Self Lifehacks

Menyederhanakan Hidup Dari Lemari

Nike Prima

@nikeprima

Pendiri Platform Kreatif

Fotografi Oleh: Ayunda Kusuma

Bermula dari praktik KonMari, metode menyortir barang di rumah secara keseluruhan, aku mulai menjalani hidup yang minimalis. Setelah rumah mulai rapi, aku kemudian berpikir bagaimana cara agar ke depannya rumah tidak lagi kembali berantakan. Ternyata salah satu faktor utama yang membuat rumah berantakan adalah saat kita kembali menambah barang baru ke rumah lewat berbelanja. Pakaian kemudian menjadi salah satu barang yang paling mudah membuat rumah berantakan karena sifatnya yang mudah untuk ditumpuk-tumpuk dan sepertinya menjadi barang yang paling ‘menggoda’ kita untuk dibeli.

Dari pemikiran itu lah kemudian aku menemukan capsule wardrobe sebagai solusi untuk permasalahan pakaian yang menumpuk dan membuat rumah berantakan. Capsule wardrobe sejatinya adalah sebuah koleksi atau kumpulan beberapa jenis pakaian yang umumnya merupakan pakaian dasar (basic) agar mudah dipadupadankan. Dalam praktiknya, aku mengumpulkan sekitar 38 jenis pakaian dan sepatu yang akan digunakan selama tiga bulan – dan tidak boleh berbelanja pakaian baru selama periode waktu tersebut.

Setelah kurang lebih dua tahun menjalani praktik capsule wardrobe ini, selain rumah yang menjadi lebih rapi, aku pun merasa bisa menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup dengan lebih paham mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang berupa keinginan. Selain itu, waktu dalam keseharian pun menjadi lebih efisien karena setiap harinya tidak perlu lagi pusing menghabiskan waktu untuk berpikir, “Pakai baju apa ya hari ini?”

Related Articles

Card image
Self
Memaknai Perempuan Berdaya

Banyak pembahasan mengenai cara menyeimbangkan peran sebagai ibu yang juga pekerja, tapi kita terkadang lupa bahwa kita juga adalah individu yang punya identitas sendiri. Saya bukan hanya ibu dari si A, istri dari si B, atau karyawan kantor C. Saya juga adalah seorang individu yang memiliki minat dan keinginan tersendiri. Terkadang saya tetap butuh meluangkan waktu untuk diri sendiri, mungkin dengan olahraga, baking, menonton drama Korea, atau hobi-hobi lainnya.

By Ellyana Mayasari
27 November 2021
Card image
Self
Bahasa Cinta dari Ayah

Sosok bapak di mataku adalah pemegang hierarki tertinggi di keluarga. Bapak biasanya akan tetap hadir untuk keluarga di akhir pekan atau saat libur panjang. Setiap akhir pekan, ia sering mengajak kita sekeluarga untuk pergi bersama ke Six Flag atau pergi ke tempat rekreasi lainnya. Bapak punya caranya sendiri dalam menyampaikan rasa kasih sayang ke anak-anaknya.

By Adrian Khalif
27 November 2021
Card image
Self
Merancang Hari Baru

Pada titik tertentu dalam hidup mungkin kita merasa sering bingung akan pilihan kita sendiri. Berpikir kenapa, ya, kok kita bisa memiliki perspektif yang mungkin berbeda. Tidak bisa memahami diri sendiri. Sebenarnya ini bisa saja berarti kita belum benar-benar bangun dalam versi organik diri kita. Buatku penting untuk bisa mengenali diri sendiri. Kita orang yang seperti apa, butuhnya apa, inti utama dari diri kita itu apa, hal ini terasa natural tapi juga tidak senatural itu.

By Lala Bohang
20 November 2021