga hanya mengetahui bahasa cinta yang kita berikan pada orang lain, padahal bisa saja bahasa cinta yang kita inginkan justru berbeda.

Dua hal yang paling penting dalam menjalin hubungan dengan orang lain, entah itu pasangan, kerabat, teman, ataupun rekan kerja adalah kemampuan berkomunikasi dan membaca situasi.

Aku berharap teman-teman yang akan mendengarkan lagu “The Way You Move” juga bisa meneriman pesan untuk bisa mulai berani mengambil langkah pertama dalam mengenal orang baru. Melodi lagu ini juga sangat playful, jadi semoga lagu ini bisa diterima dan memberikan kesan yang menyenangkan bagi teman-teman semua. Lagu ini juga memang ditulis dalam Bahasa Inggris, tujuanku juga untuk memperkenalkan Indonesia ke publik yang lebih luas. 

Related Articles

Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024
Card image
Self
Pendewasaan dalam Hubungan

Pendewasaan diri tidak hadir begitu saja seiring usia, melainkan hasil dari pengalaman dan kesediaan untuk belajar menjadi lebih baik. Hal yang sama juga berlaku saat membangun hubungan bersama pasangan.

By Melisa Putri
06 April 2024