Self Lifehacks

Menyederhanakan Hidup Dari Lemari

Nike Prima

@nikeprima

Pendiri Platform Kreatif

Fotografi Oleh: Ayunda Kusuma

Bermula dari praktik KonMari, metode menyortir barang di rumah secara keseluruhan, aku mulai menjalani hidup yang minimalis. Setelah rumah mulai rapi, aku kemudian berpikir bagaimana cara agar ke depannya rumah tidak lagi kembali berantakan. Ternyata salah satu faktor utama yang membuat rumah berantakan adalah saat kita kembali menambah barang baru ke rumah lewat berbelanja. Pakaian kemudian menjadi salah satu barang yang paling mudah membuat rumah berantakan karena sifatnya yang mudah untuk ditumpuk-tumpuk dan sepertinya menjadi barang yang paling ‘menggoda’ kita untuk dibeli.

Dari pemikiran itu lah kemudian aku menemukan capsule wardrobe sebagai solusi untuk permasalahan pakaian yang menumpuk dan membuat rumah berantakan. Capsule wardrobe sejatinya adalah sebuah koleksi atau kumpulan beberapa jenis pakaian yang umumnya merupakan pakaian dasar (basic) agar mudah dipadupadankan. Dalam praktiknya, aku mengumpulkan sekitar 38 jenis pakaian dan sepatu yang akan digunakan selama tiga bulan – dan tidak boleh berbelanja pakaian baru selama periode waktu tersebut.

Setelah kurang lebih dua tahun menjalani praktik capsule wardrobe ini, selain rumah yang menjadi lebih rapi, aku pun merasa bisa menjadi lebih bijak dalam menjalani hidup dengan lebih paham mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang berupa keinginan. Selain itu, waktu dalam keseharian pun menjadi lebih efisien karena setiap harinya tidak perlu lagi pusing menghabiskan waktu untuk berpikir, “Pakai baju apa ya hari ini?”

Related Articles

Card image
Self
Untuk Apa Hidup: Satu Perjalanan

Sudahkah kita menggunakan sisa hari yang kita punya dengan baik dalam satu perjalanan ini? Seberapa pun sisa hari yang kita miliki, adalah kesempatan untuk menjelajahi kehidupan ini.

By Joshua Budiman
18 June 2022
Card image
Self
Menghadapi Takut

Selamat datang di dunia kesunyian. Ini adalah sebuah kalimat yang biasa aku sebut untuk menggambarkan pengalaman perjalananku ketika masuk ke alam bawah laut. Ketika kita diving atau free diving, memang nggak ada suara apa pun. Kita hanya bisa mendengarkan suara gelembung napas kita.

By Della Dartyan
18 June 2022
Card image
Self
Belajar Mengendalikan Ekspektasi

Kadang kala kita bisa punya ekspektasi melebihi kemampuan yang kita punya, tapi aku belajar untuk mengendalikan ekspektasi di dalam kepalaku. Aku selalu berusaha untuk tidak menaruh ekspektasi terlalu tinggi. Saat aku menginginkan sesuatu yang sebenarnya aku pun sadar bahwa hal itu sulit untuk dicapai, aku akan menurunkan ekspektasi.

By Sorenza Nuryanti
18 June 2022