Self Lifehacks

Menemukan Kabar Baik dalam Hidup

Definisi momen bahagia menurutku adalah saat kita bisa berperilaku dengan tepat dan secukupnya. Artinya saat dimana kita mengerjakan sesuatu yang kita inginkan dan tidak memaksakan sesuatu hal harus selallu terjadi sesuai keinginan kita. Beberapa diantara kita mungkin pernah merasa sudah melakukan segalanya untuk pasangan atau orang-orang disekitar kita lalu kemudian ternyata kita tidak mendapat respon atau balasan yang sesuai dengan ekspektasi kita. Padahal mungkin saja orang lain merasa mereka tidak pernah meminta kita melakukan lebih. 

Definisi momen bahagia menurutku adalah saat kita bisa berperilaku dengan tepat dan secukupnya. Artinya saat dimana kita mengerjakan sesuatu yang kita inginkan dan tidak memaksakan sesuatu hal harus selallu terjadi sesuai keinginan kita.

Kalau dalam percintaan mungkin kita paham dengan istilah bucin. Saat dimana kita sudah melakukan segalanya tapi bisa saja kita tidak mendapat repon yang sesuai. Keseimbangan respon dan kasih sayang adalah kunci untuk bisa menjadi bahagia menurut saya. Kadang kita terlalu menginvestasikan hidup kita pada orang yang tidak berpikir demikan pada kita. Maka aku belajar bahwa interaksi yang seimbang adalah kunci untuk bisa merasa bahagia.

Dalam proses memahami hal ini dulu aku juga terbilang naif, maksudnya dulu aku belum sadar ternyata aku terlalu banyak mendahulukan orang lain. Sebenarnya kita memang wajib berbuat baik kepada semua orang tapi dengan parameter yang baik pula. Kita juga harus menghargai dan membahagiakan diri kita sendiri. Perasaan kita juga perlu dirawat, karena hati kita juga bukan terbuat dari baja. Secara manusiawi pasti kita pernah merasa kecewa. 

Kita juga harus menghargai dan membahagiakan diri kita sendiri. Perasaan kita juga perlu dirawat, karena hati kita juga bukan terbuat dari baja. Secara manusiawi pasti kita pernah merasa kecewa. 

Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita pada akhirnya akan kembali berada di tangan kita sendiri. Dalam setiap peristiwa yang terjadi baik itu menyenangkan atau kurang membahagiakan sekalipun, kita punya porsi akan kejadian tersebut. Untuk itu kita perlu lebih bijak dalam merespon sebuah momen atau peristiwa. Ada saat dimana kita hanya diperlukan sebagai seorang pendengan, ada kalanya kita memang harus berkomentar. Semuanya kembali kepada penguasaan diri kita sendiri.

Aku menceritakan pengalamanku untuk bisa menjadi lebih bahagia dan melewati fase patah hati dalam trilogi lagu “Semoga”, “Kabar Baik”, “Untukku.” Sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa aku mengangkat topik ini. Selama berkarya di dunia musik memang laguku dekat dengan patah hati, tapi aku ingin meyampaikannya dari sudut pandang yang berbeda. Bahwa ada hal manis yang juga bisa kita rasakan saat menjalani fase move on. Aku berharap dengan lirik yang sederhana dan alunan musik yang tenang pesan tersebut bisa tersampaikan.  

Aku berharap teman-teman yang membaca tulisan ini dan mendengarkan laguku nantinya bisa berdamai dengan situasi sulit yang tengah dirasakan. Banyak hal pahit yang memang harus kita rasakan dalam hidup, saat kita sudah bisa menikmatinya, kita bisa memahami bahwa selalu ada hal-hal manis yang bisa kita ambil dalam setiap pengalaman hidup kita, meski pahit sekalipun. 

Banyak hal pahit yang memang harus kita rasakan dalam hidup, saat kita sudah bisa menikmatinya, kita bisa memahami bahwa selalu ada hal-hal manis yang bisa kita ambil dalam setiap pengalaman hidup kita, meski pahit sekalipun. 

Saat kita sudah bisa berdamai dengan keadaan, apa pun momen yang sedang terjadi akan menjadi kabar baik dalam perjalanan hidup kita. Akan ada fase dimana kita memang benar-benar merasa sakit, mungkin saat ditinggal dalam sebuah hubungan misalnya, kadang kita harus merasakan luka dulu baru kita bisa dengan ringan mengatakan bahwa bisa jadi orang tersebut yang yang terbaik untukku.

Related Articles

Card image
Self
Bertahan dengan Rutinitas dan Pilihan

Meski mungkin pada dasarnya kalau kita berbicara rutinitas dalam konteks pekerjaan mungkin jarang sekali ada orang yang begitu gemar bekerja setiap hari. Kembali lagi, mungkin memang kita tidak punya banyak pilihan, hingga mau tidak mau kita tetap harus menjalani rutinitas dan kesempatan yang ada.

By Rayhan Noor
26 November 2022
Card image
Self
Kebahagiaan Sederhana

Kalau aku hanya memiliki sedikit waktu bersama orang-orang yang aku sayang, mungkin aku akan berusaha menghabiskan waktu sebanyak yang aku bisa bersama mereka. Sejujurnya aku memang bukan orang yang bisa mengungkapkan rasa rindu atau sayang dengan kata-kata, tapi aku selalu merasa aku mendapat energi baru saat dikelilingi oleh orang-orang yang aku sayang.

By Nadine Fatiana
26 November 2022
Card image
Self
Pesona Awal Jumpa

Perkenalan kita satu sama lain sebenarnya punya pesonanya masing-masing. Kita sebenarnya sudah saling kenal satu sama lain sejak lama tapi belum punya banyak kesempatan untuk saling tegur sapa.

By Lomba Sihir
26 November 2022