Self Lifehacks

Mengurai dan Menghadapi Masalah

Setiap manusia tentu punya masalahnya masing-masing. Entah karena pertemanan, karir, keluarga, ataupun percintaan. Tak jarang masalah-masalah tersebut lantas muncul di waktu yang bersamaan. Saat hal ini terjadi, tidak mudah memang untuk bisa tetap tenang dan menyelesaikan kesulitan yang dihadapi. Aku juga pernah menghadapi momen yang serupa, kala itu aku sempat berselisih paham dengan teman-teman tedekat sekaligus juga menghadapi masalah dengan keluarga di waktu yang bersamaan.

Awalnya aku merasa aku harus menyelesaikan dan menyimpan semua masalah yang aku hadapi sendiri, tapi ternyata memendam masalah terlalu lama juga tidak baik. Bukan hanya untuk diriku sendiri tetapi juga kepada orang-orang lain yang ikut terlibat di dalamnya. Akhirnya aku memutuskan untuk berbagi cerita dengan teman, memang tujuan utamanya bukan untuk mendapatkan solusi dari masalah yang aku punya tetapi paling tidak mampu sedikit melegakan pikiran yang ternyata sudah terlalu runyam.

Awalnya aku merasa aku harus menyelesaikan dan menyimpan semua masalah yang aku hadapi sendiri, tapi ternyata memendam masalah terlalu lama juga tidak baik. Bukan hanya untuk diriku sendiri tetapi juga kepada orang-orang lain yang ikut terlibat di dalamnya.

Aku pun paham bahwa tidak semua orang bisa merasa nyaman untuk bercerita tentang masalah atau kekhawatiran yang sedang dirasakan. Meski begitu, aku yakin setiap orang perlu menemukan medium yang tepat untuk mengeluarkan kegelisahan yang ada di dalam kepala. Entah itu dengan cara menulis jurnal, puisi, menggambar, atau medium-medium lainnya.

Aku yakin setiap orang perlu menemukan medium yang tepat untuk mengeluarkan kegelisahan yang ada di dalam kepala. Entah itu dengan cara menulis jurnal, puisi, menggambar, atau medium-medium lainnya.

Salah satu caraku untuk mengeluarkan kegelisahan adalah melalui musik. Baru-baru ini aku juga merilis lagu berjudul “Somebody’s Pleasure”. Lagu ini sekaligus menjadi lagu pertama yang aku rilis bersama label tempat aku berkarya saat ini. Bercerita tentang seseorang yang sedang berhadapan dengan berbagai masalah di beberapa aspek dalam hidupnya. Saat menghadapi masalah yang datang bersamaan, aku rasa ada baiknya kita tidak merasa bersalah ataupun menyalahkan keadaan, karena ini hanya satu momen yang terjadi begitu saja dan memang harus kita hadapi.

Setelah mendengarkan lagu ini, aku berharap teman-teman bisa merasa lebih tenang dan tidak merasa sendirian saat harus menghadapi masalah dalam hidup. Setiap orang pasti punya masalah masing-masing dengan bobot yang juga berbeda-beda tapi semuanya bisa diselesaikan satu per satu. Jangan terlalu sibuk menyenangkan hati semua orang, karena tidak akan mungkin. Ke depannya aku berharap bisa tetap menghadirkan musik yang bisa diterima oleh teman-teman semua.

Setiap orang pasti punya masalah masing-masing dengan bobot yang juga berbeda-beda tapi semuanya bisa diselesaikan satu per satu. Jangan terlalu sibuk menyenangkan hati semua orang, karena tidak akan mungkin.

Related Articles

Card image
Self
Kesediaan Membuka Pintu Baru Melalui Musik

Bagiku, membahagiakan sekali melihat saat ini sudah banyak musisi yang bisa lebih bebas mengekspresikan dirinya melalui berbagai genre musik tanpa ketakutan tidak memiliki ruang dari pendengar Indonesia.

By Mea Shahira
23 March 2024
Card image
Self
Berproses Menjadi Dewasa

Ada yang mengatakan usia hanyalah angka. Sebagian memahami hal ini dengan semangat untuk tetap muda, menjaga api dalam diri untuk terus menjalani hari dengan penuh harapan.

By Greatmind
23 March 2024
Card image
Self
Kala Si Canggung Jatuh Hati

Bagiku, rasa canggung saat bertemu seseorang yang menarik perhatian kita adalah hal yang menjadikan kencan pertama istimewa. Menurut aku, saat baru pertama kali bertemu dan berkenalan kita memang masih harus malu-malu, momen canggung ini yang nantinya bisa menjadi berharga setelah beriringnya waktu.

By Dillan Zamaita
23 March 2024