Self Lifehacks

Menemukan Tujuan

Saat kita berusaha memiliki tujuan pada setiap hal yang kita lakukan, saya pikir itu artinya kita berbicara tentang sesuatu yang mampu mengingatkan kita kenapa kita mulai. Punya tujuan membuat kita bisa menentukan bagaimana cara yang tepat untuk mencapai hasil sesuai keinginan yang kita tentukan, sekaligus juga menjadi pengingat saat kita mungkin bingung di tengah perjalanan. Saya tidak akan membicarakan tentang satu tujuan saja, karena tujuan kita selalu bisa berubah. 

Ketika kita menentukan tujuan kita bisa mulai dengan menentukan prioritas kita yang tentu juga bisa berubah dalam sekejap. Saat sebelum pandemi mungkin prioritas sebagian dari kita adalah membeli gadget atau bahkan rumah baru tapi kemudian dalam keadaan sekarang mungkin prioritas kita berubah menjadi kesehatan. Prioritas sebagian orang sekarang mungkin sudah bergeser menjadi keluarga ataupun kebutuhan-kebutuhan dasar yang tentunya bervariasi tapi itulah yang membuat hidup ini indah. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di depan

Ketika kita sudah punya tujuan dalam hidup, lantas kita juga harus menemukan apa yang penting bagi kita untuk bisa terus berjalan menuju tujuan tersebut. Bagi saya pribadi, hal yang paling penting di hidup saya saat ini adalah keluarga. Prioritas utama saya adalah kebutuhan keluarga saya, ini juga yang mengarahkan saya pada tujuan-tujuan selanjutnya yang saya pilih. Tentu saja mungkin prioritas dan kebahagiaan setiap orang berbeda, maka itu kita perlu menemukan tujuan dan kebahagiaan kita masing-masing.

Ketika kita sudah punya tujuan dalam hidup, lantas kita juga harus menemukan apa yang penting bagi kita untuk bisa terus berjalan menuju tujuan tersebut. 

Terkadang saat kita menjalani proses mencapai tujuan bisa jadi kita menyadari ternyata apa yang selama ini kita lakukan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, ini menjadi menarik. Sering kali kita merasa ada momen untuk kita putar balik dan ingatlah bahwa winners never quit and quitters never win. Jadi, kamu tidak akan pernah tahu apakah apa yang sekarang tengah kamu usahakan sudah tepat atau tidak sebelum kamu menyelesaikannya. Bila memang ternyata apa yang kita kerjakan sekarang tidak sesuai dengan tujuan, mungkin juga ternyata prioritas kita sekarang telah berubah.

Sering kali kita merasa ada momen untuk kita putar balik dan ingatlah bahwa winners never quit and quitters never win. Jadi, kamu tidak akan pernah tahu apakah apa yang sekarang tengah kamu usahakan sudah tepat atau tidak sebelum kamu menyelesaikannya.

Dalam beberapa kesempatan mungkin kita akan merasa lebih mudah menemukan semangat dan tujuan saat berada dalam masa sulit daripada saat berada dalam zona nyaman. Lantas bagaimaa cara kita menemukan tujuan saat merasa aman? Saya rasa pada dasarnya penting untuk mengingat kembali momen dimana kita merasa sangat bersenang-senang atau berada di posisi yang sangat nyaman lalu ingat juga bagaimana kita bisa mencapainya.

Selalu ingat bahwa posisi nyaman yang sedang atau pernah kita rasakan itu sangat menyenangkan sehingga cukup menjadi motivasi agar kita bisa selalu ada di momen itu.  Maka, kita pasti akan berusaha menemukan cara untuk mempertahankan zona nyaman yang kita miliki. Ketika berada dalam masa-masa sulit, ingat dan rencanakan kembali bagaimana cara kita untuk kembali merasa nyaman dan bahagia.

Related Articles

Card image
Self
Peran Mentorship Untuk Pendidikan Yang Lebih Baik

Jika melihat kembali pengalaman pembelajaran yang sudah aku lalui, perbedaan yang aku rasakan saat menempuh pendidikan di luar negeri adalah sistem pembelajaran yang lebih dua arah saat di dalam kelas. Ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan membahas tentang contoh kasus mengenai topik yang sedang dipelajari.

By Fathia Fairuza
20 April 2024
Card image
Self
Alam, Seni, dan Kejernihan Pikiran

Menghabiskan waktu di ruang terbuka bisa menjadi salah satu cara yang bisa dipilih. Beberapa studi menemukan bahwa menghabiskan waktu di alam dan ruang terbuka hijau ternyata dapat membantu memelihara kesehatan mental kita. Termasuk membuat kita lebih tenang dan bahagia, dua hal ini tentu menjadi aspek penting saat ingin mencoba berpikir dengan lebih jernih.

By Greatmind x Art Jakarta Gardens
13 April 2024
Card image
Self
Belajar Menanti Cinta dan Keberkahan Hidup

Aku adalah salah satu orang yang dulu memiliki impian untuk menikah muda, tanpa alasan jelas sebetulnya. Pokoknya tujuannya menikah, namun ternyata aku perlu melalui momen penantian terlebih dahulu. Cinta biasanya dikaitkan dengan hal-hal indah, sedangkan momen menanti identik dengan hal-hal yang membosankan, bahkan menguji kesabaran.

By Siti Makkiah
06 April 2024