Self Love & Relationship

Menerima Perpisahan

Bagiku manusia pasti akan selalu berubah. Di usiaku sekarang, aku juga sedang merasakan proses pendewasaan dari masa remaja memasuki usia dewasa. Tentu banyak perubahan yang terjadi, termasuk caraku dalam mengambil keputusan. Dulu saat masih remaja, aku mungkin sering memaksakan segala sesuatu untuk berjalan sesuai dengan keinginan. Seiring bertambahnya usia aku belajar bahwa ada banyak hal di dunia ini yang memang tidak bisa aku kendalikan. Sekarang aku mencoba untuk membiasakan diri melakukan yang terbaik dan sisanya nanti aku yakin apapun yang terjadi pasti ada alasan dibaliknya.

Saat masih duduk di bangku SMA aku pernah merasa bahwa kita sama sekali tidak bisa hidup tanpa orang lain, hingga sangat bergantung pada orang-orang disekeliling. Dulu aku berusaha sedemikian rupa agar aku selalu dikelilingi oleh banyak orang tanpa bisa memilih mana yang sebenarnya cocok denganku. Kalau sekarang, baik di lingkup pertemanan atau percintaan sepertinya sudah mulai lebih dewasa. Aku sudah lebih paham bahwa aku bisa memilih mana yang baik dan cocok dan merelakan orang-orang yang mungkin memang tidak memberi dampak baik dalam hidupku.

Meski begitu, aku juga sadar bahwa orang bisa berubah. Aku pun pernah berada dalam situasi dimana orang terdekatku berubah. Kalau memang berubah menjadi pribadi yang lebih baik tentu aku akan ikut bahagia dan tidak ada masalah aku hal itu. Tapi terkadang kita juga melihat perubahan yang menurut kita terasa seperti kemunduran karakter pada orang-orang terdekat. Sebisa mungkin aku berusaha untuk mengembalikan mereka ke hal yang lebih baik. Jika memang ternyata terlalu sulit dan sudah diluar kendaliku, maka aku belajar untuk merelakan hal tersebut dan mencoba untuk bisa lebih fokus pada diriku sendiri.

Di umurku yang baru menginjak 21 tahun ini saja sudah banyak hal-hal yang perlu perhatianku. Jadi, untuk menjaga kesehatan pikiran terkadang kita tidak perlu memusingkan hal-hal yang memang tidak bisa kita kendalikan.

Perpisahan memang sulit tapi bukan berarti tidak bisa dilalui. Cara terbaik bagiku untuk bisa mengurangi beban pikiran saat menghadapi perpisahan, juga untuk meyakinkan diri bahwa perpisahan ini dilakukan untuk hal yang lebih baik adalah dengan sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan sebelum berpisah. Sekarang kalau aku berhubungan dengan orang lain, baik teman atau sahabat, aku akan melakukan segala sesuatu yang bisa aku usahakan sehingga saat memang harus berpisah aku tidak terbebani karena aku percaya aku sudah mengupayakan yang terbaik. Kalau memang perpisahan adalah pilihan terbaik, maka aku ikhlas.

Lagu terbaruku “Berpisah Lebih Indah” juga sebenarnya menceritakan hal yang relevan dengan isu sosial yang sering terjadi yaitu mengikhlaskan sebuah perpisahan. Pesan lagu ini menurutku sangat jujur karena alih-alih meminta kita untuk bersikap acuh atau menghindar dari rasa sakit saat harus berpisah dengan orang-orang yang pernah penting dalam hidup kita, melalui lagu ini aku ingin menyampaikan bahwa saat berpisah kitapasti sedih dan itu normal. Kamu harus tau kadang saat kita berasa di titik yang hanya bisa pasrah pada keadaan, percayalah bahwa ada jalan cerita yang lebih indah di masa mendatang. Jadi perpisahan juga bisa melahirkan sesuatu yang lebih indah.

Saat banyak hal-hal terjadi di luar kendalimu percayalah bahwa semua ini terjadi untuk sesuatu yang lebih indah dan lebih baik untuk dirimu.

Untuk teman-teman yang sedang mengalami proses perpisahan untuk pertama kalinya, aku paham bahwa momen ini tidak mudah untuk dilewati. Mungkin apapun yang aku atau orang-orang disekelilingmu katakan sekarang tidak bisa kamu dengar karena masih terlalu menyakitkan, tapi kamu harus ingat bahwa kamu tidak sendirian. Aku pun pernah mengalami perlisahan yang berat tapi seiring waktu aku sudah bisa kembali tersenyum.

Salah satu hal terbaik yang terjadi dalam hidupku saat ini adalah perpisahan. Kalau ditanya bagaimana rasanya mengalami perpisahan yang sangat berat kalau itu, sekarang aku mungkin bisa menjawab bahwa kalau bukan karena perpisahan itu hidupku sekarang tidak akan seindah ini.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024