Self Love & Relationship

Menghadapi Konflik dalam Hubungan

Banyak momen yang kita alami selama pandemi tiga tahun terakhir, salah satunya mungkin adalah momen patah hati. Di tengah masa pandemi kemarin, aku menghadapi momen putus cinta yang cukup sulit. Lantaran hal ini, musik menjadi salah satu caraku untuk bisa berdamai dengan perasaan dan keadaan yang dihadapi. Momen patah hati dan selesai dengan sebuah hubungan memang bukan waktu yang menyenangkan untuk dijalani.

Ketika berusaha pulih dari waktu yang terasa sulit untukku kala itu, aku menuangkan emosi yang aku miliki melalui musik, salah satunya adalah lagu “choose u everytime”. Sebenarnya mungkin lagu ini bukan berasal dari sebuah momen spesifik karena entah mengapa rasanya seluruh memori akan momen yang aku lalui selama pandemi sudah melebur menjadi satu dan sulit untuk dipisahkan satu sama lain. Meski begitu aku rasa lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling otentik dan personal yang pernah aku tulis selama beberapa waktu terakhir, mungkin hal ini yang juga bisa membuat para pendengar terkoneksi lebih dekat dengan musik yang aku hadirkan.

Lagu ini pada dasarnya bercerita tentang situasi ketika kita mencintai seseorang, terlepas dari kesulitan dan kegembiraan yang sudah dilalui. Saat kita bisa tulus mencintai seseorang terlepas dari segala memori baik dan buruk yang sudah terjadi, aku rasa ini hal yang sangat menakjubkan, salah satu hal terindah yang bisa kita lakukan.

Saat kita bisa tulus mencintai seseorang terlepas dari segala memori baik dan buruk yang sudah terjadi, aku rasa ini hal yang sangat menakjubkan, salah satu hal terindah yang bisa kita lakukan.

Memang pada akhirnya konflik memang terkadang tidak bisa kita hindari salam sebuah hubungan. Aku juga sebenarnya orang yang cenderung lebih suka menghindari konfrontasi. Aku lebih suka untuk mencoba mengambil waktu sejenak, aku rasa ini terkadang penting, sehingga kita bisa berdiskusi dengan lebih tenang dan kepala yang dingin. Aku yakin ketika kita emosi, kemungkinan untuk mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan orang lain akan menjadi lebih tinggi.

Kini, setelah aku sudah bisa berpikir lebih dewasa dari sebelumnya, aku mencoba untuk tidak membiarkan konflik dalam sebuah hubungan memengaruhiku dengan begitu besar. Ini sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan, karena ada banyak sekali emosi yang muncul bersamaan, saat kita menghadapi konflik dengan orang yang kita sayang. Walaupun begitu, aku tetap yakin bahwa keterbukaan dan berbicara jujur dengan pasangan kita serta berupaya mencari jalan keluar bersama masih menjadi solusi yang paling baik dalam menangani konflik.

Aku berusaha untuk tidak memendam segala ketidaknyamanan dan lantas menderita sendirian dalam diam karena sebuah konflik yang muncul dalam hubungan percintaan.

Pada akhirnya lagu “choose u everytime” bisa dimaknai berbeda-beda sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh para pendengar. Pesan utama yang ingin aku sampaikan sebenarnya adalah seberat apa pun momen yang sedang kamu lalui, semuanya akan baik-baik saja. Selalu ada harapan baru yang akan muncul, dan aku harap lagu ini bisa menyampaikan pesan tersebut kepada siapapun yang mendengarkan.

Seberat apa pun momen yang sedang kamu lalui, semuanya akan baik-baik saja. Selalu ada harapan baru yang akan muncul.

Related Articles

Card image
Self
Rayakan Keberagaman dalam Kecantikan

Keberagaman jadi satu kata kunci yang tidak akan pernah lepas saat membahas tentang Indonesia. Mulai dari keragaman budaya, bahasa, hingga kecantikan perempuan di negeri ini adalah salah satu kekayaan yang sudah sepatutnya kita rayakan.

By Greatmind x BeautyFest Asia 2024
27 April 2024
Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024