Self Lifehacks

Memulai Kembali

Semoga kalian akan mengingat perasaan saat berpikir tidak ada cahaya yang menyambut di ujung terowongan yang kalian lalui. Semoga kalian akan mengingat masa-masa di mana kalian pikir tidak akan dapat melaluinya. Semoga kalian mengingat masa-masa itu hanya sebagai pengingat bahwa segala sesuatunya ternyata bisa menjadi lebih baik.

Saya tidak tahu bagaimana mendeskripsikan awan gelap yang pernah menyelimuti saya. Saat itu rasanya semua terlihat begitu pekat dan langit tidak menunjukkan sinarnya. Tidak ada silver linings, tidak ada sinar mentari setelah hujan. Saya begitu berusaha memahami semuanya namun saat saya sendiri tidak bisa mengerti bagaimana saya bisa menjelaskan situasinya ke orang-orang sekitar?

Saya begitu berusaha memahami semuanya namun saat saya sendiri tidak bisa mengerti bagaimana saya bisa menjelaskan situasinya ke orang-orang sekitar?

Kenapa kamu begitu sedih? Saya tidak tahu. Apa yang kamu tidak miliki sehingga kamu menjadi seperti ini? Saya tidak yakin jawabnya. Kenapa kamu tidak belajar untuk lebih menghargai? Saya tidak bisa. Kenapa kamu tidak tahu berterimakasih? Saya tidak tahu. Kenapa menurutmu hidupmu tidak berarti?

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mendera saya berkali-kali. Saya tidak butuh ditiup oleh angin topan bernama kritik. Awan gelap sudah cukup menyebalkan.

Untuk waktu yang cukup lama, saya merasa tidak mati namun juga tidak hidup. Butuh puluhan sesi terapi, penyembuhan, dan pelajaran-pelajaran menyakitkan untuk bisa melihat awan gelap itu dari sisi yang berbeda. Bahkan setelah bertahun-tahun, awan itu masih sering datang dan pergi. Ada hari-hari di mana kegelapan bisa bertahan untuk waktu yang lama, namun ada saat di mana ia hanya singgah beberapa jam. Tidak ada yang memberitahu saya bahwa pemulihan tidak benar-benar terjadi – kita hanya belajar untuk bisa melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda.

Tidak ada yang memberitahu saya bahwa pemulihan tidak benar-benar terjadi – kita hanya belajar untuk bisa melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda.

Saya harap kalian bisa mengingat bahwa meski ada banyak kegagalan, hari esok adalah kesempatan untuk bangkit dan berdiri lagi. Selalu ingat sejauh apa kalian berada dari hari-hari yang lalu. Jangan terlalu cepat menyerah. Setiap hari adalah permulaan dari segala sesuatu yang baru dan saya harap kalian bisa menemukan kekuatan dalam setiap permulaan.

Setiap hari adalah permulaan dari segala sesuatu yang baru

Related Articles

Card image
Self
Mimpi Nan Mulia

Sejalan dengan waktu, mimpi yang kita punya akan berubah mengikuti perkembangan hidup dan prioritasnya. Kita kerap memimpikan sesuatu yang besar tanpa memahami apakah mimpi itu benar penting untuk hidup kita atau tidak. Sampai-sampai melupakan bahwa memimpikan sesuatu yang sederhana bisa membawa dampak yang lebih.

By Mikha Angelo
05 December 2020
Card image
Self
Kekayaan Sejati

Menjadi kaya adalah sebuah ujian untuk hidup kita. Terdengar klise kalau saya bilang kita harus bisa menggunakan kekayaan secara benar. Tapi begitulah adanya. Kita harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan uang yang dimiliki.

By Baim Wong
05 December 2020
Card image
Self
Terus Berkembang di Masa Menantang

Secara kasat mata, tahun 2020 rasanya seperti “rumah hantu” versi nyata. Hanya saja rumah hantu ini tidak ada jalan keluarnya. Segala hal-hal menakutkan yang tidak pernah kita pikirkan, atau kita hindari untuk pikirkan terjadi di tahun ini.  Tahun 2020 bagi saya seperti terjebak di situasi yang stagnan tanpa tahu kapan akan selesai tapi di satu sisi lain saya merasa inner self saya “bergerak” maju.

By Stephany Josephine
28 November 2020